Manfaat kroto untuk pakan burung berkicau

- September 12, 2017

Manfaat kroto untuk pakan burung berkicau

 
Kroto adalah pakan tambahan / extra fooding (EF) yng punya tidak sedikit manfaat untuk banyak sekali jenis burung peliharaan, khususnya burung kicauan. Walau demikian, tidak sedikit kicaumania yng jarang mempergunakannya yang dengannya banyak sekali alasan.
Manfaat kroto untuk pakan burung berkicau
Kroto adalah sebutan yng dipakai untuk penyebutan telur serta larva semut, lebih-lebih jenis semut rangrang / weaver ant (Oecophylla longinoda). Telur-telur yang telah di sebutkan diperoleh oleh ratu semut serta disimpan secara aman oleh para semut pekerja dalam sarangnya yng berbentuk gulungan dedaunan.
Didasari hasil penelitian, setiap 100 gram kroto mempunyai kandungan protein sekitar 8,2 gram. Namun kandungan lemak serta kalorinya lebih rendah (2,6 gram) daripada telur ayam (11,7 gram), menjadikan relatif tak memicu obesitas ataupun kegemukan.
Selain itu, kroto pula tidak sedikit memiliki kandungan beberapa mineral penting semisal kalsium, zat besi, sodium, potassium, dan vitamin B1, B2, serta niacin.
Sebetulnya kroto mampu diberikan kepada hampir seluruh jenis burung kicauan, salah satunya kenari serta finch. Kroto pula bisa dikonsumsi untuk burung indukan, burung rumahan, burung lomba, malah anakan / piyikan sampai-sampai trotolan.
Yang akan di sajikan kali ini manfaat lain dari kroto untuk burung kicauan yng barangkali belum Kamu ketahui selama ini:
  1. Pemberian kroto bisa membantu melindungi kondisi burung kicauan supaya tetap bugar, fit, serta rajin bunyi.
  2. Pada burung yng masih muda / trotolan, apalagi masih dalam tahap pemasteran, pemberian kroto Amat berguna serta membantu perkembangan otak, menjadikan burung lebih cepat merekam serta menguasai lagu-lagu masterannya. Lantaran itulah, kroto tak mampu dilepaskan dalam perawatan hariannya.
  3. Bagi burung dewasa yng mengalami macet bunyi, stres, serta selalu terlihat lesu, ditandai yang dengannya bulu–bulu yng mengembang, pemberian kroto secara rutin sehari-hari mampu membantu mengatasi masalah yang telah di sebutkan.
  4. Bagi kicaumania yng telah berpengalaman, kroto pula mampu menjadi obat yng tepat dalam mengatasi aneka masalah yng dihadapi oleh burung piaraannya.

Pemberian kroto secara rutin sehari-hari, dan yang dengannya takaran yng tepat, tak akan mengganggu penampilan serta kondisi burung. Yng penting jangan terlalu berlebihan.
Beberapa kicaumania memberikannya yang dengannya porsi 10 butir, akan tetapi ada pula yng menyediakannya dalam jumlah 1 sendok teh. Seluruh ini mesti disesuaikan yang dengannya karakter masing-masing burung.
Sesudah mengetahui manfaat lain kroto untuk burung kicauan, Om Kicau ingin membagikan cara aman dalam memberikan kroto untuk burung kicauan di rumah:
  • Pilihlah kroto yng masih segar, bersih, serta tak berbau (tak basi). Andai nekat memberikan kroto basi serta berbau, maka burung berisiko mengalami gangguan pencernaan.
  • Berikan kroto yng masih berbentuk kapsul serta larva. Bersihkan berlebi dulu mempergunakan saringan untuk membuang kotoran yng barangkali masih menempel.
  • Andai kroto disimpan dalam lemari pendingin / kulkas, maka sebelum diberikan kepada burung sebaiknya kroto dihangatkan dulu. Yang dengannya demikian, kroto menjadi lebih segar serta tak gampang berantakan ataupun acak-acakan disaat dikonsumsi burung.
  • Untuk jenis burung yng irit kroto, maka untuk mempertahankan kondisi kroto dalam sangkar, mampu dicampur yang dengannya voer halus, tepung kedelai, ataupun tepung jangkrik.
  • Suka dijumpai burung mengacak-acak voer. Hal ini umumnya berlangsung akibat seringnya kroto diberikan yang dengannya tatacara dituang dalam cepuk voer. Untuk menghindari hal yang telah di sebutkan, sebaiknya kroto dimasukkan dalam cepuk terpisah, yang dengannya porsi 1 sendok teh yng diberikan setiap pagi hari, tepatnya seusai burung dimandikan.
Butuh diketahui, kroto tidak sedikit memiliki kandungan air, menjadikan tak tahan lama atau juga gampang basi. Untuk melindungi agar bisa kroto lebih tahan lama, silakan buka kembali tulisan atau artikel Empat tatacara dalam mengawetkan kroto.
Itulah beberapa manfaat lain dari kroto yng belum tidak sedikit diketahui sobat kicaumania, lebih-lebih bagi orang-orang yng menginginkan burung kicauannya tetap bugar serta rajin berkicau.
Mudah-mudahan berguna.

Sumber rujukan dan gambar : http://duniacaraternak.blogspot.com/2016/10/manfaat-kroto-untuk-pakan-burung-berkicau.html.

Seputar Manfaat kroto untuk pakan burung berkicau

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Manfaat kroto untuk pakan burung berkicau