BUDIDAYA BUNGA SEDAP MALAM

- Desember 18, 2017

BUDIDAYA BUNGA SEDAP MALAM

 
CaraBudidaya Bunga Sedap Malam – Bunga sedap malam Amat diminati lantaran mempunyai bentuk yng cantik serta mempunyai bau yng Amat harum serta kesegaran yng bisa atau mampu bertahan lama. Wanginya yng seharum melati bisa menenangkan hati orang di sekitarnya. Bunga sedap malam punya sejumlah manfaat bagi atau bisa juga dikatakan untuk kebugaran atau kesehatan, mulai dari mengobati keluhan sulit tidur, influenza, hingga rematik. Namun permintaan pasar terhadap bunga sedap malam ini tak diimbangi yang dengannya peningkatan produksi bunga. Hal ini membuat budidaya bunga sedap malam masih berpotensi/ berpeluang besar. Dari segi teknis budidaya bunga sedap malam taklah terlalu sulit, perawatannya pun cukup gampang serta umurnya yng panjang.

Tatacara Budidaya Bunga Sedap Malam

Bunga sedap malam (Polianthes tuberosa) yng paling tidak sedikit dibudidaya merupakan jenis Roro Anteng (berbunga semi ganda). Bunga Sedap Malam Roro Anteng sendiri adalah varietas unggul nasional dari Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jawa Timur bekerjasama yang dengannya Pemerintah Kabupaten Pasuruan. Ada pula bunga sedap malam berbunga ganda dari Cianjur yng dilepas oleh Balai Penelitian Tanaman Hias bekerjasama yang dengannya Pemerintah Kabupaten Cianjur menjadi varietas unggul nasional yang dengannya nama Dian Arum

SyaratTumbuh Bunga Sedap Malam

Bunga Sedap Malam Amat tidak jelek alias bagus dibudidaya di dataran rendah yang dengannya ketinggian antara 600m – 1.500 m dari permukaan laut. Bila sedap malam berbunga tunggal serta semi ganda ditanam di dataran tengah, maka hasil bunga akan mempunyai tangkain yng agak panjang tak kokoh serta tidak lebih kekar dan malai bunga agak panjang serta bagian ujung malai terkulai yang dengannya jumlah kuntum bunga lebih tidak banyak. Menjadikan Kualitasnya menjadi tidak bagus serta tak layak bagi atau bisa juga dikatakan untuk dijual.

PenyiapanBibit / Benih Sedap Malam

Sesudah kita mempunyai lahan yng cocok bagi atau bisa juga dikatakan untuk budidaya sedap malam, kita siapkan bibit. Bibit Sedap malam berupa umbi yng diambil dari rumpun induk yng berusia lebih dari 1,5 tahun. Ukuran umbi menjadi benih/bibit sebesar 1-2 cm serta telah dikeringkan selama 2-3 minggu. Sesudah dieringkan umbi disimpan berlebi dahulu 1-2 bulan, hal ini bertujuan supaya disaat ditanam tunas cepat keluar.

PenanamanBibit Bunga Sedap Malam

Sebelum melakukan penanaman, lahan Perlu digemburkan dibuat bedengan. Taburkan pupuk sangkar ke atas bedengan secara merata, Antara bedengan satu yang dengannya yng lain-lainnya dibuat parit bagi atau bisa juga dikatakan untuk drainase. Proses penanaman yang dengannya cara membuat lubang tanam sedalam tinggi bibit, atur jarak tanam 30 cm antar barisan serta 25 cm dalam barisan. Kasih pupuk urea serta siram hingga cukup basah.

PerawatanTanaman Bunga Sedap Malam

Proses perawatan tak berbeda yang dengannya tanaman bunga lainya, cukup disiriam pada pagi serta sore hari, bagi atau bisa juga dikatakan untuk pemupukan mempergunakan campuran pupuk UREA serta TSP yang dengannya perbandingan 50 : 50 serta di lakukan seusai tanaman berumur 6 bulan.

PanenBunga Sedap Malam

Biasanya tanaman sedap malam akan berbunga pada umur 4-5 bulan seusai tanam. Panen bunga menjadi bunga potong di lakukan tatkala satu ataupun dua kuntum bunga sudah mekar. Pemanenan di lakukan yang dengannya tips memotong tangkai bunga yang dengannya gunting ataupun menarik tangkai bunga sampai-sampai terlepas dari rumpun tanaman. Masa produktif tanaman sedap malam mencapai umur 2 tahun seusai tanam. Setiap rumpun tanaman bisa menghasilkan bunga 3 – 5 tangkai bunga potong.


Sumber rujukan dan gambar : http://www.nangimam.com/2014/06/budidaya-bunga-sedap-malam.html.

Seputar BUDIDAYA BUNGA SEDAP MALAM

Advertisement
 

Cari Artikel Selain BUDIDAYA BUNGA SEDAP MALAM