Buah Cempedak (Buah Unggul Indonesia)

- Desember 18, 2017

Buah Cempedak (Buah Unggul Indonesia)

 

Buah cempedak meski ada sebagian warga atau juga bisa dikatakan masyarakat yng belum mengenal, namun ditinjau dari segi rasa, boleh pula dimasukkan dalam buah unggulan. Yang dengannya dimasukkannya cempedak dalam buah unggul nasional, diharapkan akan timbul keinginan petani buah bagi atau bisa juga dikatakan untuk menaikan produksi dari cempedak ini.
Varietas cempedak yng telah umum dikenal oleh warga atau juga bisa dikatakan masyarakat yakni Artocarpus integer var. integer (cempedak biasa), yng adalah buah asli Indonesia, tidak sedikit didapati di Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, serta Irian Jaya. Buahnya lonjong silindris, panjangnya 20-35 cm serta lebar 10-15 cm, berat 3-4 kg, berwarna kuning gading ataupun cokelat tanah, serta aromanya wangi sekali. Daging buah lunak serta gampang hancur, berwarna kuning-emas-gading- kemerahan serta rasanya manis. Produksinya mampu mencapai 60 buah per pohon per tahun.
Ada satu lagi varietas cempedak yng lebih istimewa, yakni cempedak malaysia. Keistimewaannya yakni buahnya tak disukai oleh hama lalat buah, lebih cepat berbuah (umur 5 tahun telah berbuah, sedangkan var. integer umur berbuah di atas 5 tahun). Ukuran buahnya dua kali ukuran cempedak biasa, kulit buah berwarna hijau. Daging buah berwarna kuning jeruk kemerahan, rasanya manis, harum aromanya antara harum nangka serta cempedak. Biji relatif bulat serta ukurannya dua kali lebih besar daripada biji cempedak biasa. Produksinya mampu mencapai 50 buah/pohon/tahun yang dengannya bobot rata-rata per buah 8 kg. Cempedak malaysia ini ada dugaan adalah hasil persilangan alami antara nangka serta cempedak karena ciri-cirinya menyerupai nangka serta cempedak. (http://www.agrosukses.com).

Sumber rujukan dan gambar : http://www.agropustaka.com/2014/08/buah-cempedak-buah-unggul-indonesia.html.

Seputar Buah Cempedak (Buah Unggul Indonesia)

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Buah Cempedak (Buah Unggul Indonesia)