cara beternak belut benar dan mudah

- November 03, 2017

cara beternak belut benar dan mudah

 
Budidaya belut salah satunya satu dari sekian banyaknya kesempatan usaha yng menjanjikan. Tidak sedikit cara dalam budidaya belut. Semisal budidaya belut air bersih, budidaya belut tanpa lumpur, budidaya belut kolam terpal dan budidaya belut dalam drum.
Permintaan belut dipasaran sangatlah tinggi, akan tetapi tak diimbangi yang dengannya stok belut dari para pembudidaya belut. Nah, ini dia peluang anda bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengawali melakukan budidaya belut.
Bagaimana cara mengawali budidaya belut yng baik dan benar? Penjelasan di bawah ini akan membantu anda memahami lebih jauh ihwal budidaya belut.
Kolam Budidaya Belut
cara beternak belut benar dan mudah
Belut memiliki dua system pernafasan menjadikan belut mampu hidup didua tempat, mampu hidup di lumpur dan air yng tak terlalu tidak sedikit. Belut salah satunya kelompok jenis ikan, namun tentunya belut berbeda yang dengannya jenis ikan pada biasanya.
Umumnya budidaya belut di lakukan di kolam semen ataupun kolam drum. Dalam pemaparan di artikel ini kami akan membahas budidaya belut yang dengannya mempergunakan kolam drum.
Anda mampu mempergunakan drum bekas yng telah dibersihkan berlebi dahulu. Buatlah lubang memanjang dibagian atas drum. Lantas, simpen drum yang telah di sebutkan di atas tanah yng datar agar bisa drum tak terguling.


Media Tumbuh Budidaya Belut
Media tumbuh belut yng dipakai memiliki peranan penting dalam kesuksesan budidaya belut. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk kolam drum umumnya mempergunakan media tumbuh berupa jerami padi pupuk TSP, lumpur kering, kompos dan mikroorganisme starter.
Ketebalan jerami yng dipakai sekitar 50 cm pada bagian bawah drum. Sirami jerami tadi yang dengannya mempergunakan mikroorganisme starter sebanyk 1 liter bagi atau bisa juga dikatakan untuk setiap drum. Seusai itu tambahkan lapisan kompos setinggi 7 cm.
Pada lapisan paling atas tambahkan lumpur kering yng telah anda campurkan yang dengannya pupuk TSP 5 kg yang dengannya ketinggian sekitar 25 cm.
Seusai pembuatan lapisan selesai, anda mampu mulai mengisi air ke dalam drum hingga ketinggian 17 cm. Biarkan drum selama dua minggu bagi atau bisa juga dikatakan untuk melaui fase fermentasi media tumbuh. Seusai itu baru masukkan bibit belut ke dalam drum.
Cara Memilih Bibit Belut
cara beternak belut benar dan mudah
Agar bisa hasil budidaya belut memuaskan, pilihlah bibit belut yng paling tidak jelek alias bagus dan sehat. Sebaiknya anda memilih bibit belut yng memiliki ukuran seragam, agar bisa tak saling memangsa antar belut yng ada di kolam drum.
Pilih bibit belut yng aktif dan lincah, bebas dari banyak sekali penyakit dan ukurannya tidak lebih lebih 10-12 cm.
Pemberian Pakan Belut
Pemilihan bibit yng seragam dimaksudkan agar bisa tak berlangsung kanibal sesama belut. Begitupun yang dengannya pemberian pakan, anda Perlu memberikan pakan percis rata bagi atau bisa juga dikatakan untuk setiap kolam drum belut.
Takaran pemberian pakan mampu disesuaikan yang dengannya ukuran dan populasi belut di kolam drum. Umumnya pemberian pakan perhari yng ideal yakni sekitar 5-20% dari bobotnya.
Belut umumnya mencari mangsa di sore atapun malam hari. Oleh lantaran itu, anda mampu memberikan pakan belut pada waktu-waktu ini. Pakan belut mampu berupa kecebong, bekicot, ataupun ikan-ikan kecil yng telah dipotong menjadi kecil.
Panen Belut
cara beternak belut benar dan mudah
Dalam satu kolam drum anda mampu memasukkan bibit belut sebanyk 2 kg yang dengannya ukuran bibit 11 – 13 cm. Masa panen belut yng dibudidayakan dalam kolam drum umumnya 3 – 4 bulan.
Bibit belut bagi atau bisa juga dikatakan untuk ukuran 7 -12 cm mampu anda beli yang dengannya harga sekitar Rp 55.000 per Kg. Selanjutnya bagi atau bisa juga dikatakan untuk belut konsumsi mampu anda jual yang dengannya harga Rp 32.000 per Kg (isi 4-6 ekor).
Pemasaran Belut
Semisal yng sudah disebutkan di atas, permintaan pasar akan belut sangatlah tidak sedikit. Jadi, anda gak Perlu mumet bagi atau bisa juga dikatakan untuk memasarkan belut hasil budidaya. Anda mampu menjualnya langsung ke tengkulak ataupun menjualnya ke pedagang-pedagang kecil di pasar tradisional.



Sumber rujukan dan gambar : http://duniacaraternak.blogspot.com/2016/10/cara-beternak-belut-benar-dan-mudah.html.

Seputar cara beternak belut benar dan mudah

Advertisement
 

Cari Artikel Selain cara beternak belut benar dan mudah