KANDUNGAN NUTRISI DAN MANFAAT KOMBUCHA

- Januari 28, 2018

KANDUNGAN NUTRISI DAN MANFAAT KOMBUCHA

 
Kandungan nutrisi serta manfaat kombucha - Kombucha tea (teh kombucha) adalah produk minuman tradisional hasil fermentasi larutan teh serta gula yang dengannya mempergunakan starter mikroba kombucha (Acetobacter xylinum serta beberapa jenis khamir) serta di fermentasi selama 8-12 hari. kombucha merupakan suatu ramuan minuman kuno, yng adalah hasil dari simbiosis murni dari bakteri serta ragi kombucha yng berasal dari Asia Timur, serta hingga di Jerman melalui Russia sekitar akhir abad lantas. Kombucha berfungsi menjadi penyembuh terhadap macam-macam penyakit ini sudah dipakai berulang kali dirumah tangga diberbagai negara Asia.Jamur kombucha adalah membran jaringan-jamur yng bersifat gelatinoid serta liat, dan berbentuk piringan datar. Kombucha hidup dalam larutan nustrisi teh-gula yng tumbuh yang dengannya tatacara germinasi. Pada mulanya, piringan jamur tumbuh meluas pada permukaan teh lantas menebal. Bila dirawat secara benar, jamur ini akan tumbuh pesat serta sehat, menjadikan akan hidup sepanjang umur pemilik dan keturunannya.Jamur yang telah di sebutkan terdiri dari gelatinoid dan membrane jamur yng liat serta berbentuk piringan bulat dan hidup dalam lingkungan nustrisi teh-manis yng akan tumbuh secara berulang menjadikan membentuk susunan piringan berlapis. Piringan pertama akan tumbuh pada lapisan paling atas yng akan memenuhi lapisan, lantas disusul oleh pertumbuhan piringan berlapis-lapis dibawahnya yng akan menebal. Bila dirawat secara benar, jamur ini akan tumbuh pesat serta sehat.

