KANDUNGAN DAN MANFAAT DAUN KENIKIR

- Agustus 24, 2017

KANDUNGAN DAN MANFAAT DAUN KENIKIR

 
Daun Kenikir - Siapa yng tidak kenal yang dengannya tanaman yng satu ini, pemanfaatannya umumnya Suka dipakai menjadi lalapan ataupun kulupan (Jawa). Kenikir adalah tanaman perdu yng berdaun majemuk yng bersilangan serta berhadapan. Berbau khas, berbunga majemuk serta berakar tunggang. Daunnya berbentuk panjang-panjang yang dengannya bunga berwarna kuning tidak banyak oranye, merah, jingga, ataupun kuning, kenikir tumbuh baik di dataran rendah yang dengannya kondisi tanah yng subur, liat, serta berdrainase baik, hingga pegunungan tidak lebih lebih 700 m dpl., lebih-lebih di tempat terbuka yng memperoleh sinar matahari penuh. Kenikir Amat ternama di Negara belahan Asia. Secara tradisional, penduduk di sana mempergunakan tanaman ini bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperbaiki sirkulasi darah, pencegah penuaan dini, menurunkan panas pada tubuh, serta memperkuat tulang belakang lantaran kandungan kalsium yng Amat tinggi, dan menghilang-kan bau mulut (napas) yng tidak lebih sedap. Daun kenikir yng dalam bahasa latin disebut yang dengannya Cosmos Caudatus kenikir merupakan satu dari sekian banyaknya sayuran Indigenous yakni spesies sayuran asli indonesia yng berasal dari daaerah/wilayah maupun ekosistem tertentu.

Kandungan Ilmiah Daun Kenikir

Kenikir biasa dipakai menjadi lalapan, kulupan(Jawa), maupun campuran bagi atau bisa juga dikatakan untuk pecel diluar dugaan mempunyai kandungan yng memberikan manfaat bagi atau bisa juga dikatakan untuk kebugaran atau kesehatan tubuh kita-kita, yang akan di sajikan kali ini merupakan kandungan ilmiah daun kenikir:
  • Saponin
  • Flavonoida polifenol
  • Minyak atsiri
  • Protein
  • Lemak
  • Karbohidrat
  • Kalsium
  • Vitamin A
  • Hidroksieugenol (pada akar)
  • Koniferil alkohol (pada akar)
Dalam sebuah penelitian pula menjumpai kalau daun kenikir memiliki kandungan senyawa yng mempunyai daya antioksidan yng cukup tinggi. Senyawa yng bersifat antioksidan bisa memacu proses apoptosis melalui jalur intrinsik(jalur mitokondria). Pemacuan apoptosis adalah satu dari sekian banyaknya tatacara penghambatan karsiogenesis ataupun penyebab kanker. Senyawa radikal bebas bisa menghambat apoptosis melalui inhibisi pelepasan sitokrom c, yakni sitokrom c berperan dalam aktivasi protein-protein regulator positif apoptosis. Sifat antioksidan yng dimiliki kenikir memungkinkan pengembangan tanaman ini menjadi agen kemopreventif.Ilustrasi Daun Meniran

Manfaat Daun Kenikir bagi atau bisa juga dikatakan untuk Kebugaran atau kesehatan

Berkitu ini beberapa manfaat daun kenikir yng Amat bermanfaat bagi atau bisa juga dikatakan untuk kebugaran atau kesehatan tubuh kita-kita:
  1. Obat lemah lambung
  2. Penguat tulang
  3. Penambah nafsu makan
  4. Mengobati lemah jantung
  5. Mencegah kanker
Disamping daunnya, diluar dugaan bunga kenikir pula memberikan manfaat antara lain bagi atau bisa juga dikatakan untuk obat gondongan serta pula mampu jadi obat pembengkakan pada payudara. Tatacaranya yakni bunga kenikir ditumbuk serta dicampur cuka lantas dioleskan pada bagian yng sakit. Selain itu bunga kenikir pula mampu mengusir serangga yang dengannya aromanya yng khas.
Nah itu tadi tidak banyak penjelasan perihal daun kenikir, mudah-mudahan memberikan manfaat bagi Kamu yng membacanya :)

Sumber rujukan dan gambar : http://www.nangimam.com/2014/01/kandungan-dan-manfaat-daun-kenikir.html.

Seputar KANDUNGAN DAN MANFAAT DAUN KENIKIR

Advertisement
 

Cari Artikel Selain KANDUNGAN DAN MANFAAT DAUN KENIKIR