CARA BUDIDAYA JANGKRIK DI RUMAH

- September 11, 2017

CARA BUDIDAYA JANGKRIK DI RUMAH

 
Tatacara Budidaya Jangkrik di Rumah : Jangkrik saat ini menjadi satu dari sekian banyaknya ladang usaha yng mampu di kerjakan di rumah. saat ini ramai sekali yng memiliki peternakan ini lantaran banyaknya permintaan bagi atau bisa juga dikatakan untuk makanan peliharaan kesayanganya.
CARA BUDIDAYA JANGKRIK DI RUMAH

1.SEJARAH SINGKATDewasa ini pada masa krisis ekonomi di Indonesia, budidaya jangkrik (Liogryllus Bimaculatus) Amat gencar, begitu pula yang dengannya seminar-seminar yang diadakan dibanyak kota. Kegiatan ini tidak sedikit di lakukan mengingat waktu yang dibutuhkan utk produksi telur yang akan diperdagangkan cuma memerlukan waktu ± 2-4 minggu. Sedangkan utk produksi jangkrik utk pakan ikan & burung ataupun utk diambil tepungnya, cuma memerlukan 2-3 bulan. Jangkrik betina memiliki siklus hidup ± 3 bulan, sedangkan jantan tidak lebih dari 3 bulan. dlm siklus hidupnya jangkrik betina bisa atau mampu memproduksi lebih dari 500 butir telur.Penyebaran jangkrik di Indonesia merupakan merata, akan tetapi utk kota-kota besar yang tidak sedikit penggemar burung & ikan, pada awal mulanya Amat bergantung utk mengkonsumsi jangkrik yang berasal dari alam, lama kelamaan yang dengannya berkurangnya jangkrik yang ditangkap dari alam maka mulailah dicoba utk membudidayakan jangkrik alam yang dengannya diternakkan secara intensif & bisnis ini tidak sedikit di lakukan dikota-kota dipulau jawa.
2. SENTRA PERIKANANTelah diutarakan didepan bahwasanya utk sementara ini, pusat peternakan jangkrik merupakan dikota-kota besar dipulau jawa lantaran kebutuhan dari jangkrik Amat tidak sedikit. Sedangkan diluar pulau jawa sementara ini masih tidak sedikit didapatkan dari alam, menjadikan belum tidak sedikit peternakan-peternakan jangkrik.
3. JENISAda lebih dari 100 jenis jangkrik yang terdapat di Indonesia. Jenis yang tidak sedikit dibudidayakan pada tatkala ini merupakan Gryllus Mitratus & Gryllus testaclus, utk pakan ikan & burung. Kedua jenis ini dpt dibedakan dari bentuk tubuhnya, dimana Gryllus Mitratus wipositor-nya lebih pendek disamping itu Gryllus Mitratus memiliki garis putih pada pinggir sayap punggung, dan penampilannya yang tenang.
4. MANFAATJangkrik segar yang sdh diketahui baik utk pakan burung berkicau semisal poksay, kacer & hwambie dan utk pakan ikan, baik pula utk pertumbuhan udang & lele dlm bentuk tepung.
5. PERSYARATAN LOKASI
  1. Tempat budidaya Perlu tenang, teduh & mendapatkan sirkulasi udara yang baik.
  2. Tempat jauh dari sumber-sumber kebisingan semisal pasar, jalan raya & lain sebagainya.
  3. Tak di kenai sinar matahari secara langsung ataupun berlebihan.
6. PEDOMAN TEKNIS BUDIDAYATernak jangkrik adalah jenis bisnis yang jikatidak direncanakan yang dengannya matang, akan Amat merugikan bisnis. Ada beberapa tahap yang butuh di lakukan dlm merencanakan bisnis ternak jangkrik, yakni penyusunan jadwal kegiatan, menentukan struktur organisasi, menentukan spesifikasi pekerjaan, menetapkan fasilitas fisik, merencanakan metoda pendekatan pasar, menyiapkan anggaran, mencari sumber dana & melaksanakan bisnis ternak jangkrik.
  1. Penyiapan Sarana & Perlengkapan
