cara ternak kacer kandang gantung

- April 12, 2018

cara ternak kacer kandang gantung

 
Jumlah peternak burung kacer di Indonesia belum sebanyk penangkar murai batu. Padahal breeding kacer serta murai batu mempunyai tingkat kesulitan yng hampir percis, lebih-lebih dalam proses penjodohan. Akan tetapi tak ada yng susah andai ditekuni sungguh-sungguh. Buktinya, Om Fandy (Pasuruan) berhasil beternak burung kacer walau cuma mempergunakan sangkar gantung.
cara ternak kacer kandang gantung
Om Fandy adalah salah seorang peternak burung kacer yng berhasil selama ini mempergunakan kandang breeding model aviary. Belakangan, dia berupaya beternak kacer model sangkar gantung, diluar dugaan lebih praktis, ekonomis, serta hemat tempat.
Beternak mempergunakan sangkar gantung mampu di lakukan bagi atau bisa juga dikatakan untuk banyak sekali jenis burung kicauan, tak terkecuali murai batu, lovebird, kenari, anis kembang, anis merah, serta sebagainya.
Fakta ini menepis anggapan bahwasanya burung cuma mampu diternak andaikan kandangnya didesain mirip yang dengannya suasana di tempat asli aslinya.
Mendesain kandang breeding yang dengannya suasana asri, alami, mirip tempat asli asli, tentu boleh-boleh saja. Akan tetapi keliru andaikan menganggap hal itu menjadi prasyarat utama kesuksesan dalam penangkaran burung kicauan.
Keuntungan beternak kacer mempergunakan sangkar gantung
beternak kacer mempergunakan sangkar gantung mempunyai beberapa keuntungan, antara lain menjadi berikut:
  1. Sepanjang kualitas indukan terjaga, apalagi dari trah juara, breeding kacer dalam sangkar gantung tetap mampu menghasilkan anakan kacer yng kelak mempunyai kualitas juga.
  2. Yang dengannya mengandalkan sangkar gantung, kacer mampu berjodoh yang dengannya hasil akhir punya anak-anak mempunyai kualitas.
  3. Breeding kacer di sangkar gantung lebih praktis, ekonomis,serta hemat tempat. Karena sangkar yng dipakai merupakan kandang breeding kenari (model battery) yang dengannya ukuran 50 x 50 x 50 cm3. Akan tetapi Kamu pula mampu membuat sendiri dari bahan kawat ataupun bambu, yang dengannya ukuran lebih besar lagi.
  4. Sangkar mampu dipindah-pindah sesuai yang dengannya keinginan peternak, ataupun disesuaikan yang dengannya kondisi di sekeliling kandang.
  5. Induk dalam sangkar gantung pula dijemur yang dengannya cara dipindah ke teras, menjadikan mampu merangsang birahi supaya segera melakukan perkawinan.
  6. Anakan yng baru menetas mampu dipantau setiap tatkala, karena sangkar gantung mampu dipindah / diputar-putar sesuai yang dengannya keinginan kita.
Dari banyak sekali keuntungan di atas, Om Kicau ingin menyoroti masalah penghematan lahan / tempat beternak. Karena masalah ini kerap menjadi kendala awal bagi sobat kicaumania yng ingin mengawali beternak burung.
Dalam kandang breeding konvensional, Kamu Perlu membangun kandang berukuran 1 x 1 m2, tinggi 1,5 – 2,0 meter. Andai ingin membuat lima petak kandang saja, tentu butuh lahan sepanjang 5 meter.
Andai mempergunakan sangkar gantung, lebih-lebih yang dengannya mempergunakan serta memanfaatkan kandang breeding kenari, kita cukup menyediakan 2 unit kandang battery ukuran 50 x 50 x 50 cm3, masing-masing ditempati calon induk jantan serta betina.
Dua kandang ini sama-sama digantung ataupun mampu pula ditempelkan pada dinding atas ruangan tempat beternak. Andai kedua induk telah berjodoh, burung jantan dipindah ke kandang betina, menjadikan mampu dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk calon indukan lain-lainnya.
Lantaran kandang breeding dalam posisi digantung ataupun ditempel di dinding atas, praktis ruangan yng ada di bawah sangkar masih mampu dimanfaatkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk banyak sekali keperluan, semisal menyimpan pakan hidup serta pakan kering (voer).
Yng butuh diperhatikan dalam beternak kacer model sangkar gantung merupakan pasangan induk kacer yng satu jangan hingga melihat pasangan induk kacer lain-lainnya. Kamu mampu mempergunakan penyekat, baik yng terbuat dari bahan kain ataupun tripleks.
