KANDUNGAN DAN MANFAAT BUAH SEMANGKA

- Juli 05, 2017

KANDUNGAN DAN MANFAAT BUAH SEMANGKA

 
Buah Semangka - Ya, merupakan buah semangka yng Amat segar andai dibuat jus maupun cuma dimakan secara langsung tatkala cuaca tengah panas, rasanya pun manis yng lantas membuatnya Amat laku dipasaran, bentuknya berbeda-beda, ada yng bulat pula lonjong, warna-nya pun berbeda-beda, ada yng merah pula ada yng kuning, hmm udah kayak lagu balonku aja :D hehe..
Semangka ataupun tembikai (Citrullus lanatus, suku ketimun-ketimunan ataupun Cucurbitaceae) merupakan tanaman merambat yng berasal dari daerah 1/2 gurun di Afrika bagian selatan. Tanaman ini masih sekerabat yang dengannya labu-labuan (Cucurbitaceae), melon (Cucumis melo) serta ketimun (Cucumis sativus). Daunnya berlekuk-lekuk di tepinya. Bunganya sempurna, berwarna kuning, kecil (diameter 3cm). Semangka merupakan andromonoecious monoklin, yakni mempunyai dua jenis bunga pada satu tumbuhan: bunga jantan, yng cuma mempunyai benang sari (stamen), serta bunga banci/hermafrodit, yng mempunyai benang sari serta putik (pistillum). Bunga banci bisa dikenali dari adanya bakal buah (ovarium) di bagian pangkal bunga berupa pembesaran berbentuk oval.
Selain segar serta manis, diluar dugaan buah semangka pula mempunyai segudang manfaat, yang akan di sajikan kali ini kandungan yng ada dalam buah semangka:

Kandungan Buah Semangka

  • karbohidrat
  • air
  • vitamin A, B1, B2 B6, C
  • kalsium
  • folate
  • besi
  • niacin
  • magnesium
  • zinc
  • gula
  • serat pangan
  • lemak
  • protein
  • phosporus
  • potassium
  • pantothenic acid

Manfaat Buah Semangka bagi atau bisa juga dikatakan untuk Kebugaran atau kesehatan

  1. Mencegah tekanan darah tinggi serta stroke
    Dalam buah semangka memiliki kandungan kalium yng berperan dalam menurunkan tekanan darah. Selain itu kandungan karetenoid pada buah semangka bisa mencegah pengerasan dinding arteri ataupun pembuluh vena, menjadikan bisa mengurangi tekanan darah.
  2. Menyegarkan kulit
    Buah semangka mempunyai zat alami yng bisa merubah penampilan kulit. Kamu bisa memijat kulit Kamu yang dengannya irisan semangka segar ataupun mencampurnya yang dengannya madu bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperoleh hasil paling baik. Kamu pula bisa mempergunakan jus semangka serta mengoleskannya pada wajah serta leher Kamu.
  3. Melindungi kebugaran atau kesehatan ginjal
    Manfaat buah semangka dalam melindungi kebugaran atau kesehatan ginjal yakni lantaran adanya kandungan kalium yng tinggi. Kalium ini membantu membersihkan sisa-sisa racun yng terdapat pada ginjal. Selain itu, buah semangka bisa atau mampu menurunkan kadar asam urat dalam darah menjadikan mengurangi resiko kerusakan ginjal serta pembentukan batu ginjal.
  4. Antioksidan
    Menjadi antioksidan yakni melihat dalam buah ini memiliki kandungan likopen yng cukup tinggi. Likopen adalah senyawa antioksidan yng berpotensi bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencegah radikal bebas. Radikal bebas berlangsung tak terkendali, mampu disebabkankarena polusi, pola makan serta daya tubuh yng menurun. Hal ini berakibat, tubuh kamu gampang terserang penyakit serta radikal bebas ini adalah awal dari munculnya penyakit kanker.
  5. Melembapkan kulit
    Semangka merupakan buah yng memiliki kandungan tidak sedikit air yng membuat tubuh serta kulit terhindar dari dehidrasi. Andai Kamu mempunyai kulit kering, Kamu bisa mencampurkan semangka serta madu bagi atau bisa juga dikatakan untuk tetap melembapkan kulit. Dehidrasi bisa memicu wajah kering serta kusam. Jadi, sertakan buah berair ini dalam diet Kamu.
  6. Mencegah sariawan
    Buah semangka memiliki kandungan tidak sedikit vitamin serta air, kedua senyawa ini dia yng berperan dalam mencegah munculnya sariawan. Lantaran dasarnya memang, sariawan ditimbulkan lantaran adanya bakteri yng berkembang di mulut serta bakteri akan berkembang baik andai mulut kamu kering menjadikan kandungan air dari buah semangka bisa mengurangi adanya bakteri.
  7. Pengganti makanan rendah gula bagi penderita diabetes
    Walaupun buah semangka manis, akan tetapi diluar dugaan memiliki kandungan gula yng relatif rendah. Selain itu, manfaat buah semangka bagi penderita diabetes yakni kandungan yng terdapat dalam buah semangka bisa atau mampu merangsang produksi insulin menjadikan menurunkan kadar gula dalam darah.

Selama ini kita cuma memakan semangka cuma dagingnya saja, namun diluar dugaan bukan cuma daging semnagka saja yng memiliki gizi, kulit semangka pun memiliki gizi yng bermanfaat u tuk kita-kita, yang akan di sajikan kali ini merupakan manfaat kulit semangka.

Manfaat Kulit Semangka

Kandungan Serta Manfaat Kulit Semangka
Meskipun tak manis serta serenyah daging semangka, kulit semangka pula masih memiliki kandungan sejumlah gizi yng bernilai bagi tubuh. Sepotong kulit semangka berukuran 2,5 cm x 2,5 cm diketahui memiliki kandungan sekitar 1,8 kalori. Selain itu, meskipun kandungan nutrisi makro dalam kulit semangka tak sebanyk dalam daging buahnya, akan tetapi satu cangkir porsi kulit semangka bisa memberikan sekitar 2% dari kebutuhan vitamin C harian dan 1% dari kebutuhan vitamin B6 harian. Manfaat kulit semangka diketahui Amat baik bagi kulit, system imunitas, serta kebugaran atau kesehatan system saraf.
Kandungan yng paling luar biasa dalam kulit semangka barangkali merupakan senyawa citrulline.
Senyawa ini dikatakan memberikan efek antioksidan yng menjaga tubuh dari kerusakan yng diakibatkan oleh radikal bebas. Selain itu, dalam tubuh kamu citrullin pula bisa diubah menjadi arginin, sebuah asam amino yng Amat penting bagi system peredaran darah serta kekebalan tubuh. Ini dia alasan kenapa semangka dikatakan bisa menaikan kebugaran atau kesehatan jantung serta menyembuhkan impotensi.
Demikianlah analisis wacana manfaat buah semangka, mudah-mudahan memberikan manfaat. lihat pula wacana manfaat bunga melati serta manfaat buah belimbing

Sumber rujukan dan gambar : http://www.nangimam.com/2014/01/kandungan-dan-manfaat-buah-semangka.html.

Seputar KANDUNGAN DAN MANFAAT BUAH SEMANGKA

Advertisement
 

Cari Artikel Selain KANDUNGAN DAN MANFAAT BUAH SEMANGKA