Cara Memelihara Bebek di Belakang Rumah

- Januari 12, 2018

Cara Memelihara Bebek di Belakang Rumah

 
Cara Memelihara Bebek di Belakang Rumah - Barangkali teman-teman telah tak asing lagi yang dengannya yng namanya bebek ataupun itik, nama yng kerap di pakai oleh orang orang pedesaan di sekitar tempat tinggal saya merupakan bebek bukan itik. bebek merupakan unggas yng salah satunya kebal yang dengannya penyakit penyakit biasa, kebanykan orang orang di sekitar tempat tinggal saya memelihara bebek, lantaran unggas ini Amat gampang bagi atau bisa juga dikatakan untuk di pelihara di pekarangan belakang rumah ataupun di samping rumah yng. bebek ini yng telah matang serta cukup umur akan bertelur setiap pagi, kalau pakan serta gizinya terpenuhi. selain telur bebek yng rasanya lebih uenak daripada terlur telur lain menjadikan harga telur bebek lebih tidak murah daripada telur ayam kampung ataupu telur ayam ras. selain telur bebek dagingnya pun Amat nikmat sekali, serta di sini terkenal yang dengannya bebek goreng, bebek bakar serta hargannya pun jauh lebih tidak murah ketimbang ayam bakar serta ayam guring. barangkali gak usah-usah panjang lebar mari kita pelajari bareng bareng bagaimana kita memelihara bebek di belakang rumah kita. beberapa tulisan atau artikel di bawah ini saya ambil dari bosandikantor.com yng menjelaskan seluruh ihwal bagaimana mengurus anak serta bapaknya pun semisal itu. marilah gak usah panjang lebar silah pelajari bagian selanjutnya

Cara Memelihara Bebek di Belakang Rumah

Budidaya bebek pula mempunyai beberapa keuntungan. Pertama, dari segi pemeliharaan, beternak bebek memanglah lebih gampang dibandingkan yang dengannya beternak ayam. Di samping kegiatan yng di lakukan lebih tidak banyak, beternak bebek pula tak dipusingkan yang dengannya jadwal vaksin yng Perlu di lakukan terhadap unggas.
Kedua, dari segi pakan, tidak sedikit bahan yng mampu dijadikan pakan campuran yang dengannya konsentrat. Semisal katul, jagung, karak nasi, roti kadaluwarsa, krupuk kadaluwarsa, menir, serta lain-lain. Tak mengherankan, kalau ransum di satu daerah peternakan, berbeda yang dengannya daerah lain-lainnya. Bahkan, kejelian taktik mengolah pakan potensial setempat, akan Amat menguntungkan peternak.
Ketiga, bisnis peternakan bebek umumnya ditujukan bagi atau bisa juga dikatakan untuk bebek petelur. Akan tetapi, kesempatan bebek pedaging dari anak bebek jantan pula masih cukup tidak jelek alias bagus. Dari segi harga, bibit bebek jantan lebih murah dibandingkan bebek betina. Di samping itu, masa pemeliharaannya pun cukup singkat, yakni cuma 40-50 hari.
Keempat, bagi atau bisa juga dikatakan untuk telur bebek yng tak mampu ditetaskan (tak ada benih/janin), mampu diolah menjadi telur asin—baik dijual mentah ataupun telah diolah. Yang dengannya demikian, pebisnis mampu mengambil bagian pembuatan telur asin menjadi fokus bisnis.
Kelima, bagi atau bisa juga dikatakan untuk bebek betina yng sudah lewat masa produksinya (bebek apkiran), mampu dijual menjadi pedaging. Mampu disebut, beternak bebek adalah satu-satunya usaha yng tak menyisakan sampah. Seluruh unsurnya berharga ekonomis, serta mampu dikembangkan secara terpisah ataupun dikelola secara terpadu serta terintegrasi (integrated).
serta ada tulisan atau artikel pula dari sahabat blogger pula peternakandody.blogspot.com yng menjelaskan kesempatan bisnis pemeliharaan bebek/ itik. silahkan baca di bawah ini.

