Sambiloto, Tanaman untuk Kebugaran dan Stamina

- September 22, 2017

Sambiloto, Tanaman untuk Kebugaran dan Stamina

 
Sambiloto Andrographis paniculata berperan penting melindungi kebugaran Roni. Anggota famili Acanthaceae itu tokcer menjadi imunomodulator atau juga melindungi kekebalan tubuh. Faedahnya menambah sel darah putih fagositosis-sel yng bekerja pada system kekebalan tubuh. Selain itu pula menaikan CD4 dan merintangi perkembangbiakan HIV. Yng paling berperan terhadap itu seluruh merupakan senyawa aktif andrographolida.
Senyawa aktif itu sekalian menyumbangkan rasa pahit. Hingga-sampai di Jawa Sedang, orang menyebut sambiloto yang dengannya nama kipahit dan di Eropa, king of bitters atau juga si raja pahit. Khasiat lain amat beragam, sekadar menyebut beberapa di antaranya merupakan menjaga otot jantung, membunuh sel kanker, antidiabetes mellitus, menghilang-kan nyeri, dan antihepatitis. Empat puluh delapan jam sesudah dikonsumsi, andrographolida terdapat di banyak sekali organ antara lain 20,9% di otak, 14,9% (limpa), 11,1% (jantung), 10,9% (paru-paru), 7,9% (ginjal).
Ingin bugar yang dengannya sambiloto? Petiklah ampadu tanah-nama di Sumatera Barat- menjelang bunga muncul. Tatkala itulah kandungan senyawa aktif tertinggi. Yang dengannya rutin mengkonsumsi sambiloto, tubuh Rony tetap bugar. Asupan suplemen herba yng bisa atau mampu menaikan daya tahan tubuh memanglah diharapkan disaat polutan dan radikal bebas menjadi ancaman. Pendapat dari dr Edwin Perdana, radikal bebas adalah molekul yng kehilangan elektron.
Akibatnya, molekul itu menjadi tidak stabil dan mencoba mengambil elektron sel lain. Padahal, radikal bebas-antara lain bersumber pada asap rokok, sinar ultraviolet, dan makanan berpengawet- menimbulkan beragam penyakit degeneratif. Tubuh kita sejatinya bisa menangkal radikal bebas lantaran memproduksi antioksidan bernama glutathione. Akan tetapi, bila jumlah radikal bebas amat tidak sedikit, efektivitas glutathione menurun. Itulah sebabnya konsumsi tanaman kaya anti¬oksidan amat diharapkan.
Jintan Tanaman yng pula kaya antioksidan merupakan jintan hitam Nigella sativa. Biji tanaman itulah yng dikonsumsi dr Eliya. MARS, di Serang, Provinsi Banten, untuk melindungi kebugaran. Jintan memiliki kandungan 58% asam lemak esensial-termasuk omega 3 dan 6-yang berfungsi memperkuat system kekebalan tubuh dan membantu pembentukan prostaglandin. Senyawa aktif yng berfungsi membangun kekebalan tubuh merupakan nigellone dan thymochinone. Kemampuan jintan membangun kekebalan tubuh setara yang dengannya tumbuhan obat echinacea.
Pendapat dari Harijono Achmad dari Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya, jintan hitam multikhasiat menjadi antikanker, hipoglikemik atau juga menurunkan kadar gula darah, antiasma, dan menaikan daya tahan tubuh. Khasiat itu dibuktikan melalui serangkaian riset ilmiah. Harijono, misalnya, memperlihatkan, jintan menjadi antidiabetes yng menurunkan 60 ml kadar gula darah sesudah 30 menit konsumsi. Itu Amat berguna.
"Sebab, penurunan kadar gula darah 2 jam setelah makan indikator keberhasilan pengontrolan gula darah pada penderita diabetes," ujarnya. Tanaman purba yng dimanfaatkan sejak era Firaun itu merangsang energi di tubuh dan mengatasi kelelahan. "Semingu sekali saya ke Jakarta (sekitar 3 jam perjalanan, red) membawa kendaraan sendiri. Yang saya rasakan tak mudah lelah," ujar dr Eliya, alumnus Faktultas Kedokteran Universitas Brawijaya.
Selain itu temuiawak secara turun- temurun dimanfaatkan untuk melindungi kebugaran dan stamina. Kini di sedang gempuran gaya hidup modern yng cenderung tidak sehat, rimpang Curcuma xanthorriza itu tetap mendapatkan tempat di hati konsumen. Flariana yng berprofesi menjadi guru senam rutin menyeduh temuiawak setiap pagi dan menjelang tidur. Seduhan itu, "Membuat tubuh terasa lebih segar dan fit," ujar kelahiran Surabaya 15 November 1980.
Supaya praktis, Hariana membeli serbuk temuiawak yng dikemas persis teh celup. Di dalamnya memanglah tidak cuma terdiri atas serbuk temuiawak, namun ada banyak sekali herbal lain semisal bunga anting dan rosela. Pendapat dari Lina Mardiana, herbalis di Yogyakarta, faedah keduanya untuk melindungi stamina dan kondisi lambung. Senyawa aktif dalam temuiawak bernama kurkumin pula berperan menjadi antioksidan. Dalam banyak sekali riset, anggota famili Zingeberaceae itu pula berguna mencegah ataupun mengatasi beberapa penyakit semisal menjadi antikanker, antikolesterol, dan orteoarthritis.
Afrodisiak Kerabat temuiawak yng tidak sedikit dimanfaatkan merupakan jahe merah. Ketimbang jenis jahe lain, jahe merah lebih pedas. Penyebab rasa itu merupakan senyawa aktif bernama zingeron. Imam Santosa, rutin mengkonsumsi ekstraknya 2 kapsul 2 kali sehari. Lelaki 56 tahun itu merasakan faedahnya, "Tak gampang capai. Kalaupun lelah, lebih cepat hilang," ujar Imam. Begitu juga yng dirasakan Maman Resmana di Lembang, Kabupaten Bandung. Ujarnya, "Konsumsi jahe merah hanya untuk menjaga kesehatan dan menghangatkan badan karena Lembang daerah dingin."
Pendapat dari Sarah S. Kriswanti, herbalis di Bandung, jahe merah sejatinya multiguna. Zingiber officinale itu berguna melancarkan sirkulasi darah, melancarkan pernapasan, antikembung, afrodisiak atau juga menaikan gairah seks, dan menaikan stamina. Ingin berupaya khaisatnya? Di pasaran terdapat tidak sedikit sediaan semisal kapsul dan serbuk yng tinggal seduh. Andai ingin menikmati minuman segar, rebus rimpang jahe merah dalam 2 liter air. Agar bisa aroma kian sedap, tambahkan daun pandan, kayumanis, dan cengkih.
Beragam tanaman obat semisal jahe merah, temuiawak, dan jintan potensial melindungi kebugaran dan stamina. Tanaman- tanaman obat itu pula kaya antioksidan, aman dikonsumsi dalam jangka panjang. Disaat radikal bebas bertebaran, melindungi kebugaran atau kesehatan lebih baik ketimbang mengobati. Saran Hipokrates- bapak kedokteran dunia-jadikan makananmu menjadi obatmu ada benarnya pula.

Sumber rujukan dan gambar : http://www.agropustaka.com/2016/11/sambiloto-tanaman-untuk-kebugaran-dan.html.

Seputar Sambiloto, Tanaman untuk Kebugaran dan Stamina

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Sambiloto, Tanaman untuk Kebugaran dan Stamina