KANDUNGAN GIZI DAN MANFAAT BAYAM

- Januari 27, 2018

KANDUNGAN GIZI DAN MANFAAT BAYAM

 
Kandungan Gizi Sayur Bayam - Sayuran hijau ini tentu telah tak asing lagi di indera pendengaran kita, lantaran sayuran ini Amat memasyarakat. Selain gampang didapat, bayam pula memiliki kandungan tidak sedikit manfaat bagi kebugaran atau kesehatan tubuh kita. Tanaman yang dengannya nama ilmiah Amaranthus sp ini mempunyai kandungan zat besi relatif tinggi dibandingkan jenis sayuran lain-lainnya. Zat ini berperan penting dalam proses pembentukan sel darah merah dalam tubuh. Dan proses pertumbuhan pada usia anak-anak serta remaja.
Bayam yng memiliki tidak sedikit manfaat bagi atau bisa juga dikatakan untuk tubuh diluar dugaan akan mampu menjadi rawan disaat bayam telah dimasak lantas dipanaskan kembali, bayam pula tak baik andai disimpan terlalu lama didalam lemari es. Kenapa bayam tak boleh dipanaskan disaat telah dimasak?
Berikut merupakan alasannya:
Bayam memiliki kandungan zat besi yng berupa Fe2+ (ferro), jikalau bayam terlalu lama berinteraksi yang dengannya O2 (Oksigen), maka kandungan Fe2+ pada bayam akan teroksidasi menjadi Fe3+ (ferri). Walau sama-sama zat besi, yng memberikan manfaat bagi atau bisa juga dikatakan untuk kita-kita merupakan ferro, lain halnya yang dengannya ferri yng bersifat racun.
Begitu pula dalam proses penyimpanan di lemari es pun Perlu diperhatikan, lantaran makin lama bayam disimpan di dalam lemari es, senyawa nitrit pun akan terus meningkat kadarnya. Efek racun pada nitrit memicu reaksi yang dengannya zat besi dalam sel darah merah tepatnya di hemoglobin. Ikatan nitrit yang dengannya hemoglobin disebut Methemoglobin yng menghasilkan hemoglobin tak bisa atau mampu mengikat oksigen. Andai jumlah methemoglobin mencapai lebih dari 15% dari total hemoglobin, makan akan berlangsung Sianosis yng pengertiannya keadaan dimana seluruh jaringan tubuh kita-kita kekurangan oksigen.

Kandungan Gizi Bayam

Bayam tidak sedikit memiliki kandungan antioksidan esensial serta fitokimia yng berfungsi membantu menjaga tubuh terhadap aneka macam jenis penyakit. Dalam 100 g Bayam terdapat:
  • Energi 36 kal
  • Protein 3,5 g
  • Lemak 0,5 g
  • Karbohidrat 6,5 g
  • Serat 0,8 g
  • Kalsium 267 mg
  • Fosfor 67 mg
  • Besi 3,9 mg
  • Vitamin A 6.090 IU
  • Vitamin B1 0,08 mg
  • Vitamin C 80 mg
  • Air 86,9 g

Manfaat Bayam Bagi Tubuh

Yang dengannya begitu banyaknya kandungan yng terdapat dalam bayam, maka bayam memiliki tidak sedikit manfaat bagi atau bisa juga dikatakan untuk tubuh kita, diantaranya merupakan:
  • Melawan Sel Kanker
    Vitamin A serta C dan serat, asam folat serta 13 flavonoid dalam bayam Amat memberikan manfaat dalam memerangi sel kanker. Sebuah penelitian menunjukan, kandungan yang telah di sebutkan pada bayam menurunkan risiko kanker sebesar 34% lebih-lebih pada kanker payudara, kanker rahim, kanker prostat, kanker kulit serta kanker perut.
  • Sumber Anti-inflamasi
    Bayam memiliki kandungan sifat alkalinitas yng tinggi menjadikan membuat sayur ini pilihan yng sempurna bagi penderita penyakit inflamasi, semisal rheumatoid arthritis serta osteoarthritis.
  • Mengurangi risiko penyakit kardiovaskular
    Bayam adalah sumber folat yng baik, yng bisa mengurangi homosistein, asam amino yng didapati dalam darah. Tingginya tingkat homosistein dalam darah memicu tingginya risiko penyakit jantung. Bayam pula memiliki kandungan choline serta inositol, yng membantu mencegah pengerasan pembuluh darah.
  • Menurunkan tekanan darah tinggi
    Bayam kaya akan kalium serta rendah sodium. Tingkat mineral yng seimbang ini Amat memberikan manfaat bagi pasien yang dengannya tekanan darah tinggi. Selain itu, folat dalam bayam pula bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi serta melemaskan pembuluh darah, yang dengannya demikian mempertahankan kelancaran peredaran darah.
  • Mencegah Osteoporosis
    Secangkir daun bayam segar memenuhi 200% kebutukan nilai harian akan vitamin K. Vitamin ini amat penting dalam pencegahan keropos tulang. Selain itu, mineral lain-lainnya semisal magnesium, seng, tembaga serta fosfor dalam bayam pula membantu penguatan tulang.
  • Mencegah Diabetes
    Bayam Amat bermanfaat bagi orang yng menderita diabetes pula. Magnesium didapati dalam bayam membantu bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencegah komplikasi yng berlangsung sesudah diabetes. Konsumsi rutin bayam membantu menstabilkan gula darah serta mencegah dari berfluktuasi terlalu tidak sedikit.
  • Mencegah Anemia
    Bayam merupakan sumber zat besi yng dibutuhkan dalam mencegah anemia. Zat besi membantu meregenerasi ataupun memperbanyak sel darah merah, yng membawa oksigen ke seluruh bagian tubuh.
  • Menaikan kualitas penglihatan
    Bayam adalah sumber lutein, karotenoid yng dikenal membantu menjaga mata terhadap katarak. Bayam pula kaya akan vitamin A, yng membuatnya Amat memberikan manfaat bagi atau bisa juga dikatakan untuk penglihatan.
  • Mengobati Pendarahan Gusi
    Campuran bayam serta jus wortel Amat membantu dalam mengobati gusi berdarah yng penyebabnya yaitu oleh kekurangan vitamin C serta asupan terlalu tidak sedikit gula halus.



Sumber rujukan dan gambar : http://www.nangimam.com/2014/01/kandungan-gizi-dan-manfaat-bayam_7.html.

Seputar KANDUNGAN GIZI DAN MANFAAT BAYAM

Advertisement
 

Cari Artikel Selain KANDUNGAN GIZI DAN MANFAAT BAYAM