panduan ternak bebek angsa bagi pemula

- Maret 27, 2018

panduan ternak bebek angsa bagi pemula

 
Orang yng memelihara angsa saat ini ini telah jarang kita jumpai. Padahal tanpa makanan yng khusus, angsa bisa berkembang biak yang dengannya lebih baik dibandingkan kebanykan unggas lain-lainnya. Angsa tergolong Amat bandel serta relatif gampang tumbuh menjadi besar. Orang-orang lebih tahan terhadap penyakit serta hampir tak memerlukan obat-obatan. Satu hal yng mungkin meragukan, yakni perihal air. Orang Suka disodorkan foto angsa di atas air menjadikan berkonotasi bahwasanya angsa serta air tak bisa dijauhkan. Sebetulnya tak demikian, malah sebaliknya lumpur bisa memicu penyakit pada angsa. Angsa terperinci bisa menjadi ternak peliharaan yng baik di pekarangan rumah.
Pemilihan bibit
Pertama-tama yng Perlu ditentukan merupakan pemilihan bibit angsa. Memilih bibit bergantung dari tujuan pemeliharaannya. Bila bagi atau bisa juga dikatakan untuk sekedar hobby maka akan tidak sedikit pilihan lantaran sifatnya kesukaan pribadi. Sedangkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk keperluan memproduksi daging ataupun telur, pilihan menjadi agak dibatasi lantaran Perlu memperhitungkan faktor ekonomis yakni ongkos produksi Perlu lebih rendah dari harga jual. Mengkalkulasi ongkos produksi telah barang tentu bukan pekerjaan gampang bagi seorang pemula. Mungkin satu dari sekian banyaknya tatacara bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengurangi kerugian dari mungkin gagal merupakan mulailah yang dengannya tidak banyak. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk produksi daging usahakan supaya waktu penjualannya yakni tatkala angsa berumur 4 hingga 6 bulan jatuh menjelang Hari Raya Idulfitri yng umumnya harganya lebih baik.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk patokan harga daging serta telur tiap hari mampu dilihat di Departemen Perdagangan serta Perindustrian R.I. Jenis bibit angsa yng terkenal diantaranya merupakan Toulouse, Embden serta African yng tergolong paling berat tubuhnya, Pilgrim yng berat tubuhnya pertengahan serta Chinese yng paling ringan bobotnya. Meskipun demikian, kecepatan pertumbuhan serta kemampuan berproduksi telur pada jenis bibit yng percis belum tentu akan percis hasil nya. Jadi dari pengalaman berternak nantinya, pilihlah bibit dari induk yng pertumbuhannya paling cepat serta menghasilkan tidak sedikit telur.
panduan ternak bebek angsa bagi pemula
Sangkar serta perlengkapan
Angsa tergolong binatang yng tak kerasan tinggal di sangkar. Biarkan orang-orang berkeliaran di halaman belakang hingga batas tertentu. Sangkar dibutuhkan menjadi tempat berteduh dari hujan lebat serta angin kencang disamping menjadi tempat tidurnya. Ukuran sangkar yng dianggap memadai bagi atau bisa juga dikatakan untuk tiap ekor angsa merupakan 1 X 1 meter persegi ditambah 3 hingga 4 X 1 meter persegi menjadi pekarangannya. Atap sangkar diusahakan tak bocor supaya waktu hujan tetap kering. Makanan sebaiknya dibiasakan diberikan dalam sangkar dalam baskom ataupun wadah plastik yng terbuka. Air minumannya diusakan berada di luar sangkar bagi atau bisa juga dikatakan untuk melindungi supaya sangkar tetap kering. Sarang tak dibutuhkan kecuali telah ada yng bertelur. Sarang mampu dibuat dari kotak kayu yng di dalamnya diberi alas dari serutan kayu ataupun pecahan strowbur. Cahaya di sangkar Perlu cukup bagi atau bisa juga dikatakan untuk menstimulasi percepatan produksi telur.
Memberikan makan
