KANDUNGAN ILMIAH DAN MANFAAT MINYAK ZAITUN

- April 03, 2018

KANDUNGAN ILMIAH DAN MANFAAT MINYAK ZAITUN

 
Kandungan ilmiah serta manfaat minyak zaitun - Barangkali kamu telah tak asing lagi yang dengannya minyak zaitun, khasiat serta manfaatnya bagi atau bisa juga dikatakan untuk kecantikan telah Amat terkenal, namun tahukah kamu ihwal manfaat lain dari minyak zaitun??????Mungkin besar pula orang-orang belum tidak sedikit yng tahu semisal apa sih pohon minyak zaitun, tenang saja......dalam tulisan atau artikel ini saya akan memaparkan ihwal kandungan ilmiah serta manfaat minyak zaitun. Ohya sahabat tanaman zaitun mempunyai ciri-ciri diantaranya, yakni: tumbuh menjadi perdu memiliki bunga berbentuk lonceng, daun tunggal yang dengannya kedudukan berhadapan tanpa daun penumpu, bunga banci ataupun berkelamin tunggal serta buah menumpang buahnya berupa buah batu yang dengannya biji mempunyai endosperma.

Penjabaran Tanaman Zaitun

  • Kingdom : Plantae
  • Divisio : Spermatophyta
  • Subdivisio : Angiospermae
  • Classis : Dicotyledonae
  • Subclassis : Dialypetalae
  • Ordo : Lamiales
  • Familia : Oleaceae
  • Genus : Olea
  • Species : Olea europaea

Kandungan Ilmiah Minyak Zaitun

  1. Squalene
    Di antara minyak nabati lain-lainnya, minyak zaitun mempunyai kadar squalene paling tinggi. Squalene merupakan cairan eter organik yng berguna sekali bagi system imun kita-kita. Squalene dipakai menjadi bahan baku insulin bagi penderita diabetes.
  2. Zat besiMeskipun kandungan zat besi yng dimiliki minyak zaitun tak tinggi, akan tetapi bisa dicampurkan ke dalam sayuran ataupun makanan yng kaya zat besi misalnya salad sayuran berdaun hijau serta paprika, kacang-kacangan, telur, biji-bijian, kismis, daging merah serta lain-lain. Jangan tidak ingat bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengkonsumsi buah-buahan serta sayuran yng memiliki kandungan vitamin C bagi atau bisa juga dikatakan untuk membantu penyerapan zat besi di dalam tubuh.
  3. KalsiumSama semisal kandungan zat besi, kadar kalsium dalam minyak zaitun pula tak besar. Kamu bisa mencampurnya dalam makanan serta minuman sumber kalsium. Kalsium penting bagi atau bisa juga dikatakan untuk pembentukan serta pemeliharaan tulang serta gigi, mencegah tulang keropos serta gampang tulang patah, bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyimpan glikogen supaya tubuh tak terasa lapar serta membantu kelancaran kinerja system otot, syaraf serta otak.
  4. PotassiumKandungan minyak zaitun lain merupakan potassium dalam jumlah yng tidak banyak. Manfaat potassium merupakan bagi atau bisa juga dikatakan untuk melindungi supaya tekanan darah tetap normal, bagi atau bisa juga dikatakan untuk merubah gula menjadi energi serta membantu mengeluarkan sodium dari dalam tubuh.
  5. PolifenolKandungan minyak zaitun yng mempunyai kadar tinggi merupakan zat antioksidan bernama polifenol. Minyak zaitun yng memiliki kandungan polifenol dalam kadar yng tinggi umumnya akan mengalami perubahan rasa, menjadi lebih pahit, tajam serta keras.

Minyak zaitun punya beberapa jenis di pasaran. Bisanya ada 3 jenis, yakni :
  1. Minyak Zaitun SulinganMinyak zaitun yng jenis pertma merupakan sulingan. Jenis ini adalah jenis minyak zaitun yng mengalami proses penyulingan lanjutan, seusai proses pertama. Warna-nya kekuningan serta cocok dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk menumis. Jenis ini manfaat minyak zaitun nya telah Amat berkurang lantaran telah melewati beberapa tahap penyulingan.
  2. Minyak Zaitun Murni (Pure) Satu dari sekian banyaknya tanda Minyak zaitun yng murni umumnya berwarna hijau kekuningan. Manfaat minyak zaitun jenis murni ini yng paling baik merupakan bagi atau bisa juga dikatakan untuk masak yang dengannya pemanasan yng tak terlalu lama. Jenis minyak zaitun murni merupakan hasil proses lanjutan dari jenis yng extra virgin. Harga pasaran umumnya lebih rendah dari jenis sulingan serta extra virgin.
  3. Minyak Zaitun Extra Virgin Tanda jenis extra virgin : kehijauan, mempunyai rasa serta aroma yng lebih tajam. Minyak ini Amat tak disarankan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menumis ataupun menggoreng lantaran kadar minyaknya yng rendah. Tatacara mengambil manfaat minyak zaitun jenis extra virgin merupakan langsung dikonsumsi.

