ternak bebek broiler mudah menguntungkan

- November 03, 2017

ternak bebek broiler mudah menguntungkan

 
Budidaya penggemukan bebek pedaging mempunyai potensi yng Amat besar bagi atau bisa juga dikatakan untuk usaha, lantaran permintaan akan daging unggas jenis ini terus meningkat serta pula tergolong Amat besar. Yang dengannya mempergunakan pola peternakan organik diharapkan membantu dalam peningkatan produk ternak yng lebih sehat serta menguntungkan.
ternak bebek broiler mudah menguntungkan
Ternak Bebek Broiler Mudah Menguntungkan
Tips berternak bebek supaya cepat besar sebetulnya bukanlah hal yng susah, pula bukan hal yng mudah, akan tetapi yang dengannya mengetahui dan menguasai teknik penggemukan yng tepat guna, di harapkan membawa kesejahteraan peternak bebek di Indonesia. Budidaya bebek pedaging mempergunakan pola organik merupakan pilihan tepat bagi atau bisa juga dikatakan untuk mempercepat pertumbuhan unggas yng di usahakan.
Langkah-Langkah Penggemukan Bebek Broiler :
Sebelum mengawali beternak bebek pedaging sebaiknya mengkaji beberapa teknik dasar penggemukan merupakan Amat penting !, Faktor berhasil serta tidaknya dalam budidaya bebek Amat bergantung dari teknis yng dikuasai. Langkah ataupun tips awal budidaya bebek yng Perlu di perhatikan merupakan menjadi berikut:
* Pemilihan bibit yng baik ( Bibit Unggul)
* Komposisi pakan yng seimbang
* System sangkar yng nyaman bagi ternak
* Pengendalian penyakit unggas
* Penanganan pasca panen
Tips Memilih Bibit Bebek Broiler Yng Baik :
Proses pemilihan bibit bebek ( Itik ) unggul mempunyai peran Amat penting bagi peternak bebek pedaging, bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencapai maupun meraih keuntungan budidaya bebek potong sebaiknya pemilihan bibit bebek jantan. Kunci berhasil budidaya bebek pedaging merupakan memilih bibit ( Anak itik jantan ) lantaran faktor kecepatan pertumbuhan bebek jantan lebih unggul andai dibandingkan bebek betina. harga bibit bebek jantan pula lebih murah andai dibandingkan yang dengannya bebek betina.
Komposisi Pakan Bebek Yng Seimbang:
Kecukupan pakan yng mempunyai kualitas dari segi nilai gizi akan mempercepat pertumbuhan unggas bebek lebih bongsor, sehat serta tahan penyakit. Pemberian pakan buatan sendiri (dedak / bekatul, bekicot + tepung cangkang, tepung jagung, tepung ikan, tepung bulu unggas) penggunaan serta penambahan batang pisang, daun pepaya, daun mengkudu dan sayur-sayuran menjadi penunjang serat organik lebih unggul & lebih murah andai di bandingkan yang dengannya pakan buatan pabrikan. Faktor cuaca serta suhu tempat budidaya unggas bebek Amat berpengaruh akan keseimbangan komposisi, baik itu nilai serat, protein serta karbohidrat-nya. Pemberian suplemen Amat di perlukan bagi atau bisa juga dikatakan untuk melindungi kebugaran atau kesehatan serta mempercepat pertumbuhan Bebek.
Sangkar Bebek Broiler Yng Baik:
Tips membuat sangkar bebek yng baik merupakan didasari besar serta kecilnya anggaran yng kamu punyai, bagi atau bisa juga dikatakan untuk system sangkar bebek pedaging sebaiknya mempergunakan sangkar panggung yang dengannya menghadap arah matahari terbit. Kelebihan sangkar panggung merupakan Amat baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk melindungi kebersihan serta kebugaran atau kesehatan bebek pedaging. Akan tetapi andai kamu mempergunakan sangkar lantai non panggung , sebaiknya penggunaan lapisan pasir, kapur serta sekam padi Amat penting , fungsi kapur merupakan penting bagi atau bisa juga dikatakan untuk melindungi PH tanah, mengendalikan penyakit dan proses penyerapan kotoran bebek lebih baik. Yang dengannya menambahkan kapur dan sekam padi yng sudah bercampur yang dengannya kotoran bebek , seusai masa 3 - 5 tahun memiliki manfaat besar bagi atau bisa juga dikatakan untuk dipakai menjadi bahan pembuatan Bokashi ( Pupuk Organik) .