Kesempatan Bisnis Budidaya Bebek

Bisnis ini sekilas memanglah tampak sepele namun andai telah ditekuni akan mendatangkan hasil yng menyenangkan. Mungkin gagal kecil sekali, malahan kalau ditangani secara serius serta tekun, pasti mendatangkan keuntungan besar.
Peternakan itik darat tidak tidak sedikit memerlukan tenaga serta biaya. Bias pula dimulai dari tahap kecil-kecilan, bergantung dari dana yng ada. Mula- mula yng dipersiapkan merupakan lahan pekarangan. Tak butuh berhektar- hektar, cukup disebelah rumah serta dilengkapi pagar keliling setinggi 1/2 samapi yang dengannya satu meter telah cukup. Kandangnya? Simpel saja, telah bisa atau mampu dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk peternakan.
Membuka bisnis beternak itik darat memanglah sebaiknya dimulai secara kecil-kecilan, lebih l,ebih bagi pemula. Lebih lebih bagi pemula yng masih awam terhadap bisnis ini. Dana lima ratus ribu rupiah telah cukup tidak sedikit. Pada tahap ini sifatnya melatih bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengenal sifat- sifat itik. Baru seusai kamu telah mahir, bisnis boleh ditingkatkan lebih besar lagi. Saya mulai tertarik jenis bisnis ini sekitar tahun 1992. lantas tahun 1993 yang dengannya modal yng cuma seratus ribu rupaiah saya menekuninya waktu itu harga seekor meri (anak itik umur sehari/DOD) Rp 1.000,- berguna yang dengannya uang sebesar itu saya memperoleh seratus DOD betina yng lantas tumbuh menjadi itik petelor.
Pekarangan sebelah rumah yng sempit saya manfaatkan menjadi pelataran (umbaran). Usia dua bulan telah kelihatan menjadi itik dara (remaja). Rasa semangat bagi atau bisa juga dikatakan untuk bekerja makin menggebu gebu, oleh lantaran perawatan yng saya lakukan cukup hati- hati serta menerapkan teori yng telah ada, maka seratus meri itu semuanya tumbuh sehat (tak ada satupun yng mati).
Wacana ransom yng saya berikan sifatnya cuma sembari lantas, pengertiannya tak dihitung menjadi modal. Dedak serta jagung dan tidak banyak konsentrat diberikan sehari-hari. Tak terlalu tidak sedikit memerlukan uang bagi atau bisa juga dikatakan untuk ransom ini lantaran cuma seratus ekor saja. Kandangnya cukup saya buat ala kadarnya, yng penting waktu malam hari bias terlindungi dari musang ataupun kalau musim penghujan tak kedinginan.
Orang- orang pada heran melihat tips ternak yng saya lakukan. Biasanya itik diternak yang dengannya tips digembalakan ke sungai ataupun sawah- sawah yng telah habis dipanen. Namun tips intensif tak demikian. Itik dikurung dalam pelataran tertentu serta cuma disediakan air dalam bak sekedar bagi atau bisa juga dikatakan untuk minum saja.
Disaat itik memasuki masa usia dewasa, terpaksa saya membuat sangkar yng lebih besar serta luas. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk persiapan masa telurnya. Ransumnya pula butuh ditingkatkan. Genap usia enam bulan satu dua itik- itik itu mulai bertelur. Seisi keluarga menjadi gembira serta tentu saja semangat memelihara makin ditingkatkan.
Dibulan ketujuh, itik itik bertelur secara merata dari seratus ekornya setiap pagi memperoleh telur sebanyk delapan puluh butir. Pendapat dari peternak professional, hasil telur yang telah di sebutkan telah cukup memenuhi standart.
Mengalami hal yng menggembirakan, maka timbul niat bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengembangkan bisnis. Peningkatan bisnis ini adalah menambah meri lagi sebanyk tiga ratus ekor, semuanya saya beli dari peternak mojosari.
Mulai tatkala itu saya bersungguh- sungguh dalam mengatur manajemen. Ransom, obat serta pekarangan dan segala pengeluaran yng berkenaan yang dengannya peternakan mulai saya kalkulasi.
Hasil dari penjualan telur bebek dewasa saya genakan bagi atau bisa juga dikatakan untuk membeli pakan buat tiga ratus meri. Sementara pekarangan saya kembangkan menjadi dua kali lipat luasnya. Kandangnyapun saya persiapkan sedemikian rupa, enam bulan selanjutnya itik- itik tahap kedua itu telah mulai bertelur, serta menyenangkan sekali…
Orang- orang kampong saya menjadi tergiur melihat bisnis budidaya itik darat yng saya lakukan. Satu demi satu mengikuti jejak saya. Seusai mempunyai empat ratus itik dewasa yng telah produktif saya ingin mengembangkan bisnis lebih besar lagi, pada awal musim kemarau saya memesan meri kepeternak mojosari sebanyk lima ratus ekor.
Bisnis ini berkembang terus sampai-sampai akhirnya saya mempunyai hamper dua ribu itik produktif. Semenjak itu, saya mulai menyeleksi itik dewasa yng unggul. Dari hasil seleksi itu saya tangkar ataupun jodohkan yang dengannya pejantan unggul. Telur- telurnya lantas saya tetaskan yang dengannya mempergunakan mesin tetas buatan sendiri. Mulai tatkala itu saya memperoleh hasil ganda, yaitu hasil dari penjualan telur itik dewasa serta dari penjualan meri/DOD. Serta tidak tidak banyak orang yng dating serta membeli meri pada peternakan saya.


Sumber rujukan dan gambar : http://www.nangimam.com/2014/07/cara-memelihara-bebek-di-belakang-rumah.html.

Seputar Cara Memelihara Bebek di Belakang Rumah

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Cara Memelihara Bebek di Belakang Rumah