ternak ikan lele media kolam terpal

- April 09, 2018

ternak ikan lele media kolam terpal

 
Bagi kamu yng ingin ingin mengawali melirik dunia usaha, budidaya ikan lele adalah satu dari sekian banyaknya pilihan yng cukup menjanjikan. Mengingat pertumbuhan pasar permintaan ikan lele terus meningkat dari tahun-ketahun. Apalagi tatkala ini ikan lele pula Amat cocok bagi atau bisa juga dikatakan untuk di budidayakan di kolam terpal. Malah telah tidak sedikit yng berhasil menjalankan peternakan lele di kolam dari terpal ini.
ternak ikan lele media kolam terpal
Budi daya biasanya di lakukan di kolam kolam galian konvesional. Akan tetapi kendala yng Suka dihadapi merupakan disaat kolam ikan dilanda banjir. Nah yang dengannya pembuatan kolam dari terpal ini mungkin yang telah di sebutkan mampu dihindari. Lantaran kolam terpal ini mampu dibuat yang dengannya posisi berada di atas tanah yang dengannya dinding dari kayu lantas dilapis terpal.
BUDIDAYA IKAN LELE
Pertimbangan Teknis Kolam terpal
Kolam terpal ini mampu di lakukan di medan yng tak memungkinkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk membudidayakan ikan. Misalnya tanah yang dengannya medan propos, tanah pasir, ruang sempit, serta lain-lain.
Keunggulan:
  • Praktis serta gampang
  • Investasi kecil
  • Tak gampang di kenai banjir
  • Kontaminasi yang dengannya tanah yng tak diketahui kualitasnya bisa dihindari
  • Kontrol terhadap kualitas serta kuantitas air lebih gampang
  • Gampang melakukan pengeringan serta pembersihan
  • Gampang melakukan panen
  • Mampu dipindahkan
Jenis budidaya:
a. Budidaya Lele bagi atau bisa juga dikatakan untuk Pembibitan
Bagi kamu yng ingin menjalankan usaha budidaya lele di segmen pembibitan Perlu memahami bahwasanya usaha ini cukup menjanjikan. Mengapa demikian? lantaran seusai telur menetas, bibit lele langsung mampu dijual ke para peternak lele.
Sementara secara teknis bibit lele mampu mempunyai ukuran 2-3 cm seusai usia penetasan telah sekitar sebulan. Umumnya pengembangan bibit lele di lakukan pada medan kolam yng berlumpur. Umumnya di sawah yang dengannya ukuran yng luas. Akan tetapi hal ini mampu pula di lakukan akan tetapi sebaiknya di lakukan di kolam yng berukuran besar supaya bibit cepat besar. Andaikan kolam terpal berukuran kecil, maka sebaiknya bibit yng dimasukan dalam jumlah kecil saja. Menjadi penunjang pertumbuhan bibit mampu di suplay yang dengannya makanan berupa pelet setiap harinya.
Waktu yng dibutuhkan supaya bibit tumbuh yang dengannya ukuran 5-7 cm sekitar 2 bulan. Bibit yng sudah menjapai ukuran ini mempunyai harga jual yng lebih baik serta mampu di pasarkan ke peternak lele.
b Budidaya Lele bagi atau bisa juga dikatakan untuk Konsumsi
Bagi kamu yng membudidayakan ikan lele yang dengannya tujuan bagi atau bisa juga dikatakan untuk di jual menjadi lele konsumsi maka sebaiknya membeli bibit berukuran 5-7 cm lebih baik lagi bibit jenis lele Dumbo. Mengapa demikian? dalam hal ini pertimbanganya merupakan ukuran bibit yng sebesar itu akan akan lebih cepat tumbuh. Menjadikan panen mampu berlangsung lebih cepat dalam kurun 3-4 bulan telah mampu dipanen. Supaya hasil lebih baik serta optimal, maka sebaiknya di suplay yang dengannya memberikan makanan seoptimal barangkali. Budidaya lele bagi atau bisa juga dikatakan untuk konsumsi lebih lebih aman dibanding pembibitan. Lantaran ikan yang dengannya usia besar lebih tahan terhadap penyakit yng memicu kematian.
