yuk intip bagaimana desain kandang perkutut sederhana

- Agustus 16, 2017

yuk intip bagaimana desain kandang perkutut sederhana

 
Adalah kebanggaan tersendiri andaikan seorang penggemar perkutut bisa atau mampu membudidayakan perkutut kesayangannya. Berlebi juga bila bisa atau mampu mengeluarkan jawara mempunyai kualitas dari hasil olahan tangannya sendiri.
yuk intip bagaimana design kandang perkutut sederhana
Tidak sedikit penggemar perkutut yng melangkah satu step ke depan yang dengannya sekalian menjadi peternak serta masih menjadi hobby semata semisal asal muasal Nusantara Birdfarm ini.
Akan tetapi tidak sedikit juga penggemar yng bertindak lebih jauh yang dengannya membangun puluhan malah ratusan petak kandang yang dengannya tujuan komersial. Betapa tak, lantaran harga piyik perkutut mempunyai kualitas tatkala ini antara jutaan sampai-sampai puluhan juta per pasang. Malah di tidak sedikit peternak besar pasangan-pasangan kandang favorit yng terbukti menghasilkan tidak sedikit jawara antrian bookingan bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperoleh sepasang anaknya mampu mencapai angka belasan sampai-sampai puluhan orang.
Ada pula peternak perkutut yng membangun ratusan kandang ternak akan tetapi bermain di kelas bawah yang dengannya harga jual produk cuma puluhan ribu rupiah per ekor bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengisi segmen pasar kelas pemula. Mau bermain di kelas bawah maupun di kelas atas, dari segi komersial rasanya beternak perkutut masih Amat menjanjikan.
Kandang Ternak Perkutut
Hal yng mutlak diharapkan dalam beternak perkutut merupakan kandang. Sepetak kandang berisi cuma sepasang induk jantan serta betina. Apakah boleh kandang besar diisi tidak sedikit pasangan perkutut? Boleh-boleh saja, lantaran perkutut merupakan pasangan monogami (selalu setia yang dengannya satu pasangannya), akan tetapi dikuatirkan bukannya orang-orang rajin baku-tindih bagi atau bisa juga dikatakan untuk kawin bahkan baku-tindih bagi atau bisa juga dikatakan untuk berantem lantaran cemburu ataupun lantaran memperebutkan tempat sarang. Jadi sebaiknya satu petak cuma diisi satu pasang saja.
Ukuran Kandang Ternak
Telah terbukti bahwasanya sepasang perkutut mampu diternak di kandang yng berukuran kecil, malah di sangkar burung ocehan pun sepasang perkutut mampu rajin berkembang biak. Ukuran kandang bergantung dari luas lahan yng dimiliki. Idealnya memanglah berukuran agak besar supaya pasangan indukan lebih bebas terbang serta lebih sehat tentunya buat pasangan indukan yng ada.
Kandang ukuran 60 cm x 60 cm x 60 cm telah mampu dipakai menjadi modal bagi atau bisa juga dikatakan untuk mulai beternak perkutut. Mampu pula dibuat petak kandang yng bersusun bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghemat lahan. Mau susun dua ataupun susun tiga pula masih mampu.
Kandang ideal berukuran lebar 120 cm x 180 cm x 270 cm (lebar x tinggi x panjang) supaya perkutut mampu bergerak terbang bebas serta mendapatkan cukup sinar matahari. Akan tetapi ukuran umum yng dipakai merupakan 90 cm x 180 cm x 180 cm ataupun ukuran 60 cm x 180 cm x 180 cm.
Lantaran keterbatasan luas lahan di kota besar maka ukuran yng dianggap normal tatkala ini merupakan ukuran 60 cm x 180 cm x 120 cm (lebar x tinggi x panjang).
Ukuran mana yng mau dipilih, terserah selera masing-masing. Ukuran manapun yng dipilih perkutut tetap mampu berkembangbiak disana.
Bahan rangka kandang mampu terbuat dari kayu, besi maupun aluminium. Bergantung dari dana serta kesediaan material. Bahan kayu lebih murah akan tetapi tidak lebih awet, mampu lapuk dihajar hujan serta rayap. Bahan besi lebih kuat, pengerjaannya lebih sulit lantaran memotongnya lebih berat, pula bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengebornya serta pula besi mampu berkarat. Bahan aluminium lebih tidak murah serta pengerjaannya lebih gampang serta cepat, dan bentuknya rapi serta manis dipandang dan awet lantaran tahan karat.
Bahan dinding serta bagian atas kandang dipilih kawat kandang yng digalvanized (dilapis yang dengannya bahan anti karat). Ukuran kotak-kotak kawat kandang sebaiknya yng ukuran 0.5 cm x 0.5 cm. Supaya tak dimasuki cicak, kecoak ataupun ular yng membahayakan ketenteraman lingkungan kandang. Kalau ada kita-kita yng takut banget yang dengannya cicak ataupun kecoak, maka tak heran pula kalau ada perkutut yng pula phobia yang dengannya hewan-hewan yang telah di sebutkan. Ukuran kawat kotak-kotak 1 cm x 1 cm yng lebih murah masih mampu dipakai akan tetapi resikonya masih terlalu besar dibanding penghematannya.
