cara ternak lovebird agar cepat bertelur

- Desember 18, 2017

cara ternak lovebird agar cepat bertelur

 
Di alam liar, burung betina begitu gampang bertelur serta mengeram, sampai-sampai menghasilkan beberapa anakan, serta itu akan berlangsung terus-menerus sepanjang induk masih produktif. Kenapa dalam sangkar penangkaran selalu muncul aneka dilema, mulai burung yng susah dijodohkan, induk betina yng tak kunjung bertelur, sampai-sampai induk membuang telurnya? Di artikel ini. Om Kicau akan membahas satu permasalahan dalam breeding lovebird, yakni burung betina yng tidak kunjung bertelur.
cara ternak lovebird agar cepat bertelur
Butuh diketahui, burung betina mampu bertelur walau tak mempunyai pasangan (burung jantan). Karena, manakala burung betina telah mencapai umur dewasa kelamin, maka organ reproduksinya telah mampu berfungsi secara normal. Burung betina yng sudah mencapai umur dewasa kelamin secara bersiklus akan memproduksi sel telur (ovum), lantas diproses sedemikian rupa dalam saluran reproduksinya, salah satunya pembungkusan ovum oleh bahan kerabang / cangkang di dalam oviduct, serta dikeluarkan melalui kloaka dalam bentuk telur.
Kalau burung betina dikawini burung jantan, maka sebelum pembungkusan oleh bahan kerabang, sel sperma dari burung jantan akan membuahi dulu sel telur / ovum, yng hasil nya terlihat dari adanya noktah hijau pada permukaan kuning telur, yng disebut discus germinalis (bakal calon embryo).
Akan tetapi andai burung betina tak dikawini burung jantan, telur akan dikeluarkan tanpa memiliki kandungan bakal calon embryo, yng tidak akan pernah menetas walau dierami induknya ataupun ditetaskan mempergunakan inkubator. Telur yng tak mempunyai bakal calon embyo ini dia yng disebut telur infertil / tak subur.
Dalam penangkaran lovebird, sebagian breeder barangkali pernah menjumpai burung betina yng tak kunjung bertelur, walau dia telah mempunyai pasangan. Ini mampu berlangsung dalam kondisi burung betina dikawini ataupun tak dikawini burung jantan.
Kegagalan burung betina dalam menghasilkan telur mampu penyebabnya yaitu beberapa hal. Yng paling Suka berlangsung antara lain :
  • Penangkar tak mempunyai catatan mengenai umur induk, khususnya induk betina. Andai tak mengetahui umurnya, Amat dimungkinkan burung betina yng dipakai belum mencapai umur dewasa kelamin, menjadikan memanglah belum mampu bertelur. Menjadi ancar-ancar, pilihlah lovebird betina non-klep umur 5 – 7 bulan, ataupun lovebird klep umur 8 – 12 bulan, menjadi calon induk.
  • Lantaran lovebird salah satunya burung monomorfik seksual, ataupun penampilan burung jantan serta betina mirip, Amat dimungkinkan burung yng seolah-olah berjodoh merupakan sama-sama berkelamin jantan. Jadi, kita tunggu hingga bertahun-tahun pasti tak akan pernah bertelur, he.. he…
  • Burung betina yng dipakai adalah persilangan antara lovebird klep serta non-klep. Keturunan / filial pertama (F1) dari hasil persilangan ini, ataupun biasa disebut semi-klep, sebagian besar bersifat infertil. Pada beberapa kasus, burung betina semi-klep pula gagal menghasilkan telur.
Yang dengannya demikian, ketiga burung dalam kondisi di atas tak salah satunya dalam cakupan solusi Om Kicau agar lovebird cepat bertelur. Karena problem pada poin pertama baru teratasi andai burung betina sudah mencapai umur dewasa kelamin. Adapun problem poin kedua cuma bisa diatasi yang dengannya mengganti satu dari sekian banyaknya burung jantan yang dengannya burung betina. Serta, problem pada poin ketiga baru teratasi yang dengannya mengganti burung betina dari jenis klep, ataupun dari jenis non-klep.
Di luar ketiga problem di atas, burung betina dalam kondisi normal akan segera bertelur sesudah dikawini oleh burung jantan. Andai tidak segera bertelur, pasti ada permasalahan yng terkait yang dengannya rasa aman serta nyaman, kebutuhan cahaya yng tidak lebih, gangguan hormonal, serta sebagainya.
Yang akan di sajikan kali ini beberapa tatacara yng mampu diterapkan agar lovebird betina mampu segera bertelur. Solusi ini pula bisa diterapkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengatasi problem burung betina yng tidak kunjung bertelur, walau telah dikawini burung jantan :
A. Memasang lampu full spektrum dalam sangkar penangkaran
Kenapa Perlu mempergunakan lampu jenis full spektrum? Lampu ini mempunyai spektrum yng mendekati spektrum sinar matahari, menjadikan Amat memberikan manfaat tak cuma bagi kita-kita, melainkan pula mahluk hidup lain-lainnya semisal burung serta tumbuhan. Lampu ini pula mempunyai suhu warna 5500 K (Kelvin), menjadikan membuat nyaman secara visual, yng berguna mampu memberikan suasana tenang serta sejuk pada burung dalam sangkar.
Tempatkan lampu pada bagian atas sangkar penangkaran. Lampu ini pula mampu dipakai dalam sangkar yng jarang di kenai sinar matahari. Andai dibutuhkan, timer mampu dipasang agar burung mampu beristirahat minimal 10 jam dalam kondisi gelap, misalnya pada malam hari. Dalam hal ini, Kamu bisa mengatur jadwal pencahayaan, menjadikan burung mampu berkembangbiak dalam siklus normal. Manfaat lain dari lampu spektrum mampu dilihat dalam tulisan atau artikel di sini.