Tips Budidaya Itik Broiler yng Berharga Jual Tinggi
Daging itik Amat mudah kita temukan. Macam-macam olahan daging ini mampu kita nikmati di restaurant ataupun warung yng menyediakan menu itik. Barangkali, Kamu melihat kesempatan lantaran pasokan daging itik masih tidak lebih di daerah Kamu. Andai Kamu memanglah tertarik bagi atau bisa juga dikatakan untuk beternak itik maka pelajari dulu bagaimana tips ternak unggas ini supaya panen Kamu sesuai yang dengannya permintaan pasar.
Menyiapkan Sangkar bagi atau bisa juga dikatakan untuk Itik Broiler :
Sebelum membeli bibit itik yng unggul, Kamu Perlu menyiapkan berlebi dahulu kandangnya. Ada 3 jenis sangkar yng mampu Kamu siapkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk budidaya itik pedaging.
  1. Pertama, Kamu butuh menyiapkan sangkar box khususnya bagi atau bisa juga dikatakan untuk anak itik ataupun DOD yng berukuran 1 meter sampai-sampai 2 meter untu menampung 50 ekor.
  2. Kedua, Kamu mampu menyiapkan sangkar yng dinamakan sangkar brower. Sangkar ini dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk memelihara itik remaja. Sangkar ini mampu memuat sekitar 16 sampai-sampai 100 ekor itik remaja.
  3. Ketiga, siapkan sangkar layar khususnya bagi atau bisa juga dikatakan untuk itik petelur dewasa. Kapasitas sangkar ini merupakan 4 ekor sampai-sampai 5 ekor itik dewasa.
Yang dengannya memperhatikan tips budidaya itik broiler yang dengannya memperhatikan sangkar diharapkan itik mampu berkembang secara sehat serta maksimal. Buatlah sangkar dari bahan yng kuat serta tahan lama. Jangan tidak ingat tambahkan tempat makan serta minum sesuai yang dengannya jumlah itik yng ada dalam sangkar bagi atau bisa juga dikatakan untuk memastikan bahwasanya itik-itik yang telah di sebutkan memperoleh makanan yng cukup.
Pemilihan Bibit Itik Broiler yng Unggul :
Memilih bibit unggul merupakan teknik budidaya itik pedaging selanjutnya. Tentunya, ada beberapa tips yng mampu Kamu lakukan bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperoleh bibit itik pedaging yng mempunyai kualitas. Berikut beberapa tips bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperoleh bibit bebek ataupun itik mempunyai kualitas:
  1. Belilah bibit itik yng telah menetas yng berasal dari itik petelur yng telah dijamin kualitasnya.
  2. Memelihara itik jantan serta betina yng memanglah unggul bagi atau bisa juga dikatakan untuk lantas menetaskan telur-telurnya menjadi itik pedaging.
  3. Membeli bibit itik DOD di tempat yng telah direkomendasikan oleh pihak-pihak terkait semisal Dinas Peternakan.
  4. Pastikan bahwasanya DOD tak dalam keadaan sakit serta cacat. Bulunya haruslah mengkilat yang dengannya warna kuning segar.
Perawatan Bibit Itik Broiler :
Kamu pula butuh mengkaji perawatan itik pedaging lantaran ini adalah bagian dari teknik beternak itik pedaging yng benar. Sesudah Kamu memperoleh bibit itik yng mempunyai kualitas, segera tempatkan pada sangkar brooder. Sebar bibit itik yang telah di sebutkan secara merata yang dengannya suhu yng telah disesuikan yang dengannya usia itik. Tambahkan vitamin pada makanan ataupun minuman bibit yang telah di sebutkan supaya kualitasnya tetap terjaga.