Lantai Kandang Sebaiknya lantai kandang dipelur yang dengannya semen, jangan cuma beralas tanah. Agar bisa lebih gampang dibersihkan yang dengannya tips disemprot yang dengannya air. Lantai tanah kelihatannya alami, akan tetapi akan tidak sedikit bakter pathogen yng berkembang biak di tanah serta mampu masuk ke perut perkutut kesayangan kita disaat si perkutut mencari makan di bawah. Lantai kandang Perlu dibuat miring sedemikian rupa menjadikan air hujan yng masuk mampu segera mengalir keluar kandang, menjadikan lantai tak menjadi lembab sarang kuman. Lantai kandang Perlu Suka dibersihkan yang dengannya tips disemprot yang dengannya air ataupun bila butuh masuk kandang serta disikat sampai-sampai bersih dari kotorandan lumut.
Atap Kandang penutup bagian atas kandang ataupun atap kandang ternak mampu terbuat dari genting ataupun asbes. Atap dibuat miring menjadikan air hujan tak tergenang. Serta atap dipasang cuma 1/3 bagian saja menaungi area sarang serta tempat pakan. Sisa dua per tiga area mampu dipakai perkutut bagi atau bisa juga dikatakan untuk bermandi sinar matahari serta atap dibuat menjorok ke depan supaya tempat pakan serta sarang tak di kenai tampias air hujan. Sebaiknya di antara kawat atas kandang serta atap kandang diberi jarak sekitar 15-20 cm supaya terdapat sirkulasi udara yng nyaman di daerah sarang.
Pintu Kandang
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk kandang ukuran besar butuh dibuat pintu kandang berukuran 60 cm x 90 cm supaya perawat kandang mampu masuk bagi atau bisa juga dikatakan untuk membersihkan kandang maupun bagi atau bisa juga dikatakan untuk menangkap burung. Sebaiknya dibuat engsel pengunci pula di bagian dalam, menjadikan disaat perawat masuk ke dalam kandang mampu mengunci pintu kandang dari dalam supaya burungnya tak kabur dari celah pintu.
Perlu dibuat pula pintu kecil Pintu kecil bagi atau bisa juga dikatakan untuk urusan pakan serta minum ukuran 15 cm x 15 cm yng dipasang di bagian depan sebelah atas dekat sarang, pintu ini gunanya bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengecek sarang, mengecelk telur serta piyik yng masih kecil, menjadikan perawat tak butuh masuk kedalam kandang.
Pintu Kecil bagi atau bisa juga dikatakan untuk memantau telur serta piyik Lantas satu lagi pintu kecil dibagian depan sedang ukuran 20 x 20 cm bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengambil tempat makan/minum disaat mau menambah pakan ataupun mau membersihkan tempat pakan/minum.
Meja Makan Tak cuma rumah pemilik bird farm yng punya meja makan, namun kandang ternak perkutut pun Perlu dilengkapi yang dengannya meja makan. Cukup berupa papan kayu melintang yng diletakkan dibagian depan sebelah sedang. Di papan ini mampu diletakkan kotak tempat pakan serta wadah minum perkutut. Ukurannya lebar 20 cm serta tebal 1 cm, panjangnya memyesuaikan yang dengannya lebar kandang. Jangan tidak ingat memberikan lapisan cat pada papan meja makan ini, supaya tak gampang lapuk kena siraman air hujan maupun siraman air pada waktu kita membersihkan kandang.
Wadah Pakan
Pakan perkutut sebaiknya diletakkan di sebuah kotak yng bersekat-sekat yang dengannya penutup yng berlubang yang dengannya diameter lubang seukuran 4 cm cukup bagi atau bisa juga dikatakan untuk kepala perkutut masuk serta mencongkel-congkel makanannya. Burung perkutut terkenal menjadi burung pemilih yng makannya suka dihambur-hamburkan. Yang dengannya penutup yang telah di sebutkan maka mampu agak dikurangi pemborosan pakannya.
Kotak bersekat gunanya bagi atau bisa juga dikatakan untuk memisahkan pakan antara milet, gabah, juwawut serta yng lain-lainnya, sekali lagi supaya tak dihambur-hamburkan oleh burung perkututnya, selain itu pula bagi atau bisa juga dikatakan untuk lebih gampang mengetahui pakan jenis apa yng disukai oleh pasangan perkutut yang telah di sebutkan. Layaknya kita-kita
ada yng suka capcay, ada yng suka puyunghai, ada yng suka telor ada yng tak suka sayur, begitu pula perkutut ada yng hobby makan juwawut namun gak suka ketan hitam, ada yng suka milet doang serta tak suka gabah.
Wadah Minum
Wadah minum mampu dipakai yng model terbuka, ataupun pula model tertutup bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghindari debu serta kotoran yng mencemari minumannya. Yng model terbuka Perlu tiap hari diganti supaya tak lumutan serta tak menjadi sarang jentik nyamuk demam berdarah.
Demikian tidak banyak gambaran wacana kandang perkutut yng ideal mudah-mudahan memberikan manfaat.

Sumber rujukan dan gambar : http://duniacaraternak.blogspot.com/2016/10/yuk-intip-bagaimana-desain-kandang-perkutut-sederhana.html.

Seputar yuk intip bagaimana desain kandang perkutut sederhana

Advertisement
 

Cari Artikel Selain yuk intip bagaimana desain kandang perkutut sederhana