Cara ternak gurame dengan media kolam terpal

- Juli 28, 2017

Cara ternak gurame dengan media kolam terpal

 
Gurame adalah salah ikan yng Amat digemari oleh warga atau juga bisa dikatakan masyarakat Indonesia lantaran daging gurame memiliki rasa yng lebih gurih dan tekstur yng lembut dibandingkan dengan ikan lain-lainnya. Selain itu harga ikan gurame mentah pula lebih unggul dibandingkan lain-lainnya. Ini yng bisa dijadikan kesempatan bagi atau bisa juga dikatakan untuk kamu yng akan mengawali berbisnis. Budidaya ikan gurame tak susah, mampu di lakukan di kolam terpal ataupun beton.
Cara ternak gurame dengan media kolam terpal
Dalam bisnis budidaya ikan gurame, pemilihan benih adalah penentu bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperoleh hasil panen yng diharapkan. Benih gurame yng baik, baik secara fisik ataupun fisiologi akan tumbuh dengan baik serta cepat. Budidaya ikan gurame memanglah dibutuhkan keuletan dan ketekunan dalam pemeliharaannya.
Persiapan Kolam Ikan Gurame
Bisnis pembesaran ikan gurame bisa di lakukan pada kolam terpal ataupun kolam beton. Persiapan ini di lakukan dengan tujuan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menumbuhkan plankton ataupun makanan alami bagi benih ikan gurami. Ini di lakukan dengan mendiamkan air dalam kolam dalam beberapa hari ataupun mampu pula dengan menambahkan pupuk kompos supaya makanan alami bisa tumbuh.
Kolam dibuat dengan menggali tanah dengan kedalaman 90cm selanjutnya pasang terpal yng dirangkai menyerupai bak. Beban terpal jangan terlalu berat sewaktu diberi air. Budidaya dalam kolam terpal pula membuat mudah kita melakukan pembersihan serta penggantian air kolam. Selain itu kita pula gampang dalam menyedot kotoran-kotoran dalam kolam. Pembersihan kotoran ditujukan bagi atau bisa juga dikatakan untuk melindungi kolam supaya tetap sehat serta bersih.
Penebaran benih
Dipastikan benih gurame yng akan ditebar adalah benih yng unggul. Selum ditebar, benih gurame diadaptasikan berlebi dahulu. Cara bagi atau bisa juga dikatakan untuk negadaptasikan benih gurame merupakan dengan tips benih gurame yng masih terbungkus dalam plastik dan tertutup rapat dimasukan kedalam kolam serta diamkan hingga mengembun (menandakan suhu air kolam dengan plastik percis). Lantas tebar secara perlahan.
Ikan gurami adalah jenis ikan pemakan tumbuhan (herbivore) namun pada tatkala benih ikan gurame adalah karnivora. Jadi pada tatkala benih diberikan pakan kutu air (Daphnia) ataupun cacing sutra. Dalam budidaya makanan pokok ikan gurami merupakan pellet. Menjadi pakan alternative bisa diberikan daun-daunan. Ikan gurame diberi pakan 2 kali sehari dengan kandungan protein 25-30%. Yang akan di sajikan kali ini adalah pakan bagi atau bisa juga dikatakan untuk ikan gurame yakni daun talas ataupun daun keladi, daun sente, daun singkong, daun kangkung , daun ubi jalar, aun papaya, labu, pakan buatan (pellet), jagung rebus, dedak, ampas tahu dan bungkil.
Dalam budidaya ikan gurame dalam terpal hal yng Perlu dihindari merupakan pemberian makanan yng berlebihan serta andaikan ada makanan yng tersisa Perlu segera dibuang. Makanan dan kotoran ikan memiliki kandungan amoniak menjadikan andaikan terlebih akan menjadi racun bagi ikan gurame. Selain pakan yng diberikan secara frekuentif, kualitas air pula Perlu diperhatikan. Meskipun ikan gurameh bisa bertahan pada air yng tidak lebih baik akan tetapi butuh dibersihkan serta diganti (30% dari volume air) secara periodik. Penggantian di lakukan di lakukan satu minggu sekali dengan melakukan shift pond lantas air dialirkan mempergunakan selang ataupun pompa menjadikan kotoran keluar melalui selang yang telah di sebutkan. Kolam diisi kembali dengan air baru. Akan lebih baik lagi andai kolam dilengkapi dengan aerator ataupun filter menjadikan kadar oksigen akan selalu bertambah serta kotoran akan bersih secara otomatis.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk budidaya selanjutnya kolam dibersihkan berlebi dahulu, lantas ditambahkan kapur. Andaikan kolam sudah bersih, isi kolam yang telah di sebutkan dengan air dengan kedalaman 30-40 cm serta ditambahkan prebiotik. Tunggu beberapa hari hingga makanan alami tumbuh. Benih siap ditebar.


Sumber rujukan dan gambar : http://duniacaraternak.blogspot.com/2016/11/cara-ternak-gurame-dengan-media-kolam-terpal.html.

Seputar Cara ternak gurame dengan media kolam terpal

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Cara ternak gurame dengan media kolam terpal