Pemberian Pakan Itik Broiler :
Perawatan itik pedaging salah satunya pula tips pemberian pakan. Yang akan di sajikan kali ini beberapa cara yng mampu di lakukan tatkala memberikan pakan pada itik pedaging. Jenis pakan serta jumlahnya dibedakan didasari usia bibit itik yang telah di sebutkan. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk bibit itik pedaging usia 0-16 hari genakan wadah datar supaya itik mudah bagi atau bisa juga dikatakan untuk memakannya. Sedangkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk usia 16-21 hari berikan pakan pada wadah dan sebarkan pada lantai sangkar. Andai itik telah berumur 21-18 minggu maka sebarkan saja pakan di lantai. Tambahkan juga vitamin tambahan semisal bekatul, jagung, ataupun tepung ikan.
Pemeliharaan Itik Broiler :
Memelihara itik pedaging pula ada tantangannya. Tantangan paling besar merupakan hama serta penyakit. Umumnya, itik pedaging akan menderita penyakit yng dinamakan yang dengannya Duck Cholera serta Salmonelosis. Ciri-tanda umum penyakit ini merupakan itik akan mencret serta terlihat sesak nafas. Cegah penyakit ini yang dengannya memperhatikan sanitasi serta kebersihan sangkar. Berikan itik yang telah di sebutkan vaksinasi sesuai dosis yng tertera.
Prospek Usaha Bebek Pedaging (Broiler) :
Barangkali Kamu bertanya-tanya, apa benar beternak bebek potong itu menghasilkan? Saat ini, simak saja harga itik jenis ini per ekor. Pada bulan September 2012 lantas satu ekor bebek pedaging yang dengannya berat 1.5kg ditawarkan yang dengannya harga Rp. 38.000 per ekor. Sedangkan itik pedaging yang dengannya berat sekitar 1.2kg sampai-sampai 1.3kg dibandrol yang dengannya harga Rp. 33.000,- per ekornya. Harga ini merupakan harga andai bebek yang telah di sebutkan hidup. Umumnya, ada pembeli yng ingin membeli bebek dalam keadaan mati serta telah bersih. Silakan saja Kamu sediakan namun berilah ongkos tambahan bagi atau bisa juga dikatakan untuk membersihkan bebek yang telah di sebutkan sampai-sampai siap olah.Bagaimana andai Kamu mempunyai bebek yng masih kecil serta berusia beberapa hari saja? Jangan salah, andai bibit itik yang telah di sebutkan berasal dari induk yng mempunyai kualitas serta unggul maka 1 ekor bibit itik jantan usia 3 sampai-sampai 7 hari dihargai sekitar Rp. 6.500,- per ekor. Sedangkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk bibit itik betina yang dengannya usia yng percis dihargai lebih tinggi yakni sekitar Rp. 8.500,-
Pemasaran Bebek Pedaging :
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk tahap awal, mulai beternak bibit itik jantan lantaran harganya lebih murah. Selain itu, bebek jantan pertumbuhannya lebih cepat serta segera mampu dipanen. Secara detail, Kamu mampu memanen itik potong jantan cuma dalam waktu 2 bulan sampai-sampai 3 bulan saja yang dengannya berat yng telah standar. Usahakan menjual bebek yng usianya masih muda. Ini lantaran daging bebek muda empuk serta gurih yang dengannya nilai gizi yng masih Amat tinggi. Mudah-mudahan berita ini bermanfaat bagi Kamu yng ingin mengawali usaha peternakan khususnya usaha itik pedaging.

Sumber rujukan dan gambar : http://duniacaraternak.blogspot.com/2016/10/ternak-bebek-broiler-mudah-menguntungkan.html.

Seputar ternak bebek broiler mudah menguntungkan

Advertisement
 

Cari Artikel Selain ternak bebek broiler mudah menguntungkan