    Lantaran jangkrik biasa melakukan kegiatan diwaktu malam hari, maka sangkar jangkrik jangan diletakkan dibawah sinar matahari, jadi letakkan ditempat yang teduh & gelap. Sebaiknya dihindarkan dari lantas lalang orang lewat berlebi lagi utk sangkar peneluran. utk melindungi kondisi sangkar yang mendekati habitatnya, maka dinding sangkar diolesi yang dengannya lumpur sawah & diberikan daun-daun kering semisal daun pisang, daun timbul, daun sukun & daun-daun lain-lainnya utk tempat persembunyian disamping utk menghindari dari sifat kanibalisme dari jangkrik. Dinding atas sangkar bagian dlm sebaiknya dilapisi lakban keliling supaya jangkriktidak merayap naik hingga keluar sangkar. Disalah satu sisi dinding sangkar dibuat lubang yang ditutup kasa utk memberikan sirkulasi udara yang baik & utk melindungi kelembapan sangkar. utk ukuran kotak pemeliharaan jangkrik,tak ada ukuran yang baku. yang penting sesuai yang dengannya kebutuhan utk jumlah populasi jangkrik tiap sangkar.
    Pendapat dari hasil pemantauan dilapangan & pengalaman. peternak, bentuk sangkar umumnya berbentuk persegi panjang yang dengannya ketinggian 30-50 cm, lebar 60-100 cm sedangkan panjangnya 120-200 cm. Kotak (sangkar) dpt dibuat dari kayu yang dengannya rangka kaso, akan tetapi utk mengirit biaya, maka dinding sangkar dpt dibuat dari triplek. Sangkar umumnya dibuat bersusun, & sangkar paling bawah memiliki minimal empat kaki penyangga. utk menghindari gangguan binatang semisal semut, tikus, cecak & serangga lain-lainnya, maka keempat kaki sangkar dialasi mangkuk yang berisi air, minyak tanah ataupun pula vaseline (gemuk) yang dilumurkan ditiap kaki penyangga.
  2. Pembibitan
    1. 1) Pemilihan Bibit & Calon Induk
      Bibit yang dibutuhkan utk dibesarkan haruslah yang sehat,tak sakit,tak cacat (sungut ataupun kaki patah) & umurnya sekitar 10-20 hari. Calon induk jangkrik yang baik merupakan jangkrik-jangkrik yang berasal dari tangkapan alam bebas, lantaran umumnya mempunyai ketahanan tubuh yang lebih baik. Kalaupun induk betinatidak dpt dari hasil tangkapan alam bebas, maka induk dpt dibeli dari peternakan. Sedangkan induk jantan diusahakan dari alam bebas, lantaran lebih proaktif.
      Adapun ciri-ciri indukan, induk betina, & induk jantan yang baik merupakan menjadi berikut:
      1. Indukan:
  • sungutnya (antena) masih panjang & lengkap.
  • kedua kaki belakangnya masih lengkap.
  • mampu melompat yang dengannya tangkas, gesit & kelihatan sehat.
  • badan & bulu jangkrik berwarna hitam mengkilap.
  • pilihlah induk yang besar.
  • dangan memilih jangkrik yang mengeluarkan zat cair dari mulut & duburnya andaikan dipegang.
  • Induk jantan:
    • selalu mengeluarkan bunyi mengerik.
    • permukaan sayap ataupun punggung kasar & bergelombang.
    • tak memiliki ovipositor di ekor.
    • Induk betina:
    • tak mengerik.
    • permukaan punggung ataupun sayap halus.
    • ada ovipositor dibawah ekor utk mengeluarkan telur.
  • Perawatan Bibit & Calon Induk
  • Perawatan jangkrik yang sdh dikeluarkan dari kotak penetasan berumur 10 hari Perlu benar-benar diperhatikan & dikontrol makanannya, lantaran pertumbuhannya Amat pesat. Menjadikan kalau makanannya tidak lebih, maka anakan jangkrik akan menjadi kanibal memakan anakan yang lemah. Selain itu butuh pula dikontrol kelembapan udara dan binatang pengganggu, yakni, semut, tikus, cicak, kecoa & laba-laba. utk mengurangi sifat kanibal dari jangkrik, maka makanan jangan hingga tidak lebih. Makanan yang biasa diberikan antara lain ubi, singkong, sayuran & dedaunan dan diberikan bergantian sehari-hari.
