Tips sukses cara beternak perkutut dijamin untung besar

- Januari 27, 2018

Tips sukses cara beternak perkutut dijamin untung besar

 
Kalau membahas kesempatan bisnis ataupun usaha memanglah tak ada habisnya, yng di antaranya yaitu yang dengannya membudidayakan burung perkutut yng cukup menjanjikan tatkala ini. Perkutut adalah jenis burung yng dikenal akan suaranya yng indah, yng pada awal mulanya jenis burung ini diternakan secara tradisional oleh perseorangan. Akan tetapi yang dengannya makin tidak sedikit peminatnya maka burung ini pun mulai di budidayakan dalam skala yng cukup besar bagi atau bisa juga dikatakan untuk bisa memenuhi permintaan pasar.
Tips sukses cara beternak perkutut dijamin untung besar
KARAKTERISTIK ( MORFOLOGIS )
ADAPUN CIRI MORFOLOGIS PERKUTUT INI IALAH :
  1. Mempunyai tubuh berukuran relative kecil yang dengannya panjang berkisar 20 sampai-sampai 25 cm
  2. Kepala berbentuk bulat kecil yang dengannya warna abu-abu
  3. Pada paruh berbentuk panjang meruncing
  4. Pada leher berukuran agak panjang
  5. Mempunyai jari yng berjumlah 4 buah pada tiap kaki
  6. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk bulu perkutut umumnya berwarna kecokelatan yang dengannya variasi warna putih, hitam serta cokelat tua.
UNTUK JENIS-JENIS PERKUTUT YANG BIASA DITEMUKAN DI INDONESIA ANTARA LAIN YAITU :
  1. Perkutut local
  2. Perkutut Bangkok
  3. Perkutut belang
  4. Serta perkutut sumba
Meskipun jenisnya yng berbeda-beda bagi atau bisa juga dikatakan untuk cara ternak perkutut relative percis bagi atau bisa juga dikatakan untuk seluruh jenis. Burung ini pula di kenal akan kebiasaannya bagi atau bisa juga dikatakan untuk hidup berkelompok di alam bebas. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk daerah asal burung perkutut ini adalah dataran rendah ataupun tinggi yng berumput serta berbukit-bukit. Nah yang akan di sajikan kali ini tahapan bagi atau bisa juga dikatakan untuk bagaimana ternak perkutut bagi atau bisa juga dikatakan untuk itu simaklah dibawah ini.
MEMILIH BIBIT
Langkah pertama yng butuh diperhatikan dalam cara membudidayakan perkutut adalah pemilihan bibit indukan ataupun bibit yng ideal haruslah yng telah berumur minimal 4 bulan supaya lebih gampang bagi atau bisa juga dikatakan untuk di jodohkan, sebaiknya pada betina umurnya lebih tua dari pada umur pejantan.
CIRI-CIRI INDUKAN ATAU BIBIT YANG BAIK IALAH
  1. Mempunyai bunyi yng tidak jelek alias bagus baik itu bunyi depan, sedang, ataupun ujungnya
  2. Selain itu bibit yng tidak jelek alias bagus pula Perlu mempunyai Irma bunyi ketukannya agak renggang
  3. Mempunyai silsilah yng tidak jelek alias bagus
  4. Serta mempunyai bentuk tubuh yng tidak jelek alias bagus
PERSIAPAN KANDANG
Semisal pada jenis burung lain-lainnya, hal yng Perlu diperhatikan dalam teknik budidaya burung perkutut selanjutnya adalah yang dengannya persiapan sangkar. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk sangkar perkutut umumnya terbuat dari bahan kawat yng mempunyai yaitu :
  1. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk tinggi bervariasi antara 45 sampai-sampai 180 cm
  2. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk lebar yng ideal 60 cm
  3. Serta panjang antara 100 sampai-sampai 180 cm
  4. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk lantai umumnya mempergunakan pasir ataupun tanah biasa
  5. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk atap bisa mempergunakan bahan asbes ataupun genting
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk butuh diperhatikan dalam memelihara perkutut yang dengannya baik, pastikan posisi sangkar mendapatkan sinar matahari lebih-lebih pada tatkala pagi hari. Selain itu sangkar pula Perlu mempunyai kelembaban yng cukup serta perhatikan pula jarak atap ke sarang. Di usahakan supaya tak terlalu dekat menjadikan perkutut tak kepanasan, pastikan pula sangkar jauh dari sumber sura berisik bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghindari burung perkutut dari stress.
PROSES PENJODOHAN
Semisal layaknya cara berternak jenis burung yng lain-lainnya, kamu pula butuh bagi atau bisa juga dikatakan untuk melakukan penjodohan pada perkutut yng mau di budidayakan. Masukkan perkutut yng akan dijodohkan ke dalam sangkar ternak, bagi atau bisa juga dikatakan untuk waktu yng tepat bagi atau bisa juga dikatakan untuk memasukkan perkutut ke sangkar ternak adalah pada tatkala sore hari. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk diperhatikan sebelum dimasukkan ke dalam sangkar ternak pada kedua perkutut yng akan dijodohkan berlebi dahulu diberikan semisal :
  1. Kacang hijau lunak
  2. Minyak ikan
  3. Vitamin E
  4. Serta badannya dibasahi tidak banyak
TAHAP PEMELIHARAAN
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk langkah selanjutnya yng butuh diperhatikan dalam membudidayakan perkutut adalah tahap pemeliharaan piyik ataupun anakan. Piyik sebaiknya dijauhkan berlebi dahulu dari induknya disaat telah berusia 1 sampai-sampai 1,5 bulan. Pada usia ini piyik umumnya telah mampu makan sendiri. Tempatkanlah piyik dalam sangkar yng mempunyai ukuran 50 x 70 x 50 cm. dalam satu sangkar bisa diletakkan 8 sampai-sampai 10 ekor piyik.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk pakan yng mampu diberikan pada piyik dalam teknik beternak perkutut adalah :
  • Minyak ikan
  • Vitamin B kompleks
  • Obat cacing
  • Serta kalsium
Piyik pula Perlu dijemur supaya memperoleh cukup sinar matahari bagi atau bisa juga dikatakan untuk menambah daya tahan tubuh, piyik bisa diberikan vitamin tambahan sebanyk 2 minggu sekali, pada usia 3 bulan piyik bisa dipindahkan ke sangkar soliter.
Cukup Gampang Bukan … ??? 🙂
Mudah-mudahan yang dengannya adanya postingan perihal Tips sukses cara beternak perkutut dijamin untung besar ini mampu membantu kamu yng ingin menambah penghasilan, Terimakasih. 🙂

Sumber rujukan dan gambar : http://duniacaraternak.blogspot.com/2016/10/tips-sukses-cara-beternak-perkutut-dijamin-untung-besar.html.

Seputar Tips sukses cara beternak perkutut dijamin untung besar

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Tips sukses cara beternak perkutut dijamin untung besar