prospek usaha ternak kelinci bandung yang menjanjikan

- Januari 17, 2018

prospek usaha ternak kelinci bandung yang menjanjikan

 
prospek usaha ternak kelinci bandung yang menjanjikan
Siapa yang tidak pernah melihat binatang gokil ini? Ya, kelinci memanglah adalah satu dari sekian banyaknya hewan yang asyik bagi atau bisa juga dikatakan untuk dipelihara, selain bentuknya yang gokil serta menggemaskan, kelinci diluar dugaan pula menyimpan prospek yang luar biasa bagi atau bisa juga dikatakan untuk dibudidayakan. Hal ini dikarenakan dari tahun ke tahun permintaan kelinci pedaging ataupun menjadi binatang peliharaan makin meningkat. Berikut merupakan tulisan atau artikel mengenai Kesempatan Usaha Beternak Kelinci. Kelinci ataupun hewan yang masih famili Leporidae ini, mampu diternakan bagi atau bisa juga dikatakan untuk diambil daging ataupun bulunya. Satu dari sekian banyaknya jenis kelinci yang tidak sedikit digemari merupakan jenis Flame. Kelinci jenis Flame tidak cuma mampu dijadikan menjadi hewan peliharaan rumah saja, akan tetapi bisa pula menjadi komoditas bernilai yakni bagi atau bisa juga dikatakan untuk diambil dagingnya.

