5 Jenis Bahan Pakan Ternak

- Maret 26, 2018

5 Jenis Bahan Pakan Ternak

 
Tidak sedikit jenis bahan makanan yng bisa dipakai menjadi makanan ternak. Secara umum pemanfaatan bahan pakan diklasifikasikan menjadi: 1) makanan kasar (roughages), 2) makanan penguat ataupun konsentrat (concentrates), 3) mineral, 4) vitamin, 5) makanan tambahan serta lain-lain.

Makanan kasar

Makanan kasar bervolume besar, akan tetapi berat tiap unit volume rendah. Makanan kasar bisa berasal dari hijauan berupa:
  • rumput (rumput lapangan, rumput tanaman)
  • daun-daunan (daun leguminosa ataupun kacang-kacangan serta daun tanaman lain)
  • sisa-sisa panenan berupa jerami (jerami kedelai, jerami kacang tanah, jerami jagung serta padi).

Makanan hijauan biasanya mengadung serat kasar 18% ataupun lebih serta kandungan energinya rendah. Dari sudut nutrisi, hijauan yng mempunyai kualitas tidak jelek alias bagus serta bisa menjadi sumber nutrisi yng baik merupakan hijauan yng mengadung protein kasar 20% total bahan kering ataupun lebih semisal leguminosa (kacang-kacangan). Namun hijauan lain dari jerami jagung ataupun jerami padi cuma memiliki kandungan protein kasar 3-4% bahan kering.

Dari hijauan yng berasal dari rumput serta daun-daunan yng mempunyai kualitas tidak jelek alias bagus, sapi cuma bisa berproduksi 70% dari kemampuan yng seharusnya. Meskipun demikian rumput serta daun-daunan adalah pakan dasar bagi sapi perah lantaran harganya relatif murah. Makanan kasar berupa hijauan Amat dibutuhkan ternak ruminansia lantaran mengadung serat kasar tinggi yng berperan merangsang kerja rumen serta menentukan kadar lemak susu.

Makanan penguat (Konsentrat)

Makanan penguat ataupun konsentrat adalah makanan yang dengannya kadungan serat kasar rendah ( di bawah 18%). Konsentrat dibedakan menjadi dua yakni menjadi sumber energi serta sumber protein. Konsentrat sumber energi andaikan kadar protein tidak lebih dari 20%. Sedangkan andaikan berkadar protein lebih dari 20% disebut konsentrat sumber protein. Nutrisi utama dari konsentrat berupa protein serta energi. Ternak perah yng berproduksi susu tinggi sebagian besar total pakan yng Perlu dimakan berupa konsentrat. Sapi perah yng cuma diberi pakan hijauan menghasilkan susu 30% lebih rendah dari pada sapi yng diberi hijauan serta konsentrat lantaran perut sapi tak mamp menampung pakan kasar sesuai energi yng dibutuhkan. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencukupi kebutuhan energi dibutuhkan tambahan konsentrat. Makanan konsentrat bisa berupa:
  • hasil pertanian (jagung, kedelai, kacang hijau serta lain-lain),
  • hasil sampingan/sisa industri pertanian (bungkil kelapa, bungkil kelapa sawit, bungkik kedelai, bungkil wijen, dedak, tetes, ampas tahu serta lain-lain)

Mineral

Ternak perah yng berproduksi tinggi butuh makanan tambahan berupa mineral ataupun zat-zat garam. Tubuh ternak butuh bermacam-macam zat anorganik semisal: kalsium (Ca), fosfat (P), kalium (Ka), natrium (Na), magnesium (Mg), besi (Fe) serta lain-lain. Tak seluruh bahan makanan butuh tambahan mineral lantaran sebagian besar mineral yng dibutuhkan bisa diperoleh dari bahan-bahan makanan yng diberikan.

Vitamin

Selain zat-zat yng sudah dibicarakan yang telah di sebutkan di atas, pula zat-zat vitamin amat penting pengertiannya. Meskipun cuma tidak banyak yng dibutuhkan akan tetapi hal ini tak boleh diabaikan. Andaikan tak ada ataupun terlalu tidak banyak vitamin di dalam ransum pakan, maka akan menjadikan tubuhnya lemah ataupun sakit-sakitan, malah pula kematian. Tak seluruh bahan pakan memiliki kandungan vitamin serba cukup, yng satu lebih tidak sedikit dari pada yng lain. Vitamin yng dibutuhkan dikelompokkan menjadi 2 kelompok, yakni vitamin yng larut dalam lemak (vitamin A, D, E serta K) serta vitamin yng larut dalam air (vitamin B12, B6, B kompleks, C, biotin, kholin, inondol, niacin serta lain-lain.

Makanan tambahan

Makanan tambahan yng dimaksud di sini merupakan produk yng tak bernutrisi, gunanya bagi atau bisa juga dikatakan untuk menaikan kondisi, mencegah penyakit antara lain antibiotik, hormon, obat cacing, anti toksin serta lain-lain.


Sumber rujukan dan gambar : http://www.agrinak.com/2015/12/5-jenis-bahan-pakan-ternak.html.

Seputar 5 Jenis Bahan Pakan Ternak

Advertisement
 

Cari Artikel Selain 5 Jenis Bahan Pakan Ternak