Ikan Sidat Indonesia Diincar Jepang

- Januari 16, 2018

Ikan Sidat Indonesia Diincar Jepang

 
Benar andai dikatakan bahwasanya kekayaan kelautan serta perikanan Indonesia salah satunya yng terbesar di dunia. Buktinya terlihat dari satu dari sekian banyaknya spesies ikan kegemaran warga Jepang, yakni ikan sidat ataupun unagi, yng tidak sedikit hidup di perairan Indonesia.
Benih ikan sidat yng mampu hidup di air tawar serta asin itu diluar dugaan menjadi incaran pengusaha perikanan Jepang lantaran harganya yng terbilang wah serta mampu mengucurkan yen ke kantong. Ambil semisal, ikan sidat jenis marmorata. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk membeli satu kilogramnya saja, Kamu Perlu menyediakan uang setidaknya Rp 300.000.
Akan tetapi, ada pula 5 jenis ikan sidat lain-lainnya yng di antaranya dijual seharga Rp 150.000 per kg, yaitu jenis bicolor. Benihnya tidak sedikit didapati di perairan Palabuhan Ratu, Jawa Barat. Hingga tatkala ini, kita-kita belum mampu melakukan pemijahan terhadap benih ikan sidat yang telah di sebutkan. Pasalnya, ikan ini mensyaratkan pemijahan di lakukan di perairan laut dalam sesudah benur lahir serta menjadi benih. Umumnya anakan sidat akan berenang ke muara sungai.
Di muara sungai itulah ikan itu besar hingga lantas datang masa pemijahan lagi. "Jepang yang memiliki teknologi tinggi pun sampai sekarang belum bisa melakukan pemijahan tersebut," papar Made Suita, Kepala Balai Pelayanan Bisnis (BLU) Tambak Pandu, Karawang, Minggu (14/3/2010).
Alhasil, bagi atau bisa juga dikatakan untuk pembudidayaan ikan sidat yang telah di sebutkan, benih Perlu didatangkan dari alam. Beberapa daerah yng telah mempunyai sebaran yang telah di sebutkan merupakan perairan Poso, Manado, selatan Jawa lebih-lebih perairan Palabuhan Ratu, serta perairan di barat Sumatera.
Akan tetapi, tak seluruh daerah itu benihnya mampu dimanfaatkan lantaran tidak sedikit nelayan yng belum mengerti tatacara bagi atau bisa juga dikatakan untuk menangkapnya. Made menyebutkan, nelayan yng telah mempunyai kemampuan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menangkap benih sidat itu baru nelayan yng ada di Palabuhan Ratu. Wilayah ini mempunyai palung serta muara sungai yng mengalir ke laut.
Nurdin selaku Kepala Bagian Budidaya di BLU Pandu Karawang bilang, kini telah ada yng mengomersialkan keberadaan benih itu, lebih-lebih nelayan yng ada di Palabuhan Ratu. Orang-orang telah mengetahui potensi pasar benih ikan sidat, yng satu kilogramnya ataupun sekitar 5.000 benih dijual seharga Rp 150.000 per kg. Pembelinya pun kebanykan datang dari Taiwan, Korea, China, Vietnam, serta tentunya Jepang.
Akan tetapi sebagian warga atau juga bisa dikatakan masyarakat Indonesia belum mengerti keberadaan bibit ikan sidat yang telah di sebutkan. Di Poso serta Manadi, misalnya, benih ikan sidat yang telah di sebutkan malah dijadikan ikan yng digoreng yang dengannya rempeyek. Pendapat dari Nurdin, disaat warga tak mengetahuinya, ikan sidat itu menjadi ikan biasa semisal teri.
Pembeli benih ikan sidat dari aneka macam negara kini telah tidak sedikit mengincarnya. Sementara itu, pembeli benih domestik cuma memanfaatkannya bagi atau bisa juga dikatakan untuk kebutuhan budidaya yng ada di Karawang, Cirebon, serta Indramayu. Yng menyulitkan bagi pembudidaya di dalam negeri merupakan orang-orang tak mempunyai kanal langsung ke pasar ekspor. Adapun di pasar dalam negeri, orang-orang tak mampu berharap tidak sedikit lantaran konsumen domestik tak menyukai ikan sidat serta pula lantaran harganya yng tidak murah.