prospek usaha ternak kelinci bandung yang menjanjikan
Pendapat dari Handoko, satu dari sekian banyaknya peternak kelinci asal Madiun, “Kelinci flame merupakan salah satu kelinci terbesar di dunia yang diakui oleh Asosiasi Peternak Kelinci di Amerika. Dinamakan Flame diambil dari suku kata Flemish berasal dari kelinci Flander di Inggris yang memiliki ukuran yang besar.”
Tanda khususnya yang dimiliki kelinci jenis Flame merupakan ukurannya yang super besar yang dengannya bulu yang pendek serta kasar. Indukan kelinci ini pendapat dari Handoko mampu mencapai bobot 8 – 10 kg. Tanda lain dari kelinci ini merupakan telingga yang membentuk huruf V serta menjuntai panjang. Kelinci ini pula mempunyai tulang pinggul yang menonjol, menjadikan membuatnya terlihat tidak bagus tatkala berdiri. Hal ini berbeda yang dengannya jenis kelinci yang lain, yang mempunyai tulang pinggul yang menawan.
“Kelinci ini selain cepat besar, ternyata kelinci jenis flame juga kelinci yang pintar jika dipelihara. Bayangkan, dalam beberapa bulan saja, kelinci ini akan ingat nama panggilan yang diberikan kepadanya. Bahkan, kelinci ini juga mengerti bahasa yang ditujukan kepadanya.” Ungkap Handoko, yang tatkala ini masih aktif mengasuh sebuah paguyuban peternak kelinci di Madiun.
Indukan kelinci flame tatkala ini mempunyai harga yang cukup tinggi, yakni antara 350 ribu sampai-sampai 900 ribu bergantung usia, berat badan, serta warna-nya. Malah, harganya mampu lebih tinggi andai berat kelinci itu lebih besar lagi. Ukuran yang super jumbo ini dia yang menjadi alasan, bagi para peternak membudidayakan kelinci jenis ini. Baik nantinya dijual bagi atau bisa juga dikatakan untuk kalangan hobiest ataupun bagi atau bisa juga dikatakan untuk pedaging.
“Kalau di tempat kami, tak hanya menyediakan bibit kelinci Flame, namun juga jenis New Zealand. Bahkan, saat ini kami juga tengah mengembangbiakkan kelinci Blasteran, yaitu peranakan dari indukan Flame dan New Zealand. Kelinci blesteran ini ternyata mampu berkembang biak lebih cepat, dalam empat bulan, bobot kelinci sudah mencapai 2-3 kilo dan bisa dijual untuk konsumsi.” tambah handoko.
Akan tetapi Amat disayangkan, tatkala ini usaha ternak kelinci masih belum digarap yang dengannya serius lantaran kebanykan cuma menjadi usaha sampingan, padahal pendapat dari Handoko, kelinci pedaging ataupun ternak kelinci bagi atau bisa juga dikatakan untuk konsumsi mempunyai prospek yang luar biasa. Dari segi nutrisi saja, daging kelinci lebih unggul dari daging sapi ataupun kambing. Kandungan kolesterol daging kelinci lebih rendah, akan tetapi kandungan protein yang ada di kelinci percis semisal yang ada di sapi.
Tidak heran andai lantas Dahlan Iskan menggulirkan sebuah wacana bagi atau bisa juga dikatakan untuk menggantikan daging sapi yang dengannya daging kelinci. Handoko berpendapat percis yang dengannya menteri BUMN yang telah di sebutkan, bahwasanya yang dengannya beternak kelinci mampu menaikan derajat ekonomi rakyat. Sedangkan modal awal bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengawali budidaya kelinci pula cukup terjangkau seluruh kalangan.
“Bayangkan, satu kelinci betina dalam empat bulan bisa menghasilkan anakan kelinci minimal 8 ekor, dalam satu tahun sudah bisa menghasilkan 8 x 3 yaitu kurang lebih 24 ekor. jika lebih dari satu indukan betina, misal 10 indukan? sudah berapa ekor kelinci yang dihasilkan? Jika 1 kg daging kelinci dihargai 25 ribu, padahal 1 kelinci umur 4 bulan yang siap panen minimal memiliki bobot 2 kg, maka bisa dihitung keuntungan dalam setahunnya.” ujar Handoko yang cuma mengenyam pendidikan minal STM ini.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengawali membudidayakan kelinci cukup gampang, peternak cuma memerlukan sangkar simpel dari bambu serta pakan hijau-hijauan. Sangkar kelinci mampu dibuat dari bambu ataupun kayu. pendapat dari Handoko, sangkar yang ideal bagi atau bisa juga dikatakan untuk kelinci pedaging merupakan 80 x 60 x 70 cm bagi atau bisa juga dikatakan untuk setiap ekornya.
“Untuk ternak kelinci pedaging, disarankan untuk menggunakan sistem kandang baterai. Hal ini untuk mempermudah dalam perawatan. sedangkan untuk kandang kawin atau kandang soliter dibuat terpisah. Sebisa mungkin, kandang kelinci juga tidak terlalu mepet dengan tanah. hal ini untuk mencegah penyakit yang timbul dari kotoran atau sisa-sisa pakan yang jatuh.” lanjut Handoko.
Kelinci yang siap dijual sebaiknya dipilih yang berusia empat sampai-sampai delapan bulan. Pada usia yang telah di sebutkan kelinci mempunyai bobot yang ideal bagi atau bisa juga dikatakan untuk diambil dagingnya. selain dijual dalam bentuk kelinci siap potong, ada dua paket yang ditawarkan, yakni indukan ataupun anakan. Kalau indukan diambil dari bakalan kelinci usia 7 bulan, pada usia ini kelinci siap kawin, sedangkan paket anakan kelinci mampu dijual mulai usia tiga sampai-sampai lima bulan.
Tertarik bagi atau bisa juga dikatakan untuk beternak kelinci? Galau mencari indukan kelinci jenis Flame serta New Zealand ataupun kelinci Blesteran? Bagaimana mengawali serta bagaimana analisa bisnisnya? Kami menyediakan indukan kelinci jenis Flame, New Zealand serta Blasteran pula Propolis Kelinci dan air seni kelinci yang terbukti berguna bagi atau bisa juga dikatakan untuk pupuk bunga.

Sumber rujukan dan gambar : http://duniacaraternak.blogspot.com/2016/10/prospek-usaha-ternak-kelinci-bandung-yang-menjanjikan.html.

Seputar prospek usaha ternak kelinci bandung yang menjanjikan

Advertisement
 

Cari Artikel Selain prospek usaha ternak kelinci bandung yang menjanjikan