Kandungan Nutrisi Kombucha


VITAMIN B KOMPLEKS
  1. Vitamin B1 (Tiamin)
    Tiamin memiliki peranan yng penting dalam tubuh kita-kita. Lebih-lebih dalam metabolisme karbohidrat bagi atau bisa juga dikatakan untuk pembentukan energi, memelihara fungsi jaringan saraf, serta fungsi hati. Kecukupan vitamin B1 yng dianjurkan dikaitkan yang dengannya kecukupan energi, yaitu sekitar 0,4 mg bagi atau bisa juga dikatakan untuk setiap 1.000 kalori. Prinsipnya, tiamin berperan menjadi enzim dalam reaksi-reaksi yng menghasilkan energi dari karbohidrat serta mengalihkan energi bagi atau bisa juga dikatakan untuk membentuk senyawa kaya energi yng disebut adenosine trifosfat (ATP). Tiamin tak mampu disimpan tidak sedikit oleh tubuh, akan tetapi dalam jumlah dibatasi bisa disimpan di dalam hati, ginjal, jantung, otak, serta otot. Andai tiamin terlalu tidak sedikit dikonsumsi, kelebihannya akan dibuang melalui air kemih.
    Orang yng kekurangan vitamin B1 beresiko menderita penyakit beri-beri, oedema, serta degenerasi jaringan otot. Pengidap penyakit beri-beri beresiko besar terserang gangguan saraf. Andai kekurangan vitamin ini berlangsung pada orang dewasa, penderita akan gampang di kenai gangguan jantung, menjadikan memicu adanya penumpukan cairan di jaringan kaki bagian bawah ataupun di persendian.
  2. Vitamin B2 (Riboflavin)Vitamin B2 diharapkan tubuh bagi atau bisa juga dikatakan untuk memproses asam amino, lemak serta karbohidrat sampai-sampai menghasilkan energi ATP. Vitamin ini pula berperan dalam membantu degenerasi sel kulit. Selain menjadi senyawa yng kaya energi, ATP pula berperan menjadi antioksidan di dalam tubuh.
  3. Vitamin B3 (Niasin Nicotinic Acid)Kadar kolesterol yng jahat dalam tubuh mampu diturunkan atas peranan vitamin B3. Kehadiran LDL (low density lipoprotein) serta triglyserida menjadi kolesterol yng merugikan akan digantikan yang dengannya HDL (high density lipoprotein) sampai-sampai mampu mengurangi risiko di kenai penyakit pembuluh darah serta jantung koroner. Fungsi lainya merupakan membantu metabolisme bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghasilkan energi. Gejala kekurangan gangguan mental, serta lain-lain. Sumber vitamin B3 diantaranya merupakan hati, daging, biji-bijian, polong-polongan.
  4. Vitamin B6 (Piridoksin)Kekurangan vitamin B6 memicu kelainan kulit berupa dermatitis seboroik (peradangan kulit lantaran aktivitas berlebihan dari kelenjar lemak kulit), peradangan selaput lendir mulut serta lidah, kelainan susunan saraf pusat, dan gangguan system eritropoetik berupa enemia hipokrom mikrositer. Kekurangan vitamin B6 pula menurunkan system kekebalan tubuh menjadikan gampang di kenai infeksi serta menurunnya kebugaran atau kesehatan jantung, gampang terbentuknya batu ginjal, dan menurunnya fungsi kontrol otot serta panca indera. Vitamin ini mampu didapatkan dari ragi, padi-padian utuh, pisang, ubi jalar, gandum, jagung, sayuran, daging, kacang-kacangan semisal kedelai, makanan yng berasal dari laut, serta hati.
  5. Vitamin B12 (Sianokobalamin)Vitamin B12 bersama-sama yang dengannya asam folat berperan penting dalam metabolisme antar sel di dalam tubuh. Kekurangan vitamin B12 membuat perkembangan tubuh menjadi lambat dalam waktu yng cukup lama. Keadaan ini ditandai yang dengannya gangguan pembentukan serta perkembangan sel darah (hematopoiesis) yan memicu enemia megaloblastik (suatu jenis anemia yang dengannya sel-sel darah merah yng besar-besar), gangguan neurology semisal berkurangnya daya ingat serta gangguan keseimbangan, kerusakan sel epitel lebih-lebih epitel saluran cerna, dan debilitas umum ataupun kelemahan secara umum.
  6. Vitamin B15Vitamin B15 berperan menjadi penangkap radikal bebas serta oksigenator jaringan tubuh. Vitamin ini disebut pula asam pangamik. Vitamin B15 berasal dari asam amino glycine. Asam pangamik merupakan ester yaitu senyawa yng diperoleh dari asam glukonik yng bersenyawa dean dimethylglycine. Asam glukonik ini tidak sedikit terdapat pada gula bit. Makanan yng memiliki kandungan vitamin B15 merupakan kacang-kacangan serta biji-bijian.

