Perbedaan burung walet dan burung sriti

- November 12, 2017

Perbedaan burung walet dan burung sriti

 

Burung walet

Berbeda yang dengannya Sriti yng kalah pamor yang dengannya Walet. Burung walet yng menghasilkan sarang yng kita makan terkenal yang dengannya nama ilmiah collocalia masuk dalam keluarga apodidae, yng mana tak percis yang dengannya “burung walet biasa” ataupun pun burung sriti.
Walet hidup dalam kelompok dan umumnya tinggal di daerah tepi laut dan memakan serangga. Dari rupanya walet berbeda yang dengannya apa yng dikenal yang dengannya “burung walet rumah” ataupun yng biasanya dikenal yang dengannya nama sriti. Rata-rata panjang tubuh Walet merupakan 9 cm ataupun separuh burung sriti. Walet mempunyai ekor yng lebih pendek dan mengkotak sementara Sriti mempunyai ekor yng lebih panjang dan runcing. Umur rata-rata walet merupakan 15-18 thn. Usia memberi pengaruh kualitas sarang, pada biasanya makin tua walet makin butuh waktu lama memasaknya.
Perbedaan burung walet dan burung sriti
Superorder : Apomorphae Order : Apodiformes Family : Apodidae Sub Family : Apodenae Tribes : Collacaliini Genus : Collacalia Species :Collacalia fuciphaga
Beberapa jenis burung walet mempergunakan ekolokasi dalam menentukan posisinya di dalam gua yng gelap. Tak semisal kelelawar, walet membuat bunyi klik dalam jangkauan pendengaran kita-kita. Bunyi klik itu terdiri dari 2 pulsa broadband(3-10khz) yng dijauhkan oleh jeda beberapa saat(1-3milidetik). Periode pulsa bunyi(IPP) bervariasi bergantung dari level cahaya.
Pada kondisi yng lebih gelap burung itu mengeluarkan IPP yng lebih pendek pula bunyi akan lebih keras disaat mendekati sasaran dan IPP akan lebih panjang disaat burung akan keluar dari gua. Kebiasaan ini percis yang dengannya kelelawar disaat mendekati sasaran. Burung itu pula mengeluarkan sebuah seri dari bunyi klik yng rendah yng diikuti oleh sebuah panggilan disaat mendekati sarang, diasumsikan bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperingati burung lain agar bisa jangan memperhalang jalannya. Para ahli berpikir bahwasanya bunyi dobel klik itu dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk membedakan burung satu yang dengannya yng lain.
Burung walet merupakan insektivora. Umumnya orang-orang mengabaikan atau meninggalkan gua pada waktu pagi dan kembali pada waktu sore. Bentuk jantan dan betina kelihatan mirip. Walet menganut monogami, dan jantan dan betina sama-sama bertanggung jawab atas sarangnya. Pejantan akan menunjukan pertunjukkan udara bagi atau bisa juga dikatakan untuk menarik si betina dan perkawinan berlangsung disarang. Musim kawin umumnya pada musim hujan bersamaan yang dengannya saatnya jumlah serangga meningkat. Walet menelurkan 1 ataupun 2 butir, berwarna putih pucat dan dikeluarkan pada hari yng berbeda. Kebanykan walet hidup berkoloni, bersarang ditempat yng tinggi dan gelap.
Perbedaan burung walet dan burung sriti
Secara umum beberapa jenis ”Walet umum” bermigrasi akan tetapi Walet yng menghasilkan sarang dari ludah tinggal didaerah indo pasifik yng tropis dan tak bermigrasi. Walet menarik orang lantaran harga sarangnya yng Amat tidak murah, sarang burung walet tak terbuat dari ranting, jerami ataupun bulu semisal sarang burung lain-lainnya melainkan berasal dari ludahnya.

Burung Sriti

Burung Sriti merupakan sebangsa burung layang-layang yng masih saudara dekat yang dengannya Burung Walet. Secara anatomi burung Sriti mirip yang dengannya Walet, malah lantaran kemiripan ini dia tidak sedikit pengusaha Walet seringkali memaksakan Sriti bagi atau bisa juga dikatakan untuk bertukar telur yang dengannya Walet, hal ini berlangsung andai di peternakan populasi Walet masih lebih tidak banyak dibanding populasi Sriti. Telur yng ditukar sebaiknya mempunyai umur percis supaya sriti tak terasa dibohongi.
Perbedaan burung walet dan burung sriti
Di rumah sriti yng belum tidak sedikit walet, kesuksesan penetasan 10%. Pengertiannya dari 100 telur menetas, yng hidup hingga dewasa 10 ekor. Akan tetapi, begitu populasi walet mencapai 100 sarang, berhasil penetasan mencapai 30%. Pergantian telur Perlu sesering barangkali lantaran populasi terlalu tidak banyak memicu walet terasa tak aman di tengah-tengah koloni sriti. Ruangan sebaiknya dibuat lebih gelap supaya anak walet betah dan Sriti yng suka terang pindah ke tempat lain.
Sarang Burung Sriti (Collocalia Esculenta) dibangun dari material semisal daun cemara, rumput, dan lumut laut yng direkatkan oleh air liur burung. Sedangkan sarang Walet (Collocalia Fuciphaga) murni terbuat dari liur walet. Harga sarang burung Sriti lebih murah, berkisar Rp500.000/kg; sarang Walet Rp 10 - 15 juta/kg bergantung kualitas dari sarang walletnya..
Brung Sriti ataupun burung layang layang memanglah belum salah satunya burung yng dilindungi, namun kalau melihat perubahan alam desa yng tidak lebih bersahabat yang dengannya kelangsungan hidup satwa ini tentu nantinya kita cuma akan melihat Sriti di sentra-sentra peternakan Walet. Itupun barangkali cuma di awal disaat peternakan itu baru akan mulai, tentu saja andai populasi Walet sudah melimpah pasti Sriti akan terusir lantaran telah tak ekonomis lagi.

Sumber rujukan dan gambar : http://duniacaraternak.blogspot.com/2016/10/Perbedaan-burung-walet-dan-burung-sriti.html.

Seputar Perbedaan burung walet dan burung sriti

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Perbedaan burung walet dan burung sriti