Cara Mengawetkan Kulit Dengan Pengeringan Sinar Matahari

- Maret 28, 2018

Cara Mengawetkan Kulit Dengan Pengeringan Sinar Matahari

 
Kulit yng baru dilepas dari tubuh hewan selambatnya 8 jam Perlu telah memperoleh perlakuan pengawetan ataupun penyamakan bagi atau bisa juga dikatakan untuk melindungi supaya kualitas kulit tak turun. tujuan pengawetan kulit merupakan bagi atau bisa juga dikatakan untuk melindungi kualitas kulit yang dengannya tak memberikan peluang pada bakteri pembusuk bagi atau bisa juga dikatakan untuk berkembang biak menjadikan menghasilkan rusaknya struktur kulit serta bertujuan supaya kulit mentah bisa disimpan pada waktu yng lama menjelang proses pengolahan lebih lanjut baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk tujuan disamak ataupun tujuan lain-lainnya.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencegah tumbuh serta berkembangbiaknya bakteri perusak, ada macam-macam tatacara antara lain: mengurangi kadar air kulit dibawah standar kebutuhan hidup minimal bagi atau bisa juga dikatakan untuk kelangsungan bakteri pembusuk menjadikan bakteri tak bisa melakukan aktivitas hidupnya. Pendapat dari Aten et al dasarnya memang pengawetan kulit terdiri dari tiga jenis antara lain dipanaskan dibawah sinar matahari, digaram, diasam (pickle).
Kulit yng sudah dibersihkan direntangkan pada sebuah kerangka, di paku pada sekeliling kulit serta dibuat bentuk yng simetris. Lantas kulit dikeringkan serta diusahakan pada tatkala matahari terik kulit tak dipanaskan secara langsung bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengurangi kerusakan kulit yng diakibatkan oleh sinar matahari.
Pengeringan kulit diudara dibagi menjadi beberapa tatacara antara lain: pengeringan diatas tanah, pengeringan dipentang, pengeringan diatas tali (kawat) serta pengeringan berbentuk payung/ tenda. Bila kulit direntangkan diatas tanah, permukaan bagian daging dibiarkan kena sinar matahari sampai-sampai menjadi panas, tengah uap tak bisa keluar dari permukaan bulu bisa menghasilkan cacat-cacat yng disebut: blister, yakni pembusukan diantara lapisan dalam serta permukaan luar dari kulit; taint yakni kerusakan lantaran pembusukan pada permukaan bulu (grain), hairsleep yakni gejala kerusakan pembusukan permukaan bulu menjadikan bulu gampang lepas. Oleh lantaran itu pada pengeringan sirkulasi udara yng bebas pada kedua permikaan kulit merupakan penting. Jadi pengeringan kulit diatas tanah tak dianjurkan. Pengeringan kulit dipentang diudara, bisa dianjurkan.
Pengeringan dibawah sinar matahari lebih baik mempergunakan pentangan kulit yng disandarkan pada sebuah kayu yang dengannya kemiringan 45 o C menghadap datangnya sinar matahari. Pengeringan yng baik di lakukan antara pukul 08.00 – 11.00 dilanjutkan 15.00 – 17.00

Cara pengawetan yang dengannya pengeringan matahari

Pertama kali kulit kambing dicuci bersih yang dengannya air, lantas ditimbang bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperoleh berat kulit. Lantas di lakukan fleshing (penghilangan sisa daging serta lemak), lantas dicuci kembali yang dengannya air hingga bersih. Seusai itu direntangkan diatas meja/tempat yng datar yang dengannya bagian flesh menghadap keatas. Lantas dipentangkan yang dengannya frame serta diangin-anginkan hingga satu malam. Seusai lewat satu malam, jemur selama 14 hari ataupun hingga kulit kering pada terik matahari.
Awal dari proses pengawetan yang dengannya metode kering matahari merupakan kulit segar yng sudah dibersihkan dari kotoran yng menempel pada bagian daging, lantas kulit disesek bagi atau bisa juga dikatakan untuk membersihkan sisa daging serta lemak. Seusai kulit bersih dicuci serta ditimbang, diperoleh berat awal 0,8 kg lantas di lakukan pementangan. Kulit dipentang pada kayu, yang dengannya tatacara dilubangi bagian-bagian pinggirnya bagi atau bisa juga dikatakan untuk dipasang pengait berbentuk S yng lantas dikaitkan pada pentangan yang dengannya tali rafia. Pementangan disarankan tak terlalu kencang serta tak terlalu kendor. Andai terlalu kencang akan merusak kulit menjadikan kulit akan robek serta andaikan terlalu kendor kulit akan berkerut. Seusai kulit rapi di atas pentangan yng disandarkan yang dengannya kemiringan 450 menghadap sinar matahari.


Sumber rujukan dan gambar : http://www.agrinak.com/2015/12/cara-mengawetkan-kulit-dengan.html.

Seputar Cara Mengawetkan Kulit Dengan Pengeringan Sinar Matahari

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Cara Mengawetkan Kulit Dengan Pengeringan Sinar Matahari