KANDUNGAN DAN MANFAAT PETE

- Desember 30, 2017

KANDUNGAN DAN MANFAAT PETE

 
Pete - Siapa yng tak kenal yang dengannya lalapan satu ini, pete merupakan pohon tahunan tropika dari suku polong-polongan (Fabaceae), anak-suku petai-petaian (Mimosoidae). Tumbuhan ini tersebar luas di Nusantara bagian barat. Bijinya, yng disebut "petai" pula, dikonsumsi disaat masih muda, baik segar ataupun direbus. Pohon petai menahun, tinggi bisa mencapai 20m serta tidak lebih bercabang. Daunnya majemuk, tersusun sejajar. Bunga majemuk, tersusun dalam bongkol (khas Mimosoidae). Bunga muncul umumnya di dekat ujung ranting. Buahnya besar, memanjang, betipe buah polong. Dari satu bongkol bisa didapati hingga belasan buah. Dalam satu buah terdapat sampai-sampai 20 biji, yng berwarna hijau disaat muda serta terbalut oleh selaput agak tebal berwarna coklat terang. Buah petai akan mengering andai masak serta melepaskan biji-bijinya.

Penjabaran Buah Pete

  • Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
  • Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
  • Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
  • Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
  • Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
  • Sub Kelas: Rosidae
  • Ordo: Fabales
  • Famili: Fabaceae (suku polong-polongan)
  • Genus: Parkia
  • Spesies: Parkia speciosa Hassk.

Kandungan Ilmiah Pete

Petai memiliki kandungan asam dikrostasinik, asam jengkolik serta asam thiozolidine-4-karboksilik. Kandungan asam thiozolidine-4-karboksilik terbukti secara eksperimental serta klinis menjadi agen anti kanker. Secara gizi, kandungan petai sebanding yang dengannya kedelai, baik dalam kandungan mineral, vitamin, protein, lemak serta antinutrisi. Komponen petai yng gampang menguap merupakan 1,2,4-trithiolane, 1,3,5-trithiane serta 3,5-dimetil-1,2,4-tritiolane. Hidrogen sulfida serta etanol pula didapati dalam ruang pembungkus biji petai. Komponen-komponen ini dia yng memicu bau khas yang telah di sebutkan.Ilustrasi Buah Pete