Dalam masa pembiakan, pemberian 15% protein ditambah vitamin dalam kadar yng percis semisal bagi atau bisa juga dikatakan untuk ayam dalam masa pembiakan dianggap sudah cukup memenuhi kebutuhan nutrisi. Makanan sebaiknya tetap tersedia, demikian juga halnya yang dengannya kulit kerang serta pasir. Makanan lain-lainnya tak ada yng spesifik, dedak dicampur sayuran ataupun sisa makananpun tak menjadi masalah. Angsa Amat lahap dalam memakan rumput ataupun daun-daunan. Dibawah ini merupakan tabel komposisi nutrisi menjadi acuan andaikan memungkinkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk memberikannya.
panduan ternak bebek angsa bagi pemula
Andaikan pemeliharaan angsa dimaksudkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk dikonsumsi, umur angsa yng baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk dikonsumsi merupakan 4 hingga 6 bulan. Keram orang-orang pada sangkar yng lebih kecil serta berikan makanan penuh (full feed) 3 ataupun 4 minggu sebelum batas waktu dikonsumsi. Merupakan Amat barangkali bagi atau bisa juga dikatakan untuk menumbuhkan angsa lebih cepat yang dengannya memberikan makan penuh (full feeding grower-finisher pellets) sepanjang masa pertumbuhan. Namun bila orang-orang sudah mencapai berat yng dimau-kan (5,5 hingga 7,5 kilogram) dalam waktu 12 hingga 14 minggu, maka kondisi bulunya akan tidak sedikit bulu-bulu pendek yng akan susah dicabut serta dibersihkan. Sesudah lewat 14 minggu, kondisi bulunya akan cepat membaik. Jadi ada baiknya menghemat rumput yang dengannya memberikan batas pemberiannya pada masa awal serta berkonsentrasi pada masa akhir menjelang dikonsumsi ataupun dipasarkan.
Pembiakan
Umumnya angsa paling baik dijodohkan sepasang ataupun bertiga. Angsa jantan yng perkasa akan puas mendapatkan jodoh yang dengannya 4 ataupun 5 betina. Andaikan orang-orang sudah memilih sendiri pasangannya, maka ramai sekali jantan berpasangan yang dengannya betina yng percis dari tahun ke tahun. Jumlah telur yng dihasilan pada tahun ke dua akan lebih vanyak dari tahun pertama. Prosentase kesuksesan penetasannyapun makin baik. Induk angsa bisa terus memproduksi telur hingga 10 tahun. Dari hasil penelitian, kemampuan reproduksi angsa jantan lebih cepat menurun dibandingkan angsa betina.
Pemeliharaan telur
Ambil telur dua kali tiap hari, lebih-lebih pada musim hujan. Selalu hati-hati dalam pengentasan telur. Berihkan bilamana dipandang butuh. Temperatur yng paling baik pada tempat penyimpanan telur merupakan 7 hingga 13°C yang dengannya kelembaban relatif paling kecil 70%. Bila telur akan disimpan lebih dari dua hari, balikkan tiap hari supaya prosentase penetasannya meningkat. Andaikan tatacara penyimpanan telur tidak lebih baik, prosentase penetasan ini menurun seusai telur disimpan 6 - 7 hari. Andaikan tatacara penyimpanannya tepat telur bisa bertahan 10 hingga 14 hari yang dengannya hasil pengentasan yng tak berkurang.
Pengeraman telur
Masa penginkubasian telur angsa yng paling umum merupakan antara 29 hingga 30 hari. Empat hingga enam telur bisa diinkubasi pada setelan bagi atau bisa juga dikatakan untuk ayam betina sedangkan 10 hingga 12 telur pada setelan angsa. Balikkan telur tiga ataupun lima kali sehari andaikan incubator tak bekerja sendiri. Angka bilangan pembalikkan telur Perlu ganjil bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencegah letak telur berada pada posisi yng percis tiap malam. Andaikan telur dieram oleh induk ayam, ambilah anak angsa dari sarang segera seusai dientaskan. Simpen di tempat yng Anget hingga beberapa jam. Andaikan anak angsa tak segera diambil, maka induk ayam barangkali akan mengabaikan atau meninggalkan sarangnya lebih awal sebelum seluruh telur menetas.

Sumber rujukan dan gambar : http://duniacaraternak.blogspot.com/2016/10/panduan-ternak-bebek-angsa-bagi-pemula.html.

Seputar panduan ternak bebek angsa bagi pemula

Advertisement
 

Cari Artikel Selain panduan ternak bebek angsa bagi pemula