      1. System Pemuliabiakan
    Hingga tatkala ini pembiakan Jangkrik yang dikenal merupakan yang dengannya mengawinkan induk jantan & induk betina, sedangkan utk bertelur ada yang alami & ada pula yang dengannya tatacara caesar. Akan tetapi risiko yang dengannya tatacara caesar induk betinanya besar kemungkinannya mati & telur yang diperolehtidak merata tuanya menjadikan daya tetasnya rendah.
      1. Reproduksi & Perkawinan
    Induk dpt memproduksi telur yang daya tetasnya tinggi ± 80-90 % andaikan diberikan makanan yang bergizi tinggi. Setiap peternak memiliki ramuan-ramuan yang khusus diberikan pada induk jangkrik antara lain: bekatul jagung, ketan item, tepung ikan, kuning telur bebek, kalk & kadang-kadang ditambah yang dengannya vitamin.Disamping itu suasana sangkar Perlu mirip yang dengannya tempat asli alam bebas, dinding sangkar diolesi tanah liat, semen putih & lem kayu, & diberi daun-daunan kering semisal daun pisang, daun jati, daun tebu & serutan kayu.Jangkrik umumnya meletakkan telurnya dipasir ataupun tanah. Jadi didalam sangkar khusus peneluran disiapkan media pasir yang dimasukkan dipiring kecil. Perbandingan antara betina & jantan 10 : 2, supaya didapat telur yang daya tetasnya tinggi. Andaikan jangkrik sdh selesai bertelur sekitar 5 hari, maka telur dijauhkan dari induknya agartidak dimakan induknya lantas sangkar bagiab dlm disemprot yang dengannya larutan antibiotik (cotrymoxale).Selain peneluran secara alami, dpt pula di lakukan peneluran secara caesar. Namun kekurangannya adalah telurtidak merata matangnya (daya tetas).
      1. Proses kelahiran
    Sebelum penetasan telur sebaiknya berlebi dahulu disiapkan sangkar yang permukaan dlm sangkar dilapisi yang dengannya pasir, sekam ataupun handuk yang lembut. dlm satu sangkar cukup dimasukkan 1-2 sendok teh telur dimana satu sendok teh telur diperkirakan berkisar antara 1.500-2.000 butir telur. Selama proses ini berlangsung warna telur akan berganti warna dari bening hingga kelihatan keruh. Kelembaban telur Perlu di awasi yang dengannya menyemprot telur sehari-hari & telur Perlu dibulak-balik supaya jangan hingga berjamur. Telur akan menetas merata sekitar 4-6 hari.
    1. Pemeliharaan
      1. Sanitasi & Tindakan Preventif
    Semisal sudah dijelaskan diatas bahwasanya dlm pengelolaan peternakan jangkrik ini sanitasi adalah masalah yang Amat penting. utk menghindari adanya zat-zat ataupun racun yang terdapat pada bahan sangkar, maka sebelum jangkrik dimasukkan kedalam sangkar, ada baiknya sangkar dibersihkan berlebi dahulu & diolesi lumpur sawah. utk mencegah gangguan hama, maka sangkar diberi kaki & setiap kaki masing-masing dimasukkan kedalam kaleng yang berisi air.
      1. Pengontrolan Penyakit
    Bagi atau bisa juga dikatakan untuk pembesaran jangkrikn dipilih jangkrik yang sehat & dijauhkan dari yang sakit. Pakan ternak Perlu di awasi supaya jangan hingga ada yang berjamur lantaran dpt menjadi sarang penyakit. Sangkar di awasi supaya tetap lembab namun tak basah, lantaran sangkar yang basah pula dpt memicu timbulnya penyakit.
