KANDUNGAN GIZI DAN MANFAAT SERAI UNTUK KESEHATAN

- April 05, 2018

KANDUNGAN GIZI DAN MANFAAT SERAI UNTUK KESEHATAN

 
Kandungan gizi serta manfaat serai bagi atau bisa juga dikatakan untuk kebugaran atau kesehatan - Serai tentu tak asing lagi bagi kamu, apalagi para ibu-ibu khususnya, lantaran serai Suka dipakai menjadi bumbu masak. Tumbuhan ini andai dilihat sekilas terlihat semisal rumput alang-alang yng menggerombol. Akan tetapi dibalik kesederhanaan serai menjadi bumbu masak, diluar dugaan serai pula memiliki tidak sedikit kandungan yng memberikan manfaat bagi atau bisa juga dikatakan untuk kebugaran atau kesehatan tubuh kita-kita. Serai adalah tanama herbal dari keluarga rumput Poaceae. Sereh merupakan jenis rumput yng tinggi berasal dari daerah tropis Asia. Tanaman sereh berbatang kasar, berumbai yang dengannya daun sedang yng tumbuh pada tandan yng tebal. Sereh tumbuh yang dengannya tandan yng, serta tingginya sekitar sekitar 3 meter.

Penjabaran Tanaman Serai (Cymbopogon Citratus)

  • Kingdom : Plantae (Tumbuhan)
  • Sub-Kingdom : Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
  • Super Divisio : Spermatophyta (Menghasilkan biji)
  • Divisio / Divisi : Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
  • Classis / Kelas : Liliopsida (berkeping satu / monokotil)
  • Sub-Classis :Commelinidae
  • Ordo / Bangsa : Poales
  • Familia / Famili : Poaceae (suku rumput-rumputan)
  • Genus / Marga : Cymbopogon
  • Species / Jenis: Cymbopogon citratus.

Kandungan Gizi/Nutrisi Serai

Selain bagi atau bisa juga dikatakan untuk bumbu dapur ibu dirumah, diluar dugaan serai memiliki tidak sedikit kandungan yng bisa memberikan manfaat bagi atau bisa juga dikatakan untuk manuisa, kandungan serai yakni antaranya: minyak atsiri yng terdiri dari sitrat, sitronelol, a-pinen, kamfen, sabinen, mirsen, felandren beta, p-simen, limonen, cis-osimen, terpinol, sitronelal, borneol, terpinen -4-ol, a-terpineol, geraniol, farnesol, metilheptenon, n-desialdehida, dipenten, metil heptanenon, bornilasetat, geranilformat, terpinil astet, sitronil asetat, geranil asetat, beta-elemen, beta-kariofilen, beta-bergamoten, trans-metilsoeugenol, beta-kadinen, elemol, kariofilen oksida. Senyawa lain merupakan geranial, geranil butirat, lomonen, eugenol serta metileugenol.

