Buah Jambu Biji/ Psidium guajava (Buah Unggul Indonesia)

- Januari 22, 2018

Buah Jambu Biji/ Psidium guajava (Buah Unggul Indonesia)

 

Jambu biji (Psidium guajava) berasal dari Amerika Sedang. Di Indonesia tanaman ini bisa tumbuh baik di dataran rendah ataupun dataran tinggi (hingga 1000 m dpi) serta biasanya hampir bisa berbuah sepanjang tahun.
Jambu biji yng disukai warga atau juga bisa dikatakan masyarakat merupakan yng memiliki sifat unggul antara lain rasanya manis, berdaging lunak serta tebal, tanpa biji, serta buah berukuran besar. Dikenal beberapa jenis jambu biji yng bisa diunggulkan yakni jambu sukun, jambu pasarminggu, jambu bangkok, jambu sari, jambu apel, jambu merah, jambu Palembang, serta jambu merah getas.
Jambu sukun merupakan jambu yng tak berbiji, buah yng masih muda enak rasanya, semisal jambu bangkok serta seusai matang manis rasanya. Jambu biasa semisal jambu susu putih serta jambu susu merah, yng biasa disebut jambu pasarminggu. Kedua jenis jambu ini berdaging tebal, manis rasanya, namun berbiji cukup tidak sedikit.
Jambu bangkok merupakan varietas hasil introduksi dari Thailand serta mulai ternama dan dikembangkan di Indonesia tahun 1979. Jambu ini digemari warga atau juga bisa dikatakan masyarakat meskipun harganya relatif tidak murah lantaran tanda unggulnya, yakni ukuran buahnya besar (bobotnya sekitar 600 hingga 1100 g), bijinya mengumpul di sedang, dagingnya tebal serta rasanya enak, namun rasa buah yng sudah matang tidak lebih enak serta tak manis. Dibandingkan yang dengannya jambu sukun, sebetulnya jambu bangkok tak kalah rasanya, namun jambu bangkok bisa berbuah sepanjang musim. Produksinya sekitar 120 kg per pohon per panen.
Jambu sari konon berasal dari Bangkok. Ada juga yng menyatakan bahwasanya jambu ini adalah satu dari sekian banyaknya jenis dari jambu bangkok. Dibandingkan yang dengannya jambu bangkok, buah jambu sari lebih lebat (1 tangkai sekitar 5 hingga 10 buah); rasanya lebih manis, lebih lembut, tak kasar serta tak berserat dagingnya; kulit buah mengkilat serta cemerlang; daging buah lebih tebal serta berbiji jarang; produktivitas seusai berusia satu tahun rata-rata 100 kg per pohon per panen.
Jambu apel masih sekelompok yang dengannya jambu sukun, disebut juga jambu sukun bangkok, lantaran konon berasal dari Bangkok. Bentuk jambu ini membulat semisal apel. Secara umum kelebihan jambu apel merupakan keseragaman sifat serta tanpa biji. Dibandingkan yang dengannya jambu bangkok, jambu apel ini lebih manis serta wangi dan lebih kesat dagingnya.
Daging jambu biji yng berwarna merah biasanya lebih menarik daripada yng putih. Dikenal juga jambu biji silangan baru yakni jambu merah palembang ataupun jambu merah harum manis. Jambu merah palembang adalah silangan dari jambu bangkok serta jambu merah australia. Hasil buah silangan yang telah di sebutkan merupakan dagingnya merah, aromanya harum, rasanya manis, biji tidak banyak, ukuran buah semisal jambu bangkok, daging buah lunak serta tebal, dan produktivitasnya tinggi.
Jambu merah getas merupakan hasil silangan jambu bangkok yang dengannya jambu lokal, yakni jambu pasarminggu yng berdaging merah, berbiji besar, serta berdaging tipis. Jambu merah getas memiliki tanda percis yang dengannya jambu palembang. Yang dengannya demikian butuh kiranya dikembangkan keunggulan hasil silangan yang telah di sebutkan. (http://www.agrosukses.com).

Sumber rujukan dan gambar : http://www.agropustaka.com/2014/08/buah-jambu-biji-psidium-guajava-buah.html.

Seputar Buah Jambu Biji/ Psidium guajava (Buah Unggul Indonesia)

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Buah Jambu Biji/ Psidium guajava (Buah Unggul Indonesia)