      1. Perawatan Ternak
    Perawatan jangkrik disamping kondisi sangkar yang Perlu diusahakan percis yang dengannya tempat asli aslinya, yakni lembab & gelap, maka yangtidak kalah pentingnya merupakan gizi yang cukup agartidak saling makan (kanibal).
      1. Pemberian Pakan
    Anakan umur 1-10 hari diberikan Voor (makanan ayam) yang dibuat dari kacang kedelai, beras merah & jagung kering yang dihaluskan. Sesudah vase ini, anakan dpt mulai diberi pakan sayur-sayuran disamping jagung muda & gambas. Sedangkan utk jangkrik yang tengah dijodohkan, diberi pakan antara lain : sawi, wortel, jagung muda, kacang tanah, daun singkong dan ketimun lantaran kandungan airnya tinggi. Malah ada pula yang menambah pakan utk ternak yang dijodohkan anatar lain : bekatul jagung, tepung ikan, ketan hitam, kuning telur bebek, kalk & beberapa vitamin yang dihaluskan & dicampur menjadi satu.
      1. Pemeliharaan Sangkar
    Air dlm kaleng yang terdapat dikaki sangkar, diganti setiap 2 hari sekali & kelembapan sangkar Perlu diperhatikan dan diusahakan supaya bahaya jangan hingga masuk kedalam sangkar.
    7. HAMA & PENYAKIT
    1. Penyakit, Hama & Penyebabnya
    Hingga saat ini belum didapati penyakit yang serius menyerang jangkrik. Umumnya penyakit itu timbul lantaran jamur yang menempel di daun. Sedangkan hama yang Suka mengganggu jangkrik merupakan semut ataupun serangga kecil, tikus, cicak, katak & ular.
    1. Pencegahan Serangan Hama & Penyakit
    Bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghindari infeksi oleh jamur, maka makanan & daun tempat berlindung yang tercemar jamur Perlu dibuang. Hama pengganggu jangkrik dpt diatasi yang dengannya membuat yang dengannya membuat kaleng yang berisi air, minyak tanah ataupun mengoleskan gemuk pada kaki sangkar.
    1. Pemberian Vaksinasi & Obat
    Bagi atau bisa juga dikatakan untuk tatkala ini lantaran hama & penyakit dpt diatasi secara prefentif, maka penyakit jangkrik dpt ditekan seminimum barangkali. Jadi pemberian obat & vaksinasitidak dibutuhkan.
    8. PANEN
    1. Hasil Utama
    Peternak jangkrik dpt mendapatkan 2 (dua) hasil utama yang nilai ekonomisnya percis besar, yakni: telur yang dpt dijual utk peternak lain-lainnya & jangkrik dewasa utk pakan burung & ikan dan utk tepung jangkrik.
    1. Penangkapan
    Telur yang sdh diletakkan oleh induknya pada media pasir ataupun tanah, disaring & ditempatkan pada media kain yang basah. utk setiap lipatan kain basah dpt ditempatkan 1 sendok teh telur yang lantas utk diperjual belikan. Sedangkan utk jangkrik dewasa umur 40-55 hari ataupun 55-70 hari dimana tubuhnya baru mulai tumbuh sayap, ditangkap yang dengannya mempergunakan tangan & dimasukkan ketempat penampungan utk dijual.
    Jenis Jenis Vitamin Burung Berkicau, Tatacara Ternak Burung Kacer, Tatacara Ternak Burung Kenari, Tatacara Budidaya Jangkrik, Tatacara Ternak Belut,
    sumber : http://budidaya-petani.blogspot.com

    Sumber rujukan dan gambar : http://www.nangimam.com/2013/09/cara-budidaya-jangkrik-di-rumah.html.

    Seputar CARA BUDIDAYA JANGKRIK DI RUMAH

    Advertisement
     

    Cari Artikel Selain CARA BUDIDAYA JANGKRIK DI RUMAH