peluang menjanjikan ternak ikan arwana

- April 06, 2017

peluang menjanjikan ternak ikan arwana

 
peluang menjanjikan ternak ikan arwana
Diantara ikan hias air tawar, ada satu dari sekian banyaknya jenis ikan hias air tawar asli Indonesia yng tidak sedikit diminati warga atau juga bisa dikatakan masyarakat lokal serta luar negeri, yakni Ikan Arwana. Yang dengannya harganya yng lebih stabil dibanding ikan hias lain, membuat peluang usaha ikan ini Amat menjanjikan. Nah, bagi atau bisa juga dikatakan untuk Kamu yng memutuskan memuka bisnis budidaya ikan arwana, berikut merupakan cara jitu-nya :
  1. Induk dipelihara dalam kolam berukuran 5x5 m yang dengannya kedalaman air 0,5-0,75 m. Kolam ditutup plastik setinggi 0,75 m bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencegah lompatan ikan.
  2. Ruangan pemijahan dibangun di pojok perkolaman serta ditambah beberapa kayu gelondongan bagi atau bisa juga dikatakan untuk memberikan kesan alami. Hindari batu serta kerikil lantaran bisa melukai ikan ataupun tercampurnya pakan secara tak sengaja.
  3. Kolam pembesaran dibangun di area tenang serta ditutup sebagian. Jauhkan dari sinar matahari lansung. Induk dipelihara dalam kolam pembesaran sampai-sampai mencapai matang ataupun kelenjar kelamin.
  4. Kualitas air di awasi supaya mendekati lingkungan alami arwana yakni pH 6,8-7,5 serta suhu 27-29 C. Penggantian air di lakukan sebaganyak 30-34% dari total volume yang dengannya deklorinisasi ataupun air yang telah di sebutkan telah dicampur zat bagi atau bisa juga dikatakan untuk membunuh kuman dalam air.
  5. Keseimbangan gizi Amat penting bagi pemijahan serta kematangan gonad. Pakan diberikan sehari-hari dalam bentuk ikan ataupun udang hidup, serta ditambah pelet yang dengannya kadar protein 32%. Jumlah pemberian pakan per hari merupakan 2% dari bobot total tubuh.
  6. Inkubasi telur secara normal butuh 8 minggu. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperpendek waktu, telur yng telah dibuahi bisa dikeluarkan dari mulut penjantan satu bulan sesudah pemijahan. Induk jantan ditangkap yang dengannya Amat hati-hati yang dengannya jaring halus, lantas diselimuti yang dengannya handuk katun yng basah bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghindari ikan memberontak serta terluka. Ikan yng telah terluka akan cacat sampai-sampai harganya turun.
  7. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk melepaskan larva dari mulut induk jantan, tarik perlahan bagian bawah mulut serta tubuh ditekan ringan. Larva dikumpulkan dalam wadah plastik serta diinkubasi dalam akuarium. Jumlah larva yng bisa mencapai 25-30 ekor.
  8. Seusai dikeluarkan dari mulut pejantan, larva diinkubasi dalam akuarium berukuran 45 x 45 x 90 cm. Temperatur air 27-29 derajat celcius. diukur mempergunakan pemanas thermostat.
  9. Ukuran mencegah arwana di kenai infeksi akibat penanganan larva, larutkan acriflavine ataupun disinfektan dalam air sebanyk 2 tetes.
  10. Selama peroide inkubasi, larva tak butuh diberi pakan. Beberapa minggu pertama selama kuning telur belum habis, umumnya larva hampir selalu berada pada dasar akuarium.



Sumber rujukan dan gambar : http://duniacaraternak.blogspot.com/2016/10/peluang-menjanjikan-ternak-ikan-arwana.html.

Seputar peluang menjanjikan ternak ikan arwana

Advertisement
 

Cari Artikel Selain peluang menjanjikan ternak ikan arwana