Cara Budidaya Ikan Mujair Nila

- Januari 21, 2018

Cara Budidaya Ikan Mujair Nila

 
Cara Budidaya Ikan Mujair Nila - Ikan mujair adalah ikan yng hidup di perairan tawar, salah satunya ikan yng mampu di konsumsi oleh warga atau juga bisa dikatakan masyarakat. ikan yng memiliki tanda tanda badan berbentuk pipih hitam, abu-abu ataupun kecoklatan. ikan mujair ataupun nila ini Amat gampang bagi atau bisa juga dikatakan untuk di budidayakan kelak disini akan dibahas bagaimana tips membudidayakan ikan mujair nila ini. ikan yng dinamakan mujair ini didapati oleh bapak mujair di muara sungai serang blitar jawa timur pada tahun 1939 yng sebetulnya ikan ini berasal dari perairan afrika. ada pula yng menulis di blog ikan mujair ini asal mulanya kalau di indonesia merupakan dari palau jawa yang dengannya pembididaya pertama merupakan pak mujair sekitar tahun 1930 an serta saat ini telah menyebar di seluruh indonesia bahkan telah terkenal diseluruh dunia yang dengannya nama yng berbeda namun jenis yng percis yakni mujair. namun entah lah namanya sejarah itu berbeda beda. beda sumber beda pula tahun serta tempatnya.


Lihat pula : Cara Pembenihan Ikan Gurame


Cara Budidaya Ikan Mujair Nila

Sebelum kita berbicara lebih lanjut mengenai tips ternak ataupun teknik budidaya khususnya bagi atau bisa juga dikatakan untuk ikan mujair ini, akan lebih baik andai kita mengenal lebih jauh perihal ikan tawar yng satu ini. Ikan mujair mempunyai persebaran alami di sekeliling perairan Afrika. Ikan ini sendiri pertama kali didapati di Indonesia oleh orang yng bernama Pak Mujair maka daripada itulah ikan ini lantas diberi nama ikan mujair. Pak Mujair sendiri menjumpai ikan tawar ini pertama kali di muara Sungai Serang, di pantai selatan Blitar, Jawa Timur sekitar tahun 1939 akan tetapi hingga saat ini diluar dugaan kehadiran ikan ini hingga ke Indonesia pula masih diselimuti misteri lantaran Afrika serta Indonesia nyata-nyatanya dijauhkan oleh laut yng notabene bukan jenis air yng bisa dilalui yang dengannya begitu saja oleh ikan air tawar.
Ada beberapa jenis ikan mujair yng Suka dibudidayakan di Indonesia antara lain ikan mujair biasa, ikan mujair nila, ikan mujair merah yng Suka disingkat menjadi jamerah ataupun mujarah, serta yng yang terakhir merupakan ikan mujair albin. Ikan-ikan mujair yng sudah disebut semuanya adalah jenis-jenis ikan yng bisa dikonsumsi oleh kita-kita.
Cara beternak serta tips budidaya ikan mujair sendiri tergolong cukup gampang lantaran peternak cuma memerlukan kolam menjadi tempat pemeliharaan ikan berordo Percomorphi ini. Sebelum kita beranjak ke topik mengenaiteknik beternak ikan mujair, marilah kita membahas masalah kolam berlebi dahulu. Ada beberapa hal penting yng butuh Kamu perhatikan disaat ingin membuat kolam pemeliharaan di antaranya merupakan jenis tanah yng akan dijadikan kolam.
Jenis tanah yng baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk pembuatan kolam merupakan jenis tanah liat ataupun tanah lempung lantaran jenis tanah ini bisa menahan massa air yng besar serta pula tak cepat bocor menjadikan lebih aman bagi atau bisa juga dikatakan untuk dibuat kolam lebih-lebih bagi atau bisa juga dikatakan untuk kolam pembesaran yng akan Kamu genakan bagi atau bisa juga dikatakan untuk merawat ikan mujair Kamu yng tinggal tunggu masa pemborokan.