"Untuk membudidayakannya juga ada persyaratan jika ingin ekspor ke Jepang sehingga pembudidaya ikan sidat sulit untuk ekspor ke sana," kata Nurdin.
Satu dari sekian banyaknya tatacara bagi atau bisa juga dikatakan untuk mampu menembus pasar Jepang merupakan yang dengannya menjalin kerja percis terhadap perusahaan Jepang yng sebelumnya telah berbisnis ikan sidat.
Nurdin bilang, ikan sidat cukup tidak murah lantaran proses perawatannya yng butuh waktu lebih panjang, yaitu 3-4 bulan. Adapun pakan utamanya merupakan pelet yang dengannya protein tinggi yng dijual seharga Rp 9.000 per kg. Selain itu, ikan pula butuh pakan tambahan berupa keong mas yng telah dipotong-potong.
Dalam perawatannya pun, suplai oksigen Perlu di awasi lantaran ikan sidat butuh air yang dengannya tingkat larutan oksigen tinggi. Adapun tingkat ke hidup-an rata-rata ikan sidat yang telah di sebutkan mencapai 75 % dari bibit yng ditebar. "Jika ingin detailnya, maka silakan datang ke BLU Tambak Pandu Karawang. Kami akan berikan informasi detailnya," undang Nurdin.
Tatkala ini di BLU Pandu Karawang terdapat mitra kerja percis dari Jepang, yaitu Asama Industry Co Ltd. Mitra ini bekerja percis yang dengannya PT Suri Tani Pemuka yng melakukan kerja percis bagi atau bisa juga dikatakan untuk memproduksi ikan sidat di BLU Pandu Karawang. Ikan sidat yng telah diproduksi yang telah di sebutkan mampu diekspor langsung ke Jepang lantaran telah ada yng menampung. Sayang, Made tak mau menyebutkan angka ekspor dari perusahaan mitranya yang telah di sebutkan.
Tatkala ini yng dibutuhkan oleh pembudidaya ikan sidat merupakan membuka kerja percis yang dengannya pemasok ikan sidat yng ada di pasar dunia. Pendapat dari Made, pasar yng Amat menarik serta belum tidak sedikit disentuh merupakan pasar ikan sidat bagi atau bisa juga dikatakan untuk kebutuhan non-Jepang. "Yang mengonsumsi itu tidak hanya Jepang. Taiwan, Korea, dan China juga sangat menyukai ikan ini," ungkap Made.
Butuh proteksi ekspor benih
Masalah yng dihadapi oleh pembudidaya ikan sidat ini merupakan masalah daya saing yng ketat yang dengannya negara produsen lain-lainnya. Negara yng telah mengembangkan budidaya ikan sidat ini merupakan Vietnam serta Korea, demikian pula yang dengannya Jepang sendiri. Anehnya, kata Made, budidaya di dua negara yang telah di sebutkan memperoleh benih ikan sidat dari Indonesia.
Padahal, kata Made, Kementerian Kelautan serta Perikanan telah memproteksi ekspor benih ikan sidat yang dengannya alasan guna menjaga spesies serta bagi atau bisa juga dikatakan untuk menaikan nilai tambah di dalam negeri. "Namun, pembudidaya ikan sidat di Jepang itu sendiri ternyata adalah orang Indonesia," ungkap Made.
Salah satunya yng ada di Korea serta pula Vietnam, benih ikan sidat itu diindikasi berasal dari Indonesia. Made mengindikasi bahwasanya tidak sedikit benih ikan sidat dari Indonesia berseliweran keluar negeri serta dibudidayakan di luar negeri. "Kontainer saja yang besar bisa diselundupkan, apalagi benih yang kecil ini," ujar Made.
Andai penyelundupan benih itu mampu diatasi, maka produksi ikan sidat dari budidaya di dalam negeri mampu Amat diandalkan menjadi nilai tambah bagi pembudidaya di dalam negeri, salah satunya menambah devisa negara. (Asnil Bambani Amri/Kontan)kan sidat ikan sidat ikan sidat ikan sidat ikan sidat ikan sidat ikan sidat
SUMBER: Kompas.com
FOTO: Agromania

Sumber rujukan dan gambar : http://www.agropustaka.com/2012/04/ikan-sidat-indonesia-diincar-jepang.html.

Seputar Ikan Sidat Indonesia Diincar Jepang

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Ikan Sidat Indonesia Diincar Jepang