strategi ampuh ternak ikan bawal

- Januari 30, 2018

strategi ampuh ternak ikan bawal

 
tatkala ini cukup menjanjikan. Yang dengannya melonjak nya permintaan ikan di pasar-pasar di daerah, membuat para peternak ikan bawal ini pula ikut melonjak.
Ikan bawal air tawar ataupun colossoma macropomum merupakan satu dari sekian banyaknya ikan unggulan budi daya perikanan air tawar. Secara umum, Bawal terbagi menjadi dua jenis yakni bawal putih serta hitam. Bawal putih dikatakan lebih tinggi permintaannya berbanding yng bawal hitam.
Bisnis budidaya ikan bawal dimaksudkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mendapatkan ikan ukuran konsumsi ataupun ukuran yng disenangi oleh konsumen. Pembesaran ikan ini bisa di lakukan di kolam tanah ataupun kolam permanen, baik secara monokultur ataupun polikultur.
Jenis ikan Bawal memiliki beberapa keistimewaan serta kelebihanseperti:
Ketahanan yng tinggi terhadap kondisi limnologis yng tidak lebih baik.
Rasa dagingnya pun cukup enak, hampir menyerupai daging ikan Gurami.
Langkah-langkah tips beternak ikan bawal:
Persiapan Kolam bagi atau bisa juga dikatakan untuk beternak ikan Bawal
Persiapan kolam ikan bawal ini dimaksudkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menumbuhkan makanan alami dalam jumlah yng cukup. Sesudah dasar kolam benar-benar kering, dasar kolam butuh dikapur yang dengannya kapur tohor ataupun dolomit yang dengannya dosis 25 kg/100 meter persegi.
Hal ini bagi atau bisa juga dikatakan untuk menaikan pH tanah, pula bisa bagi atau bisa juga dikatakan untuk membunuh hama ataupun patogen yng masih tahan terhadap proses pengeringan.
Kolam pembesaran tak mutlak Perlu dipupuk. Ini dikarenakan makanan ikan bawal sebagian besar diperoleh dari makanan tambahan ataupun buatan. Namun bila dipupuk bisa mempergunakan pupuk sangkar 25 – 50 kg/100 m2 serta TSP 3 kg/100 m2. Pupuk sangkar yng dipakai Perlu benar-benar yng telah matang, supaya tak menjadi racun bagi ikan.
Sesudah pekerjaan pemupukan selesai, kolam diisi air setinggi 2-3 cm serta dibiarkan selama 2-3 hari, lantas air kolam ditambah tidak banyak demi tidak banyak hingga kedalaman awal 40-60 cm serta terus diatur hingga ketinggian 80-120 cm bergantung kepadatan ikan. Andai warna air telah hijau terang, baru bibit ikan ditebar (umumnya 7~10 hari seusai pemupukan).
Pemilihan serta penebaran benih ikan bawal
Cuma yang dengannya benih yng baik, ikan bawal akan hidup serta tumbuh yang dengannya baik. Penebaran benih Sebelum benih ditebar butuh diadaptasikan, yang dengannya tujuan supaya benih ikan tak dalam kondisi stres tatkala berada dalam kolam.
Tatacara adaptasi : ikan yng masih terbungkus dalam plastik yng masih tertutup rapat dimasukan kedalam kolam, biarkan hingga dinding plastik mengembun.
Ini tandanya air kolam serta air dalam plastik telah percis suhunya, seusai itu dibuka plastiknya serta air dalam kolam masukkan tidak banyak demi tidak banyak kedalam plastik tempat benih hingga benih terlihat dalam kondisi baik. Selanjutnya benih ditebar dalam kolam ikan secara perlahan-lahan.
Kualitas Pakan Serta Tatacara Pemberian Ikan Bawal
Cuma yang dengannya pakan yng baik ikan bisa tumbuh serta berkembang sesuai yang dengannya yng kita inginkan. Kualitas pakan yng baik merupakan pakan yanq memiliki gizi yng seimbang baik protein, karbohidrat ataupun lemak dan vitamin serta mineral.
Lantaran ikan bawal bersifat omnivora maka makanan yng diberikan mampu berupa daun-daunan ataupun berupa pelet. Pakan diberikan 3-5 % berat badan (perkiraan jumlah total berat ikan yng dipelihara). Pemberian pakan bisa ditebar secara langsung.
Pemungutan Hasil Ikan Bawal
Pemungutan hasil bisnis pembesaran bisa di lakukan seusai ikan bawal dipelihara 4-6 bulan, waktu yang telah di sebutkan ikan sudah mencapai ukuran tidak lebih lebih 500 gram/ekor, yang dengannya kepadatan 4 ekor/m2.
Umumnya alat yng dipakai berupa waring bemata lebar. Ikan hasil pemanenan sebaiknya penampungannya di lakukan ditempat yng luas (tak sempit) serta keadaan airnya selalu mengalir.

Sumber rujukan dan gambar : http://duniacaraternak.blogspot.com/2016/10/strategi-ampuh-ternak-ikan-bawal.html.

Seputar strategi ampuh ternak ikan bawal

Advertisement
 

Cari Artikel Selain strategi ampuh ternak ikan bawal