CARA BETERNAK BELUT DI DALAM DRUM BEKAS

- April 10, 2018

CARA BETERNAK BELUT DI DALAM DRUM BEKAS

 
Belut merupakan sejenis ikan yng bentuknya hampir percis yang dengannya ular, akan tetapi kandungan gizi dalam belut Amat ramai sekali. belut mampu di olah menjadi makanan-makanan yng lezat, mulai dari belut goreng, sambal belut, sayur belut, serta masih tidak sedikit jenis masakan belut lainya. Belut ini gampang bagi atau bisa juga dikatakan untuk di ternak di rumah-rumah ataupun di cari di persawahan di galengan-galengan sawah, bagi atau bisa juga dikatakan untuk beternak belut di rumah kita mampu mempergunakan Drum.

CARA BETERNAK BELUT DI DALAM DRUM BEKAS

Pendapat dari Ruslan, Tips Budidaya Belut akan cepat besar andai medianya cocok. Media yng dipakai ayah dari 3 anak itu terdiri dari lumpur kering, kompos, jerami padi, pupuk TSP, serta mikroorganisme stater. Peletakkannya diatur: bagian dasar kolam dilapisi jerami setebal 50 cm. Di atas jerami disiramkan 1 liter mikroorganisma stater. Selanjutnya kompos setinggi 5 cm. Media teratas merupakan lumpur kering setinggi 25 cm yng telah dicampur pupuk TSP sebanyk 5 kg.
Lantaran belut tetap memerlukan air menjadi tempat asli hidupnya, kolam diberi air hingga ketinggian 15 cm dari media teratas. Jangan tidak ingat tanami eceng gondok menjadi tempat bersembunyi belut. Eceng gondok Perlu menutupi ¾ besar kolam, ujar peraih gelar Master of Management dari Philipine University itu.
Bibit belut tak serta-merta dimasukkan. Media dalam kolam butuh didiamkan selama 2 minggu supaya berlangsung fermentasi. Media yng telah terfermentasi akan menyediakan sumber pakan alami semisal jentik nyamuk, zooplankton, cacing, serta jasad-jasad renik. Seusai itu baru bibit dimasukkan.
Didasari pengalaman Ruslan, sifat kanibalisme yng dimiliki Monopterus albus itu tak berlangsung selama pembesaran. Asal, pakan tersedia dalam jumlah cukup. Tatkala masih anakan belut tak akan saling mengganggu. Sifat kanibal muncul tatkala belut berumur 10 bulan, ujarnya. Karena itu tak butuh khawatir memasukkan bibit dalam jumlah besar sampai-sampai ribuan ekor. Dalam 1 kolam berukuran 5 m x 5 m x 1 m, saya bisa memasukkan sampai-sampai 9.400 bibit, ujarnya.
Pakan yng diberikan Perlu segar serta hidup, semisal ikan cetol, ikan impun, bibit ikan mas, cacing tanah, belatung, serta bekicot. Pakan diberikan minimal sehari sekali di atas pukul 17.00. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk menambah nafsu makan bisa diberi temulawak Curcuma xanthorhiza. Sekitar 200 g temulawak ditumbuk lantas direbus yang dengannya 1 liter air. Seusai dingin, air rebusan dituang ke kolam pembesaran. Pilih tempat yng umumnya belut bersembunyi, ujar Ruslan.
Pelet ikan bisa diberikan menjadi pakan selingan bagi atau bisa juga dikatakan untuk memacu pertumbuhan. Pemberiannya ditaburkan ke seluruh area kolam. Tidak hingga beberapa menit umumnya anakan belut segera menyantapnya. Pelet diberikan maksimal 3 kali seminggu. Dosisnya 5% dari bobot bibit yng ditebar. Andai bibit yng ditebar 40 kg, pelet yng diberikan sekitar 2 kg.

HUJAN BUATAN


Selain pakan, yng butuh diperhatikan kualitas air. Bibit belut menyukai pH 5-7. Selama pembesaran, perubahan air menjadi basa Suka berlangsung di kolam. Air basa akan tampak merah kecokelatan. Penyebabnya antara lain tingginya kadar amonia seiring bertumpuknya sisa-sisa pakan serta dekomposisi hasil metabolisme. Belut yng hidup dalam kondisi itu akan cepat mati, ujar Son Son. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengatasinya, pH air butuh rutin diukur. Andai berlangsung perubahan, segera kasih penetralisir.
Kehadiran hama semisal burung belibis, bebek, serta berang-berang butuh diwaspadai. Orang-orang umumnya spontan masuk andai kondisi kolam dibiarkan tidak terawat. Kehadiran orang-orang sedikit-banyak turut mendongkrak naiknya pH lantaran kotoran yng dibuangnya. Hama mampu dihilangkan yang dengannya membuat kondisi kolam rapi serta pengontrolan rutin sehari sekali, tutur Ruslan.
Suhu air pun butuh di awasi supaya tetap pada kisaran 26-28oC. Peternak di daerah panas bersuhu 29-32oC, semisal Jakarta, Depok, Tangerang, serta Bekasi, butuh hujan buatan bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperoleh suhu yng ideal. Son Son mempergunakan shading net serta hujan buatan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mampu mendapatkan suhu 26oC. Bila terpenuhi pertumbuhan belut bisa maksimal, ujar alumnus Institut Teknologi Indonesia itu.
Shading net dipasang di atas kolam supaya intensitas cahaya matahari yng masuk berkurang. Selanjutnya 3 saluran selang dipasang di tepi kolam bagi atau bisa juga dikatakan untuk menciptakan hujan buatan. Perlakuan itu bisa menyeimbangkan suhu kolam sekalian menambah ketersediaan oksigen terlarut. Ketidakseimbangan suhu memicu bibit cepat mati, ucap Son Son.
Hal senada diamini Ruslan. Andai tak mampu membuat hujan buatan, bisa diganti yang dengannya menanam eceng gondok di seluruh permukaan kolam, ujar Ruslan. Yang dengannya tips itu bibit belut tumbuh cepat, cuma dalam tempo 4 bulan telah siap panen.

Analisis Bisnis Budidaya Belut di Dalam Tong ataupun Drum

Asumsi Budidaya Belut
  1. Tong ataupun drum yng dipakai bervolume 200 liter sebanyk 20 buah.
  2. Lama setiap periode pemeliharaan 4 bulan. Akan tetapi, tak menutup mungkin andai periode pemeliharaan mampu lebih cepat menjadi 3 bulan.
  3. Tong ataupun deum bisa dipakai selama 4 tahun (12 Periode pemeliharaan)
  4. Cat Minyak, Pipa PVC serta perlengkapan pendukung bisa dipakai selama 4 tahun
  5. Padat tebar bibit 2 kg per drum, mempergunakan bibit berjumlah 80-100 ekor per kg. Jadi kepadatan maksimal tong 200 ekor bibit.
  6. Kegiatan budi daya di lakukan sendiri oleh pembudidaya, cuma proses penyiapan tong serta pembuatan media yng mempergunakan tenaga kerja borongan.
  7. Media yng dipakai merupakan campuran tanah yng dimatangkan yang dengannya media instan bokashi.
  8. Pakan utama yng dibudidayakan sendiri, menjadikan menekan biaya pakan.



sumber : http://sabarudinachmad.blogspot.com

Sumber rujukan dan gambar : http://www.nangimam.com/2013/09/cara-beternak-belut-di-dalam-drum-bekas.html.

Seputar CARA BETERNAK BELUT DI DALAM DRUM BEKAS

Advertisement
 

Cari Artikel Selain CARA BETERNAK BELUT DI DALAM DRUM BEKAS