Manfaat Serai bagi atau bisa juga dikatakan untuk Kebugaran atau kesehatan

  1. Kolesterol sehat
    Sereh mempunyai sifat anti-hiperlipidemia serta hiperkolesterolemia , yakni mendukung kadar kolesterol yng sehat. Penelitian menunjukan bahwasanya konsumsi sereh secara rutin memberikan hasil signifikan dalam mempertahankan tingkat sehat trigliserida serta mengurangi kolesterol LDL dalam tubuh. Ini akan membantu mencegah akumulasi lipid dalam pembuluh darah, serta menaikan peredaran darah yng terhalang di arteri menjadikan mencegah aterosklerosis serta banyak sekali gangguan jantung.
  2. Detoksifikasi
    Sereh bisa membantu membersihan racun rawan keluar dari tubuh, lantaran sifat diuretiknya. Detoksifikasi akan membantu kelancaran fungsi banyak sekali organ tubuh, salah satunya hati serta ginjal dan membantu menurunkan kadar asam urat. Efek diuretik serai akan membantu menaikan jumlah serta frekuensi Buang air kecil, menjadikan membantu melindungi kebugaran atau kesehatan pencernaan.
  3. Anti Kanker
    Sereh efektif bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengobati banyak sekali jenis kanker tanpa memberi pengaruh sel-sel tubuh yng normal serta sehat.
  4. Mencegah infeksi akibat Staphylococcus aureus
    Studi sudah memperlihatkan bahwasanya minyak atsiri dalam sereh mempunyai aktivitas anti biofilm , yng memberikan manfaat pencegahan terhadap infeksi yng penyebabnya yaitu oleh Staphylococcus aureus. Sereh memiliki kandungan fenol yng mempunyai kemampuan menyebar yang dengannya cepat melalui jaringan tubuh, serta menyembuhkan biofilm yng terdapat atau terletak di mana saja pada tubuh. Sereh akan mengganggu pertumbuhan serta komunikasi kuman, menjadikan akan membantu menghambat pembentukan biofilm. Minyak esensial dari sereh bermanfaat untukpenggunaan topikal ataupun internal bagi atau bisa juga dikatakan untuk penyakit yng didiagnosis yang dengannya biofilm semisal penyakit Lyme.
  5. Gangguan Perut
    Penelitian sudah menunjukan bahwasanya minyak atsiri dalam sereh mempunyai sifat anti mikroba serta anti-bakteri yng membantu memerangi infeksi yng penyebabnya yaitu oleh banyak sekali bakteri patogen semisal Helicobacter pylori serta Escherichia coli. Sereh memberikan manfaat bagi atau bisa juga dikatakan untuk pencegahan gangguan gastro intestinal semisal ulkus lambung, membantu merangsang fungsi usus serta memperbaiki pencernaan. Sifat anti inflamasi sereh memberikan manfaat bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengobati sembelit, ulcerative colitis, diare, mual serta perut nyeri.
  6. Menyembuhkan Insomnia
    Sereh pula bermanfat bagi atau bisa juga dikatakan untuk menenangkan otot serta saraf, menjadikan bisa membantu mendorong tidur yng nyenyak.
  7. Gangguan Pernapasan
    Seiring yang dengannya senyawa sehat lain-lainnya, yakni vitamin C dalam serai membantu mengatasi penyumbatan hidung lantaran flu serta gangguan pernafasan lain-lainnya semisal asma bronkial.
  8. Mengatasi Demam
    Sereh pula dikenal menjadi obat penurun panas, yakni memilik efek yng menguntungkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menurunkan demam. Efek anti-piretik(mengeluarkan keringat) sereh secara luas dipakai dalam pengobatan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyembuhkan demam, yakni bagi atau bisa juga dikatakan untuk merangsang keluarnya keringat.
  9. Infeksi
    Sereh pula bisa bekerja menjadi antiseptik, serta efektif mengobati infeksi semisal kurap, luka, kaki atlet, kudis serta infeksi saluran kemih yng dihubungkan yang dengannya sifat anti-mikroba serta anti-jamur dari sereh.
  10. Mengurangi Nyeri
    Sereh mampu membantu mengurangi rasa sakit serta ketidaknyamanan yng penyebabnya yaitu oleh sakit kepala serta migrain lantaran sifat analgesik yng dimilikinya. Fitonutrien yng terdapat pada serai bisa menaikan sirkulasi darah serta membantu dalam mengurangi kejang, kram otot, keseleo serta sakit punggung. Sereh Amat membantu bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengobati luka serta memar.
  11. System Saraf
    Sereh sudah terbukti mampu menjadi tonik yng Amat baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk system saraf. Sereh bisa merangsang pikiran serta membantu bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengatasi kejang-kejang, gugup, vertigo serta banyak sekali gangguan saraf semisal Alzheimer serta penyakit Parkinson. Sereh dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk mandi terapi, yng akan membantu bagi atau bisa juga dikatakan untuk menenangkan saraf, mengurangi gejala depresi serta kelelahan yng penyebabnya yaitu oleh stres.
  12. Diabetes tipe 2
    Sereh sudah terbukti memberikan manfaat bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengobati diabetes tipe-2. Penelitian sudah menunjukan bahwasanya serai bisa membantu melindungi tingkat insulin serta menaikan toleransi glukosa dalam tubuh.
  13. Rematik
    Sereh efektif dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengurangi rasa sakit serta ketidaknyamanan yng penyebabnya yaitu oleh rematik. Sereh bisa dioleskan pada pinggang serta bagian yng sakit lantaran rematik ataupun keseleo.
  14. System kekebalan
    Sereh bisa membantu memulihkan system penting dalam tubuh, semisal pencernaan, respirasi, ekskresi serta system saraf. Sereh pula membantu penyerapan nutrisi yng lebih baik, dan memperkuat mekanisme system kekebalan tubuh.
  15. Perawatan kulit
    Sereh bermanfat menjadi tonik kulit, serta menjadi pembersih yng efektif bagi atau bisa juga dikatakan untuk kulit berminyak ataupun berjerawat lantaran sifat astringent serta antiseptik. Hal ini lantaran sereh memperkuat jaringan kulit serta mengencangkan pori-pori , dan sifat sterilisasinya.
  16. Kebugaran atau kesehatan seluler tubuh
    Sereh memiliki kandungan zat antioksidan , menjadikan membantu menjaga sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Sereh membantu membersihkan darah serta memperkuat limpa bagi atau bisa juga dikatakan untuk membuang sel-sel darah merah yng kotor. Mendukung fungsi kelenjar timus yng membantu bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghasilkan sel darah putih. Sereh pula membantu merangsang regenerasi sel. Folat serta kalium pada batang serta daun sereh berperan dalam membantu pembentukan DNA serta mempromosikan pembelahan sel.
  17. Aromaterapi
    Ramuan Sereh terdiri dari senyawa sehat minyak esensial, semisal nerol, sitronelol, myrcene, dipentene, geraniol serta metil heptenone yng mempunyai sifat anti-jamur, insektisida serta antiseptik. Minyak tidak sedikit dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk aromaterapi lantaran efek terapeutik yng akan membantu merevitalisasi serta menyegarkan tubuh. Minyak sereh mempunyai zat alami yng akan membantu merangsang sirkulasi darah serta meremajakan jaringan kulit. Hal ini pula membantu bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengangkat serta mengencangkan kulit yng lesu serta lelah.
  18. Obesitas
    Sereh memiliki kandungan citral yng sudah terbukti efektif bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengatasi obesitas. Hal ini akan mencegah akumulasi lemak dalam perut, serta mempromosikan penggunaan energi yng tersimpan, menjadikan membantu mencegah kenaikan berat badan. Sereh membantu metabolisme tubuh dan menaikan oksidasi lemak dalam tubuh.
  19. Bau badan
    Sereh pula dipakai dalam pembuatan deodoran, lantaran sifat pembersih serta sifat anti-bakteri yng akan membantu memerangi bau badan yng tak sedap dan mencegah infeksi jamur serta bakteri. Sereh pula bisa ditambahkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk merendam kaki yng sakit ataupun berbau.


Sumber rujukan dan gambar : http://www.nangimam.com/2014/02/KANDUNGAN-GIZI-DAN-MANFAAT-SERAI-UNTUK-KESEHATAN.html.

Seputar KANDUNGAN GIZI DAN MANFAAT SERAI UNTUK KESEHATAN

Advertisement
 

Cari Artikel Selain KANDUNGAN GIZI DAN MANFAAT SERAI UNTUK KESEHATAN