5 Cara Menyusun Ransum Pakan Ternak

- Desember 13, 2017

5 Cara Menyusun Ransum Pakan Ternak

 
Ransum merupakan makanan yng diberikan pada ternak tertentu selama 24 jam, pemberiannya bisa di lakukan sekali ataupun beberapa kali dalam 24 jam. Ransum lengkap (complete feed) adalah pakan tunggal hasil pencampuran bahan-bahan pakan yng sudah diproses bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghindari seleksi pakan oleh ternak. Sedangkan Ransum sempurna merupakan kombinasi beberapa bahan makanan yng bila dikonsumsi secara normal bisa mensuplai zat-zat makanan kepada ternak dalam perbandingan, jumlah, bentuk sedemikian rupa menjadikan fungsi-fungsi fisiologis dalam tubuh bisa berjalan yang dengannya normal. Dalam ransum sempurna ekonomis, faktor-faktor ekonomi salah satunya pertimbangan bagi penyusun ransum. penyusunan ransum bisa diaplikasikan pada aneka macam jenis ternak ruminansia, non ruminansia (monogastrik) serta unggas semisal sapi, kerbau, kambing, domba, ayam, bebek / itik, puyuh dll.
Lebih lanjut dinyatakan bahwasanya ternak akan melakukan seleksi pada pakan yng diberikan serta yang dengannya ransum lengkap. Seluruh bahan pakan akan menjadi satu serta memiliki kandungan nutrien yng percis pada setiap bagiannya. Menjadikan seleksi oleh ternak bisa dikurangi. Ransum lengkap pula membantu dalam penyediaan bahan pakan yng seimbang bagi atau bisa juga dikatakan untuk ruminansia yang dengannya mempergunakan bahan lokal semisal limbah pertanian, sisa industri pertanian serta limbah ternak. Hal-hal yng dibutuhkan dalam menyusun satu ransum merupakan
  • pengetahuan wacana zat-zat makanan ternak yng bersangkutan (feeding standard)
  • pengetahuan wacana komposisi kimia
  • menghitung serta merangkum bahan makanan.

Secara garis besar ada lima jenis metode penyusun ransum, yakni:
  1. trial and error method
  2. pearsons square method
  3. exact method
  4. simultaneous equation method
  5. linear programing method.

Trial and error

Metode ini memiliki dua langkah awal yng Perlu di lakukan berlebi dahulu sebelum melangkah lebih lanjut yakni memilih bahan pakan yng akan dipakai dari bahan pakan yng tersedia serta mencari data bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengetahui kandungan nutrien penyusun masing-masing bahan pakan yng sudah terpilih, selanjutnya menyusun serta menghitung berulang kali kandungan nutrien yng sesuai maupun yng dikehendaki. Trial and error method bila ditinjau dari tatacara perhitungannya adalah metode yng tidak lebih praktis, apalagi orang-orang yng tak berkecimpung dalam penyusunan ransum akan memperoleh kesulitan.

Pearsons square

Adalah metode yng simpel serta yng cuma dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk membuat campuran yng cuma terdiri dari dua jenis bahan pakan. Kedua bahan pakan yang telah di sebutkan yng berbeda cuma kadar satu jenis nutrien. Hasil campurannya memiliki kadar nutrien diantara kadar dari kedua bahan pakan yang telah di sebutkan. Jadi metode ini misalnya cuma bagi atau bisa juga dikatakan untuk menentukan PK saja, bagi atau bisa juga dikatakan untuk ME saja, bagi atau bisa juga dikatakan untuk satu jenis mineral ataupun satu jenis vitamin dari campuran yng tersusun dari dua jenis bahan pakan.

Exact

Metode ini lebih praktis dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyusun ransum ternak ruminansia, meskipun bisa juga dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk ternak non ruminansia. Pada penggunaan metode ini Perlu diketahui adanya beberapa ketentuan berlebi dahulu, yakni meliputi jumlah nutrien yng dibutuhkan ternak sesuai yang dengannya bobot kadarnya, jenis serta kandungan nutrien bahan pakan yng akan dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyusun ransum, jumlah pakan hijauan bagi atau bisa juga dikatakan untuk memenuhi seluruh TDN (total digestible nutrient) yng dibutuhkan, jumlah konsentrat bagi atau bisa juga dikatakan untuk memenuhi sebagian dari pakan hijauan, serta pengujian kendungan nutrien ransum.

Simultaneous equation

Metode ini disebut juga yang dengannya nama persamaan aljabar. Dipakai XY (aljabar) lantaran ada dua hal yng belum diketahui serta yng akan dicari, misalnya PK (X%) serta ME (Y mcal/kg). Disamping itu bahan pakan yng akan dipakai merupakan lebih dari dua jenis.

Linear programing

Metode ini adalah penjabaran dari simultaneous equation method yng umumnya di lakukan yang dengannya bantuan komputer. Metode ini mempergunakan macam-macam bahan pakan serta mempergunakan macam-macam faktor pembatas. Keunggulan dari metode ini, yakni efektif, efisien dalam waktu serta keakuratan tinggi.

Sumber rujukan dan gambar : http://www.agrinak.com/2016/08/5-cara-menyusun-ransum-pakan-ternak.html.

Seputar 5 Cara Menyusun Ransum Pakan Ternak

Advertisement
 

Cari Artikel Selain 5 Cara Menyusun Ransum Pakan Ternak