Buah Pepaya/ Carica papaya (Buah Unggul Indonesia)

- Juli 29, 2017

Buah Pepaya/ Carica papaya (Buah Unggul Indonesia)

 

Pepaya (Carica papaya) adalah tanaman yng berasal dari Amerika Sedang. Tanaman ini bisa tumbuh di dataran rendah serta tinggi (hingga 1000 m di atas permukaan laut). Pepaya baik ditanam di tanah lembap serta gampang merembeskan air ke bawah.
Di Indonesia biasanya konsumen lebih menyukai buah pepaya yng besar, bulat panjang ataupun panjang, dagingnya merah dan rasanya yng manis.
Varietas unggul diarahkan pada sifat menjadi berikut : produktivitas tinggi, produksinya tak dipengaruhi oleh perubahan iklim; buah bulat panjang ataupun panjang; rongga buah kecil agar bisa daging tebal; daging merah serta rasa manis; kulit buah kuat, tak terlalu lembek agar bisa tahan pada pengangkutan, dan resisten terhadap penyakit akar yng rawan.
Pepaya yng dipelihara baik bisa menghasilkan lebih dari 50 buah/pohon/tahun serta ini berlangsung hingga yang dengannya lebih dari 3 tahun. Varietas yng tidak sedikit ditanam di Indonesia di antaranya salah satunya kultivar yng dianjurkan merupakan pepaya semangka, pepaya jinggo, pepaya cibinong, serta pepaya bangkok.
Pepaya semangka memiliki bentuk lonjong berputing, daging buahnya berwarna merah semangka, rasanya manis serta berair tidak sedikit, rata-rata bobotnya 1 kg, kulit buah akan berwarna kuning menarik bila sudah matang. Varietas ini agak tahan terhadap angkutan.
Pepaya jinggo mirip yang dengannya pepaya semangka, daging buahnya merah serta berair tidak sedikit, sedangkan kulit buah berwarna jingga. Berat pepaya ini sekitar 1,5 kg. Bila dibandingkan yang dengannya pepaya semangka, rasanya tidak lebih manis, akan tetapi lebih tahan selama dalam pengangkutan.
Pepaya cibinong bentuknya panjang besar serta lancip pada bagian ujung, mem besar dari pangkal ke bagian sedang buah lantas melancip di bagian ujung buah. Kulit buah tebal serta tak rata, bila sudah matang kulitnya tetap hijau, kecuali bagian ujung buah (berwarna kuning). Tangkai buah panjang, berat pepaya cibinong sekitar 2,5 kg. Rasa pepaya ini tidak lebih manis, akan tetapi daging buahnya lebih keras, menjadikan lebih tahan selama dalam pengangkutan.
Pepaya bangkok adalah hasil pemuliaan di Muang- thai serta sekitar tahun 70-an mulai dikembangkan di Indonesia. Pepaya bangkok mirip yang dengannya pepaya cibinong, akan tetapi bentuknya lebih bulat serta lebih besar. Berat buah ini sekitar 3,5 kg, warna daging buah jingga bersemu merah serta keras, sedangkan kulit buah kasar serta tak rata. Varietas ini tahan selama dalam pengangkutan.
Di samping jenis pepaya yang telah di sebutkan di atas, di Indonesia dikenal pula jenis pepaya burung, semisal pepaya ijo, pepaya mas, pepaya solo, pepaya item panjang. Meskipun rasa buah manis, daging buah kuning serta aromanya enak, diluar dugaan konsumen tidak lebih menyukai, menjadikan jenis pepaya ini Suka diberikan bagi atau bisa juga dikatakan untuk makanan burung. (http://www.agrosukses.com).

Sumber rujukan dan gambar : http://www.agropustaka.com/2014/08/buah-pepaya-carica-papaya-buah-unggul.html.

Seputar Buah Pepaya/ Carica papaya (Buah Unggul Indonesia)

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Buah Pepaya/ Carica papaya (Buah Unggul Indonesia)