Proses Pencernaan Pakan Sapi

- Juli 05, 2017

Proses Pencernaan Pakan Sapi

 
Makanan ataupun bahan-bahan makanan ataupun pakan sapi merupakan bahan-bahan yng bisa diberikan kepada ternak, sebagian ataupun seluruhnya bisa dicerna tanpa mengganggu kebugaran atau kesehatan, yang dengannya tujuan bagi atau bisa juga dikatakan untuk kelangsungan hidupnya secara normal.

Proses Pencernaan


Perut (lambung = waduk) ruminansia terdiri dari 4 jenis: 1) lambung penampung (rumen), 2) lambung jaring (reticulum), 3) lambung buku (omasum) serta 4) lambung sejati (abomasum). Bahan-bahan makanan ataupun pakan yng dimakan sapi dikunyah yang dengannya bantuan air liur (ludah = saliva) di dalam mulut. Air liur selain dibutuhkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk membantu mengunyah serta menelan makanan yng kering, pula bagi atau bisa juga dikatakan untuk memecah pati menjadi maltose serta dextrose yng gampang larut. Air liur sapi dewasa diperkirakan sekitar 120 pound (± 55 liter) per hari, cukup bagi atau bisa juga dikatakan untuk buffer, menetralisir/memelihara rumen tetap netral ( pH = 7,0).

Seusai makanan dikunyah serta dicampur yang dengannya air liur, pakan yang telah di sebutkan ditelan serta masuk kedalam rumen serta bagian yng halus masuk ke dalam retikulum. Pada sapi dewasa daya tampung rumen sekitar 40 galon ataupun sebanyk 300 pound (± 136 kg) bahan. Di dalam rumen makanan ataupun pakan yng masih kasar mengalami fermentasi atas pengaruh bermacam-macam bakteri, yng memecahkan selulosa dari dinding-dinding sel-sel tanaman menjadikan zat-zat makanan yng tertutup oleh diding selulosa yang telah di sebutkan bisa "dikerjakan" oleh enzim menjadikan makanan menjadi lebih lunak serta halus. Seusai itu makanan dimuntahkan kembali ke dalam mulut, dikunyah-kunyah serta dicampur lagi yang dengannya air liur menjadikan berupa bubur. Lantas makanan ditelan bagi atau bisa juga dikatakan untuk kedua kalinya.Selanjutnya bahan makanan yng halus masuk ke retikulum. Retikulum letaknya berhadapan langsung di depan rumen, satu percis lain tak terpisah percis sekali menjadikan pertikel-pertikel makanan bebas melewatinya.
Bagian dalam dari retikulum semisal sarang lebah, serta disebut lambung jaring, yng berperan utama menjadi penyaring benda berat semisal paku ataupun potongan kawat yng tertelan bersama makanan. Bahan makanan yang telah di sebutkan selanjutnya masuk omasum. Fungsi omasum sudah diketahui tak sebanyk perut lain-lainnya. Peran utama yng sudah diketahui merupakan memeras/menurunkan kandungan air serta mendesak/menekan bahan makanan, yng akhirnya masuk ke abomasum (lambung sejati).
Di dalam abomasum, makanan dicampur serta dihancurkan oleh getah waduk yng memiliki kandungan HCl. Bersamaan yang dengannya itu, zat-zat protein dari makanan dipecah oleh enzim chymoseine menjadi protease-protease serta pepton-pepton. Selama di dalam waduk, makanan bereaksi asam, akan tetapi lantas di dalam usus berganti menjadi alkalis.
Di dalam usus, makanan berturut-turut mengalami perubahan-perubahan lagi oleh enzim-enzim dari pankreas dari dinding usus dan empedu yng berasal dari hati. Seusai terjadinya proses pencernaan, di dalam usus terbentuk zat-zat yng susunannya simpel menjadikan gampang diserap oleh darah melalui dinding-dinding usus kecil serta oleh darah makanan yang telah di sebutkan diedarkan ke seluruh bagian tubuh. Diagram perut ruminansia serta diagram bagian-bagian system pencernaan masing-masing bisa dilihat pada Gambar 3.1 serta 3.2.
Zat-zat makanan yng tak bisa dipergunakan, dikeluarkan kembali yang dengannya perantaraan alat tubuh sepeerti: zat-zat yng memiliki kandungan N dikeluarkan melalui ginjal, bagian yng tak bisa dicerna dikeluarkan melalui usus berupa kotoran (feces), zat-zat mineral dikeluarkan melalui kulit, ginjal serta feses, air dikeluarkan melalui kulit, ginjal, paru-paru serta feses, gas-gas semisal CO2 dikeluarkan melalui paru-paru.


Sumber rujukan dan gambar : http://www.agrinak.com/2015/11/proses-pencernaan-pakan-sapi.html.

Seputar Proses Pencernaan Pakan Sapi

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Proses Pencernaan Pakan Sapi