cara mudah ternak ikan gabus

- September 11, 2017

cara mudah ternak ikan gabus

 
cara mudah ternak ikan gabus
Ikan gabus adalah satu dari sekian banyaknya ikan asli Indonesia yng tidak sedikit dikonsumsi oleh warga atau juga bisa dikatakan masyarakat. Selain murah ikan ini pula mempunyai kandungan gizi yng cukup tidak sedikit menjadikan membuat tidak sedikit orang tertarik bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengolahnya menjadi makanan yng lezat. Ikan ini Amat mudah di dapatkan di pasar walaupun terkadang agak susah mendapatkannya.
Tatkala ini budidaya ikan gabus masih Amat di lakukan di Indonesia serta bagi atau bisa juga dikatakan untuk pengadaannya hingga tatkala ini masih mengandalkan hasil tangkapan. Akan tetapi cara yang telah di sebutkan telah pasti tidak efektif mengingat tatkala ini permintaan akan ikan gabus cukup tinggi. Oleh lantaran itu, kesempatan bisnis budidaya ikan gabus masih Amat terbuka sekali.
Hingga tatkala ini pengadaan ikan gabus di Indonesia berasal dari Kalimantan. Ikan ini salah satunya Amat mudah dibudidayakan lantaran mempunyai ketahanan tubuh yng cukup kuat dari penyakit. Akan tetapi yng menjadi kendala, di banyak sekali daerah bibit ikan gabus masih cukup dibatasi ketersediannya lantaran petani lebih memilih memijah lele atauun ikan nila yng telah pasti lebih menguntungkan. Pemijahan ikan gabus sebetulnya percis yang dengannya ikan lain pada biasanya namun ikan ini Amat baik dipijah pada bulan oktober sampai-sampai november tepatnya pada awal musim hujan.
Pemijahan Ikan Gabus


1. Memilih Indukan
Memilih indukan merupakan langkah awal budidaya yng Perlu di lakukan yang dengannya tepat supaya hasil dari pemijahan nantinya akan mempunyai kualitas. Pilihlah indukan yng sehat serta tidak mempunyai cacat di tubuhnya. Sedangkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk membedakan indukan jantan serta betina kamu Perlu benar-benar cermat andai tidak mau keliru memilih.
Pada indukan jantan, alat kelaminnya berbentuk oval pada bagian kepala. Sedangkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk warna tubuh lebih gelap dari betina. Pada lubang genital terlihat memerah serta andai diurut akan mengeluarkan cairan sperma. Pilihlah indukan jantan yng telah mempunyai bobot 1 Kg. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk indukan betina perbedaannya terdapat atau terletak pada kepala yng agak bulat yang dengannya warna tubuh yng lebih terang dari jantan. Bentuk perut tidak banyak agak besar serta andai dipegang terasa empuk.
2. Proses Pemijahan Ikan Gabus
Proses pemijahan di lakukan di kolam yng terbuat dari fiberglas ataupun bak beton. Ukuran yng dipakai dalam pemijahan cukup relatif, namun admin merekomendasikan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mempergunakan ukuran panjang 7 meter, lebar 4 meter serta tinggi 2 meter. Isi air sampai-sampai ketinggian 50-60 cm lantas tutupi yang dengannya tanaman enceng gondok supaya proses pemijahan berlangsung secara alami.
Dalam sekali pemijahan, ikan gabus bisa dipijah sekali tidak sedikit. Jumlahnya antara jantan serta betina mampu seimbang ataupun lebih tidak sedikit betina. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk ukuran kolam yng sudah dijelaskan diatas maka sebaiknya jumlah ikan yng dipijah sebanyk 30 ekor betina serta 30 ekor pejantan. Pada tatkala proses pemijahan kamu Perlu rajin mengontrol kolam setiap tatkala. Andaikan didapati telur maka kamu Perlu segera mengambilnya yang dengannya mempergunakan sekupnet halus serta pindahkan ke akuarium bagi atau bisa juga dikatakan untuk ditetaskan. Satu kali pemijahan betina bisa menghasilkan sekitar 10.000 butir telur.
3. Proses Penetasan Telur
Penetasan telur di lakukan di akuarium lantaran yang dengannya mempergunakan akuarium, telur lebih mudah bagi atau bisa juga dikatakan untuk diamati serta dikontrol. Ukuran akuarium yng dipakai mampu bervariasi terserah kamu asalkan tidak terlalu sempit serta tidak terlalu besar lantaran andai terlalu besar maka kamu akan sulit sendiri disaat mengontrol telur ikan. Sebaiknya disaat tengah proses penetasan telur tambahkan alat pemanas suhu. Panaskan suhu sampai-sampai berada kisaran 28-30 derajat celcius supaya tercipta kehangatan yng baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk telur.
Peraturan pengisian telur dalam akuarium pula Perlu diperhatikan jangan hingga terlalu padat. Untuk itu bagi atau bisa juga dikatakan untuk pemijahan 30 ekor jantan serta betina sebaiknya menyediakan 3-4 akuarium berukuran tengah supaya proses penetasan berjalan lancar serta meminimalisirkan tingkat kematian larva. Sesudah telur menetas pada waktu tidak lebih dari 24 jam, maka hingga larva berumur 2 hari, larva tidak butuh diberi makan lantaran persediaan makanan cadangan masih tersedia.
4. Pemeliharaan Larva Ikan Gabus
Periode pemeliharaan larva berlangsung selama 14 hari seusai telur menetas. Tempat yng dipakai dalam pemeliharaan larva bisa mempergunakan akuarium tempat penetasan yang dengannya kepadatan larva antara 5 larva per 1 liter air. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk pemberian pakannya, kamu bisa menggunkan pakan alami semisal nauplii artemia selama 2-3 hari sekali.
Sesudah larva menginjak usia 5 hari seusai menetas maka tambahkan pakan berupa daphnia 3 kali sehari. Perhatikan juga kebersihan air, andai air telah terlihat keruh maka gantilah air yang dengannya mengganti setengahnya saja lantas diisi kembali denan air yng bersih.
Proses Budidaya Pembesaran Ikan Gabus