Manfaat Minyak Zaitun bagi atau bisa juga dikatakan untuk Kecantikan

  1. Mempercantik serta melangsingkan tubuhHasil riset yng dimuat di The British Journal of Nutrition menyebutkan, penggunaan minyak zaitun bagi atau bisa juga dikatakan untuk menggantikan minyak jenuh selama empat minggu, tanpa merubah pola makan, bisa atau mampu mengurangi berat badan sampai-sampai 2-3 kg. Penelitian lain menyebutkan, minyak zaitun bisa memecah sel adiposit penyebab obesitas. Extra virgin olive oil direkomendasikan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menggantikan diet minyak lemak jenuh yng Suka dikonsumsi.
  2. Melindungi kebugaran atau kesehatan kulitSelain menjadi antikanker, minyak zaitun pula memiliki kandungan tidak sedikit vitamin E yng Amat bermanfaat bagi atau bisa juga dikatakan untuk melindungi elastisitas kulit. Yang dengannya mengonsumsi minyak zaitun, secara tak langsung kulit akan terasa lebih kencang, halus, serta sehat.
  3. Merawat KulitDi samping itu, minyak zaitun pula bermanfaat bagi atau bisa juga dikatakan untuk melembapkan kulit kering tatkala dipakai menjadi masker. Manfaat lain yakni bisa menjaga kulit dari pengaruh tidak baik sinar matahari andai dioleskan.
  4. Mengatasi Wajah BerminyakAmbil tidak banyak bubuk cendana serta tambahkan beberapa tetes minyak zaitun. Campur serta oleskan pada masker wajah serta biarkan selama 7-10 menit. Bilas yang dengannya air dingin. Ini merupakan resep minyak zaitun yng ideal bagi atau bisa juga dikatakan untuk kulit berminyak.
  5. Menghilang-kan flek di wajahOleskan minyak zaitun pada wajah serta leher. Biarkan selama 4-5 menit serta lantas uapkan. Hal ini akan membuka pori-pori kulit serta membersihkan kulit secara alami. Hal ini pula efektif bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyingkirkan flek matahari yng terdapat pada kulit wajah.
  6. Manfaat Minyak Zaitun bagi atau bisa juga dikatakan untuk RambutMinyak zaitun yng kaya vitamin E ini berguna bagi atau bisa juga dikatakan untuk memelihara serta membuat rambut berkilau. Kamu pun bisa melakukan perawatan yang dengannya mempergunakan minyak zaitun di rumah.
  7. Perawatan RambutCampurkan minyak zaitun serta madu dalam jumlah yng percis ke dalam mangkuk. Oleskan ke rambut Kamu dari akar sampai-sampai ke ujung rambut. Gulung serta tutup rambut yang dengannya kain, handuk, ataupun shower cap. Diamkan selama 10 menit, bilas yang dengannya air.
  8. Mengembangkan rambutKocok dua butir telur serta secangkir penuh minyak zaintun selama dua menit ataupun lebih sampai-sampai lembut. Oleskan dari akar sampai-sampai ujung rambut. Diamkan sekitar 10 menit serta cuci. Rambut Kamu akan bervolume, mengembang, serta berkilau.
  9. Merawat rambut rusakTambahkan kelopak bunga mawar ataupun ektrak melati dalam minyak zaitun. Simpen dalam botol tertutup selama sedikitnya 24 jam. Usapkan rambut Kamu yang dengannya air panas bagi atau bisa juga dikatakan untuk membuka pori-pori kulit kepala. Oleskan minyak zaitun ke kulit kepala, pijat selama beberap menit.
  10. Memanjangkan rambutJika Kamu ingin memiliki rambut panjang yng indah, haluskan biji lemon serta lada, lantas campurkan dua sendok makan minyak zaitun. Oleskan pada kulit kepala. Biarkan selama 20 menit serta cuci yang dengannya sampo.

Manfaat Minyak Zaitun bagi atau bisa juga dikatakan untuk Kebugaran atau kesehatan

  1. Mengurangi risiko penyakit jantungMinyak zaitun terbukti memperlancar peredaran darah, menurunkan tekanan darah, serta mengatur kolesterol yang dengannya tips menekan jenis kolesterol jahat serta mempertahankan yng baik - melindungi kebugaran atau kesehatan jantung serta mencegah stroke sudah terbukti secara ilmiah. Sebuah studi menyebutkan, pasien berusia 64-71 tahun menunjukan penurunan total kolesterol seusai diberi dua sendok makan minyak zaitun sehari-hari.
  2. Mencegah kankerPara peneliti di Copenhagen University Hospital di Denmark menjumpai bahwasanya minyak zaitun mereduksi kerusakan sel yng menimbulkan pertumbuhan kanker.
  3. Mengusir nyeri sendiMinyak zaitun mendorong produksi zat prostaglandin, suatu zat pencegah pembengkakan serta nyeri.
  4. Menangkal osteoporosisBerdasarkan publikasi dalam The British Journal of Nutrition, minyak zaitun membantu mencegah osteoporosis, walaupun tak memulihkan berat tulang yng hilang seluruhnya.
  5. Menurunkan kadar gula darahKarena bisa memangkas kolesterol jahat, otomatis akan membantu menurunkan risiko berkembangnya penyakit gula serta menurunkan tingkat gula dalam darah.
  6. Menangkal radikal bebasMinyak zaitun memiliki kandungan aktioksidan-polifenol. Zat ini bisa membantu tubuh dalam detoksifitkasi molekul yng tak seimbang menjadikan ampuh dalam menangkal radikal bebas.


Sumber rujukan dan gambar : http://www.nangimam.com/2014/02/-KANDUNGAN-ILMIAH-DAN-MANFAAT-MINYAK-ZAITUN.html.

Seputar KANDUNGAN ILMIAH DAN MANFAAT MINYAK ZAITUN

Advertisement
 

Cari Artikel Selain KANDUNGAN ILMIAH DAN MANFAAT MINYAK ZAITUN