VITAMIN C
Vitamin C berperan dalam pembentukan substansi antar sel serta aneka macam jaringan, dan menaikan daya tahan tubuh. Misalnya, aktivitas fagositosis sel darah putih serta transportasi zat besi dari transfering di dalam darah de ferritin di dalam sumsum tulang, hati, serta limpa. Fagositosis merupakan kegiatan sel darah putih (lekosit) bagi atau bisa juga dikatakan untuk mematikan kuman yang dengannya tatacara menelan. Pembentukan tulang serta gigi pula melibatkan peran vitamin C. Selain Kandungan vitamin B serta C, Teh Kombucha pula kaya akan 9 jenis Asam, Enzym serta pula Bakteri yng menguntungkan bagi tubuh kita.
  1. Asam Laktat
    Asam laktat yng ada di dalam kombucha sebagian besar terdapat dalam bentuk L(+)-laktat. Asam laktat penting bagi system pencernaan kita-kita. Asam laktat pula dipakai menjadi indikator penyakit kanker.
  2. Asam Asetat
    Asam asetat bisa menghambat bakteri rawan menjadikan Suka dipakai menjadi pengawet. Asam asetat adalah komponen yng memberikan aroma serta rasa khas pada kombucha.
  3. Asam Malat
  4. Asam Oksalat
    Asam oksalat bisa berfungsi menjadi pengawet alami serta pula mendukung sel dalam memproduksi energi bagi tubuh.
  5. Asam Glukonat
    Asam glukonat efektif dalam infeksi yeast semisal Candida.
  6. Asam Butirat
    Asam butirat diproduksi oleh khamir serta bekerja percis melawan infeksi khamir yang dengannya asam glukonat.
  7. Asam Nukleat
    Asam Nukleat berfungsi menaikan regenerasi sel yng baik serta sehat.
  8. Asam Amino
    Asam Amino adalah sekelompok asam yng berperan dalam pembentukan protein. Asam amino penting dalam pembelahan sel serta memperbaiki jaringan yng rusak. Asam amino pula bisa membentuk antibodi yng bisa melawan bakteri serta virus.
  9. Asam Folat (Citoforum Factor ataupun Leucovorin)
    Asam folat berfungsi membantu produksi sel-sel darah, menyembuhkan luka, membentuk otot, dan membantu proses pembelahan sel. Asam folat Amat penting bagi atau bisa juga dikatakan untuk pembentukan DNA serta RNA (zat-zat pembentuk dinding inti sel). Kekurangan asam folat mampu memicu kerusakan DNA yng bisa mengarah kepada penyakit kanker.
  10. Enzim
    Enzim merupakan bagian dari protein yng bertindak menjadi biokatalis, mempercepat laju reaksi biokimia dalam tubuh. Oleh lantaran itu, enzim akan menaikan fungsi-fungsi kebugaran atau kesehatan kombucha yang dengannya tubuh.
  11. Kombucha pula memiliki kandungan beberapa vitamin B serta C, dan bakteri serta khamir yng penting.

Manfaat Kombucha bagi atau bisa juga dikatakan untuk Kebugaran atau kesehatan

  1. 82% Resisten terhadap pilek & flu
  2. 81% Kondisi tubuh meningkat
  3. 81% Bebas dari sembelit
  4. 44% Mengalami peningkatan energi
  5. 42% Bebas dari nyeri arthritis
  6. 30% Berat badan menjadi seimbang
  7. 27% Mempunyai pola tidur yng lebih sehat
  8. 27% Bebas dari sakit maag serta masalah pencernaan
  9. 24% Menurunkan berat badan 2.5 – 5kg
  10. 21% Peningkatan kualitas kulit
  11. 19% Terbantu dari gejala PMS
  12. 19% Bebas dari alergi
  13. 17% Penurunan Tekanan Darah & Kolesterol
  14. 17% Mengurangi kecanduan gula
  15. 13% Mengurangi keram serta ketidaknyamanan tatkala menstruasi
  16. 13% Mengurangi kecanduan kafein
  17. 12% Mempunyai tingkat konsentrasi yng lebih baik
  18. 12% Menghilang-kan pertumbuhan pra-kanker kulit
  19. 10% Menghilang-kan tahi lalat serta efek penuaan
  20. 9% Bebas dari Migrain
  21. 8% Peningkatan kualitas rambut serta kuku
  22. 8% Peningkatan Libido
  23. 7% Mengembalikan warna rambut ke warna aslinya
  24. 7% Terbantu dari gejala menopause
  25. 6% Menurunkan berat badan 10kg
  26. 6% Orang yang dengannya kanker mempertahankan status ‘bebas dari kanker’ bagi atau bisa juga dikatakan untuk 1-4 tahun
  27. 5% Menghilang-kan mual akibat kemoterapi
  28. 4% Rambut kembali tumbuh
  29. 3% Peningkatan T-sel dalam darah
  30. 3% Orang yang dengannya kanker mempertahankan status ‘kanker bebas’ bagi atau bisa juga dikatakan untuk tidak lebih dari satu tahun
  31. 2% Orang yang dengannya kanker mempertahankan status ‘bebas dari kanker’ bagi atau bisa juga dikatakan untuk 5 tahun lebih.


Sumber rujukan dan gambar : http://www.nangimam.com/2014/02/kandungan-nutrisi-dan-manfaat-kombucha.html.

Seputar KANDUNGAN NUTRISI DAN MANFAAT KOMBUCHA

Advertisement
 

Cari Artikel Selain KANDUNGAN NUTRISI DAN MANFAAT KOMBUCHA