B. Memasang kotak sarang secara tepat
Kotak sarang ataupun gelodok disesuaikan yang dengannya ukuran lovebird. Jangan mempergunakan gelodok yng terlalu kecil (misalnya bagi atau bisa juga dikatakan untuk parkit) ataupun gelodok yng terlalu besar (misalnya bagi atau bisa juga dikatakan untuk nuri). Gelodok yng ideal bagi atau bisa juga dikatakan untuk lovebird Perlu mempunyai lubang pintu, yang dengannya diameter sesuai yang dengannya ukuran tubuh burung. Bagian dalamnya tak terlalu sempit, pula tak terlalu luas. Masukkan beberapa serutan kayu bersih ke dalam kotak sarang, yang dengannya ketebalan 2,5 cm. Lovebird umumnya akan mengatur ulang pembuatan sarangnya yang dengannya membuang sebagian serutan kayu yng telah disediakan yang telah di sebutkan.
C. Tempatkan bersama pasangan lain dalam satu ruangan
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk merangsang agar cepat bertelur, pasangan lovebird mampu ditempatkan dalam satu ruangan bersama pasangan lain-lainnya yng berbeda sangkar. Bunyi dari pasangan lain mampu memancing burung bagi atau bisa juga dikatakan untuk lebih cepat kawin serta bertelur.
D. Merubah serta mengatur pola makan
Merubah pola makan merupakan satu dari sekian banyaknya cara yng lazim dalam penangkaran lovebird. Perubahan pola makan umumnya diatur yang dengannya menyediakan pakan yng mampu membuat birahi burung terdongkrak. Jenis pakan yng dimaksud antara lain kangkung (lihat manfaat kangkung bagi atau bisa juga dikatakan untuk lovebird), tauge, serta biji kuaci. Sumber kalsium semisal tulang sotong pula dibutuhkan agar induk betina memiliki persediaan yng cukup bagi atau bisa juga dikatakan untuk proses pembungkusan sel telur (ovum) oleh bahan kerabang / cangkang di dalam oviduct. Kalau repot, mampu pula mempergunakan BirdMineral yng dioleskan pada buah ataupun ditaburkan pada sayuran.
E. Menyediakan suplemen khusus burung penangkaran
Suplemen khusus bagi atau bisa juga dikatakan untuk penangkaran, semisal BirdMature, bersifat optional ataupun pilihan, akan tetapi ini dia pilihan paling baik yng disarankan serta mampu dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan di bawah pengawasan dokter hewan. Selain mampu menaikan birahi burung jantan serta betina sejak awal proses penjodohan sampai-sampai bertelur, suplemen ini akan menaikan persentase telur fertil serta menaikan daya tetas telur, dan bisa membantu melindungi kebugaran atau kesehatan anakan yng baru menetas.
Kapan lovebird jantan mengawini betinanya?
Andaikan beberapa solusi di atas telah diterapkan, kini saatnya kita menunggu prosesi perkawinan lovebird jantan serta betina. Yang akan di sajikan kali ini beberapa perilaku lovebird tatkala akan mengawali proses kawin:
cara ternak lovebird agar cepat bertelur
  • Secara umum, pasangan ini akan menghabiskan saatnya di tenggeran, ataupun berdampingan sepanjang hari.
  • Burung jantan akan terlihat menyuapi pasangannya yang dengannya cara memuntahkan pakan. Sebelumnya, pakan telah dicerna sekilas dalam tembolok (crop) burung jantan, lantas dimuntahkan dalam bentuk semisal susu yng penuh protein. “Susu” semisal itu pula akan diberikan induk betina, kelaj disaat dia meloloh anaknya.
  • Burung jantan selalu berusaha mengambil posisi di belakang burung betina. Andai betina menanggapinya, yang dengannya menurunkan tubuh sembari membuka kedua sayapnya, maka terjadilah adegan 17 tahun ke atas, he.. he.. he…
Beberapa ciri lovebird mau bertelur
Kalau telah kawin, tugas kita saat ini merupakan menunggu burung betina bertelur. Yang akan di sajikan kali ini beberapa ciri lovebird betina bakal segera bertelur :
  • Beberapa hari sesudah kawin, sediakan potongan kertas koran ke dalam sangkar. Kertas koran ini bisa dijadikan alat bantu bagi atau bisa juga dikatakan untuk mendeteksi apakah lovebird betina mau bertelur. Andai mau bertelur, induk betina akan menyobek kertas, lantas menyelipkannya di bagian sayap.
cara ternak lovebird agar cepat bertelur
  • Kalau Kamu melihat perilaku semisal itu, segera siapkan sarang serta bahan sarang di dalamnya.
  • Waktu yng dibutuhkan indul betina bagi atau bisa juga dikatakan untuk bertelur, sejak dikawini burung jantan, sekitar 10 hari. Selama itu juga, Kamu Perlu menyiapkan pakan berprotein tinggi serta kalsium.
Demikian cara singkat agar lovebird segera bertelur. Mudah-mudahan mampu menambah pengetahuan, serta memberikan manfaat bagi penangkar pemula serta calon penangkar.

Sumber rujukan dan gambar : http://duniacaraternak.blogspot.com/2016/10/cara-ternak-lovebird-agar-cepat-bertelur.html.

Seputar cara ternak lovebird agar cepat bertelur

Advertisement
 

Cari Artikel Selain cara ternak lovebird agar cepat bertelur