Mengenal Kambing Perah Damaskus, Beetal dan Barbari si Penghasil Susu

- September 25, 2017

Mengenal Kambing Perah Damaskus, Beetal dan Barbari si Penghasil Susu

 
Mengenal Kambing Perah Damaskus, Beetal dan Barbari si Penghasil Susu.

Kambing Damaskus

Diantara beberapa bangsa kambing perah di Timur Sedang yng paling penting merupakan kambing Damaskus dan telah adalah kambing yng tidak sedikit dipelihara di Libanon, Syria, dan Cyprus. Kambing yang telah di sebutkan baik yng jantan ataupun yng betina tak bertanduk, warna pada biasanya merah ataupun merah dan putih, profil mukanya konveks, daun pendengaran panjang dan menggantung.
Tinggi gumba 70 – 75 cm dan berat badan antara 40 – 60 kg. Produksi susu antara 3-4 liter per hari dan bisa mencapai 6 liter, yang dengannya jumlah produksi 300 – 600 liter dalam 8 bulan. Kambing Damaskus lebih subur dibandingkan yang dengannya Saanen, dimana tiap kelahiran bisa menghasilkan rata-rata 1,76 cempe.

Kambing Beetal

Beetal merupakan kambing yng pula penting di India dan Pakistan. Kambing ini ditemui di beberapa district di Punyab India, Rawalpindi, dan Lahore di Pakistan Barat. Sekilas kambing ini semisal Jamnapari, antara lain profil mukanya "Roman nose", pendengaran panjang namun jauh lebih kecil dibandingkan yang dengannya pendengaran kambing Ettawa. Tampaknya memanglah semisal ada darah Ettawanya.
Kambing ini umumnya berwarna merah coklat yang dengannya bercak / belang-belang putih. Tinggi gumba kambing jantan dan betina merupakan 89 dan 84 cm. Kambing betina dewasa bisa mencapai berat hidup 45 kg. Rata-rata selama laktasi kambing ini bisa menghasilkan susu sebanyk 195 kg dalam waktu 224 hari, beranak rata-rata setahun sekali dan pada biasanya anaknya tunggal ataupun twin (kembar dua).

Kambing Barbari

Kambing Barbari fisiknya lebih kecil dibandingkan yang dengannya Ettawa dan Beetal. Diketemukan di India bagian Utara dan Pakistan Barat. Kambing ini memiliki bulu-bulu yng pendek, biasanya berwarna putih yang dengannya bercak-bercak coklat. Tinggi gumba kambing jantan antara 66 – 76 cm, dan yng betina 60 – 71 cm. Kambing betina dewasa berat hidupnya antara 27 – 36 kg. Kambing ini umumnya dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk produksi susu dan pada biasanya ambingnya berkembang yang dengannya baik. Pernah tercantum produksi susunya selama dalam periode laktasi 235 hari bisa mencapai 144 kg.
Di India bangsa kambing Barbari sudah dikembangkan lantaran produksi susunya, dan lantaran tubuhnya relatif kecil, sedangkan produk-sinya cukup tidak sedikit memicu ternak ini dipandang menjadi produsen susu yng ekonomis.


Sumber rujukan dan gambar : http://www.agrinak.com/2015/11/mengenal-kambing-perah-damaskus-beetal.html.

Seputar Mengenal Kambing Perah Damaskus, Beetal dan Barbari si Penghasil Susu

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Mengenal Kambing Perah Damaskus, Beetal dan Barbari si Penghasil Susu