Persiapan Pembuatan Kolam Terpal Dalam pembuatan kolam terpal ini yng Perlu di perhatikan merupakan jumlah populasi serta luas kolam. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk populasi 100 ekor lele maka luas kolam terpal yng dibutuhkan merupakan (P 2m x L 1m x T 0,6m) P=panjang l=lebar T=tinggi. Nah andai ingin mengembangkan dalam jumlah tidak sedikit tinggal di kalikan saja yang dengannya lebar yang telah di sebutkan. Semisal (P 4m x L 2m x T 0,6) mampu menampung 200 ekor lele serta seterusnya, yng butuh di perhatikan merupakan panjang serta lebar kolam.
ternak ikan lele media kolam terpal
Bahan:
  1. Terpal
  2. Kayu/ batako/ papan/ Tanah
  3. Alat lain penunjang pembuatan kerangka
Kolam mampu dibuat yang dengannya kayu menjadi kerangka, batako, maupun tanah. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk kolam yang dengannya tanah mampu yang dengannya menggali lobang di tanah lantas dilapisi terpal. Sedangkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk kolam yang dengannya kerangka kayu/ papan/ batako mampu di buat di atas permukaan tanah. Sebaiknya kolam diberikan pelindung peneduh di satu dari sekian banyaknya bagian kolam. Lantaran lele adalah ikan yng suka bersembunyi.
Pemeliharaan serta Perawatan Sebelum bibit dimasukan ke kolam yng telah jadi sebaiknya kolam di isi yang dengannya air berlebi dahulu lantas membuat air supaya kaya akan plankton (sejenis biota air yng mampu menjadi makanan bibit). Tatacaranya yang dengannya memberikan pupuk kompos dari kotoran sapi kedalam air secukupnya lantas biarkan selama tiga hari menjadikan plankton mampu hidup serta berkembang. Supaya cepat berkembang sebaiknya lele pula di suplay yang dengannya makanan berupa palet. Pemberian palet mampu di lakukan sebanyk 2 kali sehari. Akan tetapi akan lebih baik diberikan lebih dari 2 kali yang dengannya porsi yng lebih tidak banyak tentunya. SElain palet mampu pula di suplai yang dengannya makanan alami semisal bekicot, kerang, keoang emas, rayap serta lain-lain andai memanglah ada di sekeliling kita. Makanan alami ini selain menghemat pengeluaran pula Amat memberikan manfaat menunjang kebutuhan gizi lele.
Pergantian air kolam pula diharapkan, walaupun lele salah satunya jenis ikan yng tahan terhadap kondisi aneka macam jenis air. Namun yang dengannya kondisi air yng tak di rubah dalam jangka waktu lama akan membuat kualitas air menjadi tidak baik serta bau. Tentunya akan berdampak pada munculnya bebagai penyakit yng mampu menyerang lele. Pergantian air sebaiknya di lakukan yang dengannya membuang 10-30% air di kolam serta menambahkan jumlah yng percis, setiap seminggu sekali ataupun 2 minggu sekali, pengertiannya bukan mengganti seluruh air. Disaat usia lele telah mencapai 1 bulan di kolam maka seleksi serta pemisahan Perlu di lakukan. Hal ini mengingat pertumbuhan lele tak percis antara satu serta yng lainya. Yang dengannya memisahkan lele yng terlam bat tumbuh bertujuan supaya orang-orang tak kalah bersaing mendapatkan makanan yang dengannya lele yng sudah tumbuh lebih besar. Demikian ternak ikan lele media kolam terpal supaya mampu sukses serta berhasil, mudah-mudahan memberikan manfaat.

Sumber rujukan dan gambar : http://duniacaraternak.blogspot.com/2016/10/ternak-ikan-lele-media-kolam-terpal.html.

Seputar ternak ikan lele media kolam terpal

Advertisement
 

Cari Artikel Selain ternak ikan lele media kolam terpal