ternak kambing gibas ekor gemuk

- Desember 10, 2017

ternak kambing gibas ekor gemuk

 
Makin meningkatnya keperluan akan protein hewani, menuntut dihasilkannya ternak bibit yng bisa menghasilkan produksi optimal. Dalam hal ini ternak bibit yng gampang menyesuaikan diri yang dengannya lingkungan, baik perkandangan, pakan, tatalaksana pemeliharaan pula dari segi ekonomis menguntungkan, secara estetis menyenangkan serta responsif terhadap teknologi baru. Ternak yng relatif bisa memenuhi kriteria yang telah di sebutkan merupakan ternak kambing gibas ekor gemuk. kambing ini adalah satu dari sekian banyaknya kambing lokal yng ada di Indonesia serta cukup dikenal oleh warga atau juga bisa dikatakan masyarakat mengingat produksi yng diperoleh bisa diterima oleh banyak sekali lapisan warga atau juga bisa dikatakan masyarakat.
kambing gibas ekor gemuk mengenai asal usulnya Amat variatif, sebagian ahli mengujarkan bahwasanya ternak kambing gibas ekor gemuk berasal dari Indonesia, yang dengannya tempat plasma nutfahnya berasal sebagian besar ada di Kepulauan Sapodi Madura serta pengembangannya tidak sedikit ditemui di sepanjang pantai utara sebelah timur wilayah Indonesia meliputi Madura serta Jawa Timur, Lombok serta Sulawesi. Sebagian ahli mengujarkan kambing ini berasal dari Asia Selatan, Asia Barat serta Afrika Selatan. kambing ini dibawa ke Indonesia oleh pedagang Arab, tidak sedikit dijumpai di daerah Jawa Timur, Madura, Lombok, Sulawesi, serta Nusa Tenggara yang dengannya proporsi genetik asal keturunannya yng belum diketahui.
Ternak ini lebih tepat dibudidayakan menjadi ternak penghasil daging (tipe potong) dari pada tipe wool, yang dengannya pemeliharaan intensif bisa diperoleh pertambahan berat badan antara 51-55 gram/hari. kambing gibas ekor gemuk mempunyai kemampuan menimbun lemak pada pangkal ekornya. Bentuk badan lebar, kambing jantan bobotnya mencapai 60 kg serta kambing betina mencapai 50 kg. Ditinjau dari faktor genetiknya Domba Ekor Gemuk mempunyai produktivitas tinggi yang dengannya rataan performan reproduksi meliputi angka kelahiran 156 %, fertilitas 75-80 %, serta lamb crop (panen cempe) 80 %.
kambing gibas ekor gemuk mempunyai bentuk tubuh lebih besar dari kambing Ekor Tipis. Hasil penelitian menunjukkan kambing gibas ekor gemuk yng ada diindonesia yang dengannya jarak beranak 8 bulan bisa menghasilkan anak 2,34 ekor/tahun, bagi atau bisa juga dikatakan untuk 100 ekor induk kambing gibas ekor gemuk bisa menghasilkan 234 ekor cempe dalam satu tahun.
kambing gibas ekor gemuk
Adapun keunggulan beternak kambing gibas ekor gemuk antara lain :
  • Pemeliharaan kambing gibas ekor gemuk lebih gampang, lantaran sifat dari ternak ini suka hidup berkelompok menjadikan gampang dalam penggembalaannya.
  • Kemampuan merumput lebih rajin serta tekun
  • Bulu kambing lebih tebal bisa membantu bagi atau bisa juga dikatakan untuk menahan penguapan air dari tubuhnya, tahan terhadap panas serta kering menjadikan lebih efisien dalam penggunaan air minum
  • Kulit kambing gibas ekor gemuk mempunyai nilai ekonomis yng lebih tinggi dibanding kulit dari hewan ternak kecil lain-lainnya.
  • Kemampuan adaptasi terhadap lingkungan baru lebih gampang serta daya tahan terhadap penyakit lebih kuat.
Didasari keunggulan serta karakteristik yang telah di sebutkan maka kambing gibas ekor gemukberpotensi bagi atau bisa juga dikatakan untuk dikembangkan diindonesia menjadi kambing unggulan penghasil daging.

Sumber rujukan dan gambar : http://duniacaraternak.blogspot.com/2016/10/ternak-kambing-gibas-ekor-gemuk.html.

Seputar ternak kambing gibas ekor gemuk

Advertisement
 

Cari Artikel Selain ternak kambing gibas ekor gemuk