Andai tak saling melihat, walau mampu mendengar bunyi burung kacer lain, maka pasangan yng ada di dalam sangkar gantung tetap mampu fokus menjalankan tugas reproduksinya semisal bercumbu, kawin, bertelur, mengeram, serta merawat anak-anaknya.
Seleksi calon induk jantan serta betina
Om Fandy mempunyai penangkaran kacer di kediamannya, Jl Pagak RT 01 /RW 02, Kelurahan Pagak, Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan. Dulu, dia mempergunakan model kandang konvensional dalam mencetak anakan-anakan kacer, namun saat ini dikombinasi yang dengannya model sangkar gantung.
“Untuk breeding menggunakan sangkar gantung, saya memang belum lama memulainya, tapi sudah berhasil,” ujarnya, semisal bersumber Tabloid Agrobur (Edisi No 734 | Minggu III Juni 2014).
Kuncinya pada seleksi calon induk, baik induk jantan ataupun betina. Umur induk jantan Perlu telah matang, telah gacor, minimal berumur 1 tahun.
“Pilihlah calon induk jantan yang memiliki suara bagus, iramanya bagus, speed rapat, serta volume suara yang maksimal,” tambahnya.
Adapun calon induk betina telah berumur minimal 8 bulan. Lebih baik lagi andai betina ini adalah anakan dari kacer yng pernah juara, lantaran model pewarisan gen pada burung menganut pola criss-cross inheritance.
Dalam pola pewarisan gen ini, sebagian besar sifat burung jantan akan diwariskan kepada anaknya yng betina, serta sebagian besar sifat burung betina akan diwariskan kepada anaknya yng jantan.
Selain itu, pilihlah calon induk betina yng telah birahi, akan akan mempercepat proses penjodohan. Kacer betina yng telah birahi umumnya dicirikan yang dengannya perilakunya yng suka mengepakkan kedua sayapnya (ngleper) disaat didekati kacer jantan.
Calon induk betina diusahakan dalam kondisi jinak, menjadikan tak takut oleh kehadiran kita-kita. Andai belum jinak, mau tidak mau Perlu dijinakkan dulu.
Proses penjodohan kacer jantan serta betina
Sebelum kedua calon induk dijodohkan, Kamu mesti menyiapkan dulu sangkar gantungnya. Nah, yang akan di sajikan kali ini langkah-langkah yng butuh di lakukan:
  1. Kandang battery ukuran 50 x 50 x 50 cm3, yng biasa dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk beternak kenari, digantung di ruangan yng dikehendaki. Mampu di ruang keluarga, ruang sedang, kamar yng tidak terpakai, serta lain-lain. Kandang ini pula mampu ditempelkan pada dinding atas satu dari sekian banyaknya ruangan.
  2. Kandang ini dilengkapi yang dengannya tempat sarang yng diletakkan di satu dari sekian banyaknya sudut kandang. Masukkan sebagian bahan sarang ke tempat sarang, sebagian lagi ditebar di dasar kandang. Kandang ini dia yng nantinya akan ditempati kacer betina yng mau dijodohkan.
  3. Saat ini gantung kandang yng satunya, ataupun ditempel pada dinding atas, menjadikan kedua kandang saling menempel. Kandang kedua akan menjadi hunian sementara kacer jantan.
Kandang battery ukuran 50 x 50 x 50 cm3, yng biasa dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk beternak kenari, digantung di ruangan yng dikehendaki. Mampu di ruang keluarga, ruang sedang, kamar yng tidak terpakai, serta lain-lain. Kandang ini pula mampu ditempelkan pada dinding atas satu dari sekian banyaknya ruangan.
Kandang ini dilengkapi yang dengannya tempat sarang yng diletakkan di satu dari sekian banyaknya sudut kandang. Masukkan sebagian bahan sarang ke tempat sarang, sebagian lagi ditebar di dasar kandang. Kandang ini dia yng nantinya akan ditempati kacer betina yng mau dijodohkan.
Saat ini gantung kandang yng satunya, ataupun ditempel pada dinding atas, menjadikan kedua kandang saling menempel. Kandang kedua akan menjadi hunian sementara kacer jantan.
Anakan baru dipanen andaikan telah berumur 10 hari, diangkat bersama sarangnya, dimasukkan ke kandang inkubator bagi atau bisa juga dikatakan untuk dibesarkan pemilik ataupun perawatnya.
Yang dengannya penyapihan semisal ini, induk jantan serta betina seusai diistirahatkan 3 hari bisa segera berproduksi kembali.
Mudah-mudahan berguna.


Sumber rujukan dan gambar : http://duniacaraternak.blogspot.com/2016/10/cara-ternak-kacer-kandang-gantung.html.

Seputar cara ternak kacer kandang gantung

Advertisement
 

Cari Artikel Selain cara ternak kacer kandang gantung