Manfaat Pete bagi atau bisa juga dikatakan untuk Kebugaran atau kesehatan

  1. Depresi
    Pendapat dari survei yng di lakukan oleh MIND diantara pasien penderita depresi, tidak sedikit orang terasa lebih baik seusai makan pete. Hal ini berlangsung lantaran pete memiliki kandungan tryptophan, sejenis protein yng diubah tubuh menjadi serotonin. Ini dia yng akan membuat relax, memperbaiki mood serta secara umum membuat seseorang lebih bahagia.
  2. PMS (premenstrual syndrome)
    Andai mengalami PMS tatkala tamu datang, cukup atasi yang dengannya makan pete. Vitamin B6 yng dikandung pete mengatur kadar gula darah yng bisa membantu mood.
  3. Anemia
    Yang dengannya kandungan zat besi yng tinggi, pete bisa menstimulasi produksi sel darah merah serta membantu andaikan berlangsung anemia.
  4. Tekanan darah tinggi
    Buah tropis unik ini Amat tinggi kalium akan tetapi rendah garam, menjadikan Amat sempurna bagi atau bisa juga dikatakan untuk memerangi tekanan darah.
  5. Kemampuan otak
    Riset sudah memperlihatkan bahwasanya buah yang dengannya kandungan kalium tinggi bisa membantu belajar yang dengannya membantu siswa makin waspada.
  6. Sembelit
    Lantaran kandungan serat yng tinggi, maka pete akan mempermudah menormalkan kembali aksi pencernaan, membantu mengatasi permasalahan ini tanpa Perlu kembali ke laksativ.
  7. Obat mabuk
    Satu dari sekian banyaknya tatacara paling cepat bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyembuhkan “penyakit” mabuk merupakan milkshake pete, yng dimaniskan yang dengannya madu. Pete akan membantu menenangkan perut serta yang dengannya bantuan madu akan menaikan kadar gula darah yng jatuh. Sedangkan susu akan menenangkan serta kembali memperbaiki kadar cairan dalam tubuh.
  8. Kekenyangan
    Pete mempunyai efek antasid pada tubuh, menjadikan bila dada kamu terasa panas akibat kebanykan makan, cobalah makan pete bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengurangi sakitnya.
  9. Mual di pagi hari
    Makan pete diantara jam makan akan menolong mempertahankan kadar gula serta menghindari muntah.
  10. Gigitan nyamuk
    Sebelum kamu mencapai maupun meraih krim gigitan nyamuk, coba bagi atau bisa juga dikatakan untuk menggosok daerah yng di kenai gigitan yang dengannya bagian dalam kulit pete. Tidak sedikit orang sukses mengatasi rasa gatal serta bengkak yang dengannya tatacara ini.
  11. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk saraf
    Pete memiliki kandungan vitamin V dalam jumlah besar, menjadikan akan membantu menenangkan system saraf.
  12. Kegemukan
    Penelitian di Institute of Psychology Austria menjumpai bahwasanya tekanan pada tatkala kerja memicu orang Suka mencapai maupun meraih makanan yng menenangkan semisal coklat serta keripik. Yang dengannya melihat kepada 5.000 pasien di rumah sakit, peneliti menjumpai bahwasanya kebanykan orang mejadi gemuk lantaran tekanan kerja yng tinggi. Laporan memberikan kesimpulan bahwasanya, bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghindari nafsu memakan makanan lantaran panik, kita butuh mengendalikan kadar gula dalam darah yang dengannya ngemil makanan tinggi karbohidrat setiap dua jam bagi atau bisa juga dikatakan untuk mempertahankan kadarnya tetap.
  13. Luka lambung
    Pete dipakai menjadi makanan bagi atau bisa juga dikatakan untuk merawat pencernaan lantaran texturnya yng lembut serta halus. Buah ini merupakan satu-satunya buah mentah yng bisa dimakan tanpa memicu stress dalam beberapa kasus yng parah. Buah pete pula bisa atau mampu menetralkan asam lambung serta mengurangi iritasi yang dengannya melapisi permukaan dalam lambung.
  14. Mengatur suhu tubuh
    Tidak sedikit budaya lain yng melihat pete menjadi buah dingin yng bisa atau mampu menurunkan suhu tubuh serta emosi ibu yng menanti kelahiran anaknya.
  15. Seasonal Affective Disorder / SAD (penyakit emosional yng kacau)
    Pete bisa membantu penderitas SAD kerena memiliki kandungan pendorong mood alami, tryptophan.
  16. Merokok
    Pete bisa menolong orang yng ingin berhenti merokok. Vitamin B6 serta B12 yng dikandungnya, bersama yang dengannya kalium serta magnesium, membantu tubuh cepat sembuh dari efek penghentian nikotin
  17. Stress
    Kalium merupakan mineral penting, yng membantu bagi atau bisa juga dikatakan untuk menormalkan detak jantung, mengirim oksigen ke otak serta mengatur keseimbangan cairan tubuh.
    Disaat kita stress, kecepatan metabolisme kita akan meningkat, menjadikan akan mengurangi kadar kalium dalam tubuh. Hal ini bisa diseimbangkan lagi yang dengannya bantuan makan petai yng tinggi kalium.
  18. Stroke
    Pendapat dari riset dalam “The New England Journal of Medicine, ” makan pete menjadi bagian dari makanan sehari-hari akan menurunkan resiko kematian lantaran stroke hingga 40%.
  19. Obat Awet Muda
    Mungkin penyebabnya yaitu kandungan proteinnya bagi atau bisa juga dikatakan untuk regenerasi kulit. Malah dikabarkan pete Indonesia sebagian telah diekspor ke Jepang bagi atau bisa juga dikatakan untuk dijadikan satu dari sekian banyaknya bahan kosmetik


Sumber rujukan dan gambar : http://www.nangimam.com/2014/01/kandungan-dan-manfaat-pete.html.

Seputar KANDUNGAN DAN MANFAAT PETE

Advertisement
 

Cari Artikel Selain KANDUNGAN DAN MANFAAT PETE