5. Persiapan Kolam
Pada proses pembesaran ikan gabus kamu bisa mempergunakan kolam beton ataupun kolam terpal. Namun yng paling baik merupakan mempergunakan dinding beton serta dasar kolam berupa tanah. Luas kolam relatif bergantung benih yng ditebar. Langkah awal pada persiapan kolam merupakan yang dengannya cara mengeringkan kolam berlebi dahulu serta biarkan selama satu minggu sampai-sampai dasar tanah terlihat retak-retak. Selanjutnya cangkul tanah serta berikan pupuk sangkar sampai-sampai ketinggian 30 cm serta andaikan pH tanah asam, tambahkan dolomit lantas biarkan selama 3 hari sebelum kolam diisi air. Sesudah itu barulah isi air sampai-sampai ketinggian 80-100 cm serta biarkan kolam yng telah terisi air selama tidak lebih lebih satu minggu. Hal ini bertujuan supaya mikro organisme bisa tumbuh yng nantinya bisa dijadikan makan alami bagi ikan.
6. Penebaran Benih
Penebaran benih di lakukan seusai kolam yng terisi air dibiarkan selama satu minggu. Cara menebar benih mampu langsung ditebar, akan tetapi yng paling aman supaya benih ikan gagal hidup lantaran kaget mengikuti keadaan pada tempat yng relatif baru maka siapkan bak besar bagi atau bisa juga dikatakan untuk menampung benih yng telah diisi air kolam. Lantas masukan benih kedalam bak yang telah di sebutkan serta biarkan selama 2-3 jam supaya benih ikan bisa mengikuti keadaan yang dengannya air kolam. Sesudah itu barulah masukan benih kedalam kolam secara perlahan.
7. Pakan
Pengelolaan pakan Perlu di lakukan yang dengannya cermat supaya ikan bisa cepat tumbuh besar. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk 2 hari pertama penebaran benih, benih tidak butuh diberi pakan lantaran pakan alami yng ada dikolam masih tersedia. Barulah seusai memasuki hari ketiga berikan pakan tepung pelet. Pemberian pakan jangan hingga terlambat lantaran ikan gabus adalah hewan yng kanibal serta andai orang-orang kelaparan maka tidak akan segan bagi atau bisa juga dikatakan untuk memakan rekannya sendiri.
Pelet yng dipakai Perlu memiliki kandungan protein 15%, Karbohidrat 10% serta lemak 15%. Andai dirasa kamu susah mencukupi kebutuhan pakan budidaya ikan gabus kamu maka coba berikan pakan pengganti yng kandungannya diluar dugaan pula percis baiknya serta bahannya lebih mudah di bisa serta Amat terjangkau.
8. Sortir
Lakukan penyortiran ikan seusai ikan berumur 1 bulan. Penyortiran di lakukan demi memenuhi kebutuhan pasar bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyeragamkan ukuran tubuh ikan. Sortir bisa di lakukan yang dengannya cara mempergunakan bak ukuran tengah yng diberikan lubang dibawahnya yng menyesuaikan ukuran ikan yng ingin disortir, sesuaikan juga yang dengannya kebutuhan pasar.
9. Panen
Panen ikan gabus bisa di lakukan yang dengannya menyesuaikan yang dengannya permintaan pasar. Untuk itu sebaiknya kamu mengecek berlebi dahulu kepasar ikan wacana bobot yng diminta bagi atau bisa juga dikatakan untuk ikan gabus dipasaran. Pemanenan pula bisa di lakukan yang dengannya bertahap. Pemanenan umumnya telah bisa di lakukan mulai umur 70-90 hari. Ikan ini mempunyai daya tahan tubuh yng kuat menjadikan walaupun dipanen beberapa kali, ikan yng belum dipanen tak akan terasa stres. Berbeda yang dengannya jenis ikan lain semisal ikan mas, gurame, patin serta sebagainya yng andai tidak dipanen secara bersamaan maka akan mengalamki stres serta berakhir yang dengannya kematian.
Mudah-mudahan tulisan atau artikel wacana cara mudah ternak ikan gabus ini bisa membantu kamu. Mudah-mudahan berguna serta hingga jumpa pada pemaparan yng lebih menarik lain-lainnya. Mudah-mudahan berhasil berbudidaya!

Sumber rujukan dan gambar : http://duniacaraternak.blogspot.com/2016/10/cara-mudah-ternak-ikan-gabus.html.

Seputar cara mudah ternak ikan gabus

Advertisement
 

Cari Artikel Selain cara mudah ternak ikan gabus