CARA BETERNAK KAMBING TANPA MENCARI RUMPUT

- November 14, 2017

CARA BETERNAK KAMBING TANPA MENCARI RUMPUT

 
Tips Ternak Kambing Tanpa Mencari Rumput : Peternak kambing kebanykan di sibukkan yang dengannya kegiatan mencari rumput ataupun ngarit dalam bahasa jawanya, menjadikan pendapatan orang-orang berkurang. saat ini tidak sedikit orang-orang yng beternak kambing akan tetapi tak mencarikan rumput terus menerus setiap harinya, serta tanpa angon pula. Beberapa bulan lantas disaat tatacara ini di terapkan tidak sedikit orang yng terasa heran Kenapa kambing bukannya diberi makan rumput akan tetapi bahkan dikasih limbah yng berupa kulit kacang hijau, kulit jagung, gedebok pisang serta ditambah katul/dedak tidak banyak. Ada beberapa orang yng terasa kasihan kepada kambing yang telah di sebutkan lantas dicarikan rumput dibelakang rumah bagi atau bisa juga dikatakan untuk pakannya. Disaat aku tahu fenomena itu, maka orang-orang saya kasih tahu, bahwasanya kambing itu sengaja di kasih pakan limbah yng telah di fermentasi selama 24 jam lantas mampu diberikan bagi atau bisa juga dikatakan untuk selamanya, selama persediaan masih cukup asalkan tak kena sinar matahari langsung serta tak di kenai hujan fermentasi yang telah di sebutkan masih baik buat pakan kambing.

CARA BETERNAK KAMBING TANPA MENCARI RUMPUT


Seusai orang-orang tahu lantas selanjutnya ikut mengamati perkembangan setiap harinya , orang-orang sepertinya heran mengapa cuma diberi pakan semisal itu, tanpa di beri rumput segar diluar dugaan perkembangannya Amat cepat besar serta sehat. Lebih heran lagi diluar dugaan kotoran serta urinnya tak bau percis sekali, serta ini dia yng Amat di harapkan oleh para peternak kambing.
Malah beberapa peternak pula saya ajak ke tempat peternak yng lain-lainnya bagi atau bisa juga dikatakan untuk melihat hasil penyembelihan kambing yng telah mengikuti tatacara yang telah di sebutkan, diluar dugaan lemaknya cuma tidak banyak sekali, Kata orang yng ikut memotong daging kambing yang telah di sebutkan lemaknya cuma ada di sekeliling ekor saja.
Pendapat dari satu dari sekian banyaknya peternak, tatacara membuat pakan pengganti di lakukan yang dengannya membuat pakan sekalian dalam jumlah tidak sedikit menjadikan ketersediaannya cukup bagi atau bisa juga dikatakan untuk beberapa minggu. Tentu pemilihan tehnologi serta bahannya menjadi syarat utama.

FERMANTASI PAKAN KAMBING

Tekhnologi fermentasi pakan mampu menjadi pilihan gampang. Alasannya, bahan baku mampu dari aneka macam daun serta jenis rumput kering ataupun limbah pengolahan kedelai (menjadi tahu ataupun tempe). Mampu pula dari gedebok pisang ditambah bekatul/dedak. Seluruh bahan itu dicampur lantas di fermentasi selama minimal 3×24 jam. Hasil nya merupakan makanan ternak fermentasi yng lebih awet yang dengannya bau khas serta kandungan karbohidrat, protein serta vitamin cukup stabil.
Pemberian pakan secara teratur yang dengannya jumlah seimbang antara berat pakan serta berat hewan membuat hewan ternak menjadi terpelihara secara lebih baik. Permasalahannya merupakan bagaimana membuat pakan ternak dari bahan seadanya semisal yang telah di sebutkan di atas secara cepat, tidak sedikit serta berkelanjutan hingga usia ternak mencukupi sesuai harapan baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk dijual ataupun bagi atau bisa juga dikatakan untuk bibit.
Mau tau cara membuat pakan ternak fermentasi ini?

MEMBUAT PAKAN FERMENTASI UNTUK KAMBING

Tips yng relatif murah, praktis serta hasil nya Amat disukai ternak merupakan fermentasi yang dengannya menambahkan bahan memiliki kandungan mikroba proteolitik, lignolitik, selulolitik, lipolitik serta bersifat fiksasi nitrogen non simbiotik (misalnya: starbio, starbioplus, EM-4 serta lain-lain).
CARA KE I
BAHAN DAN UKURAN:
  • 1000 Kg : jerami padi ataupun jerami jagung ataupun jerami kedelai (titen Jawa)
  • 20-25 Lt : tetes bila tak ada bisa diganti gula
  • 6-7 Lt : STARBIO, bila di daerah belum ada bisa diganti yang dengannya EM4.
  • 5-6 Kg : Urea bagi atau bisa juga dikatakan untuk menambah kandungan protein makanan
  • 250-300 Lt. : Air bagi atau bisa juga dikatakan untuk melarutkan starbiodan tetes/15Lt bagi atau bisa juga dikatakan untuk jerami basah