Lihat pula : Pengganti Membuat Pakan Lele


Semisal halnya yang dengannya jenis-jenis ikan lain, ada beberapa tahap yng butuh Kamu lalui sebelum akhirnya ikan mujair siap panen. Tahap pertama merupakan tahap pemeliharaan induk serta tahap pemijahan. Tahap selanjutnya merupakan tahap pembibitan dimana lantas dilanjutkan yang dengannya tahap pembenihan dimana Kamu Perlu memelihara ikan-ikan mujair yng masih muda yang telah di sebutkan siap dipindahkan ke kolam pembesaran.
Pada proses pemeliharaan bibit mujair, andai lantas produktifitas kolam makin menurun maka kita Perlu sesegera barangkali memberikan pakan tambahan supaya ikan-ikan yang telah di sebutkan tak cepat mati menjadikan kerugian bisa dihindari.
Dari kawan sesama blogger yng menulis di kelebihanxx menjelaskan beberapa step tips budidaya ikan mujair antara lain tips membudiyakan ikan mujair yng berkesinambungan
cari budidaya berkesinambungan ini mampu di bilang yng menguntungkan bagi petani yng mau membudidaya ikan mujair. berikut tidak banyak penulis memberikan tips budidaya ikan mujair berkesinambungan
  • Sediakan 2 kolam 8x4 m yang dengannya kedalaman 1.5 meter saja
  • Beli benih sekitar 3000 bibit
  • lantas disemaikan di satu kolam dulu
  • sesudah 3 minggu kita lihat ikan apakah mulai ada pertumbuhan.kalau ada di dipilih yng gedek-gedek diantara 3000 itu kira2 sekitar 1000 di pisahkan di kolam yng kedua.
  • Dikolam yng nomor 2 itu dikasih pakan secara teratur supaya ikan gemuk.
  • kolam nomor satu pula di beri pakan jangan di abaikan,mati lah ikan kelak kalou di abaikan.
  • 2000 bibit di kolam yng satu itu beserkan saja di satu kolam,
  • sesudah panen kolam yng kedua hasil pemisahan bibit yng pertama kira kira 8 minggu
  • lantas kamu sotir balek benih yng di kolam pertama bagi atau bisa juga dikatakan untuk di pisahkan lagi ke kolam 2,mampu di bilang kolam 1 merupakan pembenihan serta kolam 2 merupakan tempat pembsaran ikan.
butuh kamu ketahui juga bahwasanya ikan mujai Amat lah cepat proses perkembangbiakan nya jadi kamu gak usah ragu dalam budidaya yang dengannya tips berkesimnambungan semisal di atas, bahkan kamu mampu jual tu benih pada orang lain kalau kamu selalu menyisakan induknya.
saya pikir ini merupakan langkah yng praktis pula dalam berbisnis bila kita punya modal yng tinggi ,tau mengapa?ikan mujair mampu di pasok ke seluruh daerah di indonesia,tidak sedikit penduduk indonesia yng suka mengkonsumsi ikan mujair tidak sedikit warung makan yng telah menyediakan menu hariannya ikan mujair,mulai dari ikan mujair goreng ,bakar serta ada pula tidak sedikit menu lainya.
jadi potensial peminat tinggi penyediaan bahan baku pula Perlu tinggi,di pasaran harga ikan mujair saat ini menembus harga rata-rata mampu mencapai 20000 per kilo,hayalkan kalau dalam satu kilo cuma 5 ekor saja,berguna 1000 ekor sekali panen bisa 200kg,200x1700=Rp.3400000,lumayan buat penghasilan per bulan kan, jadi itu tiori yng mampu penulis bagikan siapa tau ada yng minat membudidayakannya.
Demikianlah analisis perihal bagaimana budidaya ikan nila... mudah-mudahan berguna..


Sumber rujukan dan gambar : http://www.nangimam.com/2014/08/cara-budidaya-ikan-mujair-nila.html.

Seputar Cara Budidaya Ikan Mujair Nila

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Cara Budidaya Ikan Mujair Nila