PERALATAN:
  • Silo tempat bagi atau bisa juga dikatakan untuk fermentasi bisa berupa tembok semen, bis semen, drum sesuai kemampuan serta jumlah ternak
  • Alat pemotong sabit ataupun sejenisnya
  • Ember ataupun timba, gembor, terpal plastik ataupun karung plastik
CARA MEMBUAT
  1. Sediakan silo dari bis beton disusun dua ataupun tiga, bila memakai drum bagian dalam agar bisa dicat supaya tak berkarat
  2. Jerami kering ataupun bahan-bahan kering yng sudah ada dipotong-potong yang dengannya ukuran tidak lebih lebih 25 cm sejumlah isi silo yng ada
  3. Larutkan tetes serta urea dan Satarbio yang dengannya air menjadi satu sesuai perbandingan bahan-bahan di atas.
  4. Siapkan terpal plastik bagi atau bisa juga dikatakan untuk alas menjcampur antara jerami yang dengannya campuran tets starbio serta air.
  5. Jerami yng telah dipotong ditaruh di atas terpal tidak banyak demi tidak banyak sembari disiram larutan air tetes serta starbio sesuai perbandingan di atas hingga merata serta jerami kelihatan basah.
  6. Seusai jarami benar-benar sudah disiram rata yang dengannya larutan yang telah di sebutkan, jerami dimasukkan ke dalam silo tidak banyak demi tidak banyak sembari dimampatkan/diinjak-injak agar bisa padat.
  7. Seusai mampat (padat) silo ditutup sampai-sampai rapat betul
  8. Seusai 7 hari jerami yang telah di sebutkan baru bisa mulai diberikan pada ternak sesuai yang dengannya kebutuhan serta selama bahan yang telah di sebutkan belum habis sesudah mengambil bahan dari silo agar bisa ditutup kembali yang dengannya rapat
  9. Penempatan silo agar bisa terhindar dari genangan air, terhindar dariterik matahari serta air hujan tak boleh masuk ke dalam silo
CARA MEMBERIKAN PAKAN KAMBING
  • Pemberian diberikan dua kali pagi serta sore yang dengannya ukuran: boot kambing x 3% pakan kering (jerami yng sudah difermentasi)
  • Ditambah makan tambahan berupa katul yng baik (kualitas I) sebanyk 0,5 kg/ekor.
Andaikan waktu petama kali tenak diberi pakan yang telah di sebutkan tak langsung mau agar bisa dilatiih tidak banyak demi tidak banyak hingga mau makan yang dengannya lahap. Supaya ternak cepat gemuk butuh diberi makan lain yng kadar proteinnya tinggi semisal pemberian katul konsentrat. Air minum agar bisa tetap tersedia (jangan hingga telat).
PENYAKIT PADA KAMBING
Penyakit Anthrax (Radang limpa)Penyakit ini penyebabnya yaitu oleh basil Anthrax (Bacillus anthracis). Spora basil ini bisa tahan hidup hingga 20 tahun dalam tanah. Ciri-tanda penyakit anthrax:
  • Nafsu makan hilang
  • Suhu badan meningkat
  • Susah bernafas serta Buang kotoran, mencret darah.
  • Ternak mati yang dengannya mendadak serta keluar darah dari lubang hidung, mulut serta lubang dubur.
Pencegahan : Vaksinasi bagi hewan sehat secara teratur, minimum setahun sekali, sebaiknya enam bulan sekali.Pengobatan : Hewan yng disangka sakit disuntik yang dengannya Serum anti anthrax serta suntikan antibiotika.
serta masih tidak sedikit lagi jenis jenis penyakit pada kambing yng belum saya







Demikianlah analisis wacana bagaimana tatacara beternak kambing tampa mencari rumput yng saya ambil dari sumber : maqonsae.blogspot.com & suksesbudidaya-ternak.blogspot.com mudah-mudahan berguna bagi atau bisa juga dikatakan untuk sahabat sahabat peternak kambing. lihat pula wacana pengganti pakan kambing fermentasi, manfaat susu kambing, serta tatacara beternak domba

Sumber rujukan dan gambar : http://www.nangimam.com/2013/09/cara-beternak-kambing-tanpa-mencari.html.

Seputar CARA BETERNAK KAMBING TANPA MENCARI RUMPUT

Advertisement
 

Cari Artikel Selain CARA BETERNAK KAMBING TANPA MENCARI RUMPUT