PENYEBAB KESEMUTAN DAN CARA MENGATASINYA

- Januari 11, 2018

PENYEBAB KESEMUTAN DAN CARA MENGATASINYA

 
Penyebab Kesemutan serta Tips Mengatasinya - Kesemutan mampu berlangsung pada siapapun, baik laki-laki ataupun perempuan, tua ataupun muda, anak kecil maupun dewasa, seluruh mampu terserang kesemutan, serta saya yakin pasti seluruh orang pernah merasakan. Kesemutan memanglah hal yng dianggap biasa, kesemutan memanglah tak memicu kematian, namun waspadalah lantaran kesemutan yng hebat mampu saja itu merupakan gejala suatu penyakit yng rawan. Dalam sebutan medis kesemutan disebut yang dengannya parestesia. Pada biasanya kesemutan penyebabnya yaitu oleh tekanan pada saraf. Disaat system persarafan berjalan lancar, arus listrik kecil mengalir di sepanjang jaringan saraf di lengan serta kaki, tulang belakang serta otak. Namun andai ada tekanan terus- menerus pada saraf, arus ini terhambat serta memicu sensasi kesemutan. Kondisi ini berlangsung misalnya disaat Kamu jongkok ataupun bersila dalam waktu lama. Disaat Kamu berdiri, tekanan pada saraf-saraf kaki dilepaskan serta arus persarafan kembali normal, maka kesemutan pun berangsur menghilang.

Penyebab Kesemutan Kronis

  1. Diabetes
    Diabetes bisa merusak pembuluh darah kecil yng memasok saraf di jari tangan serta kaki. Hal ini bisa memicu kesemutan, nyeri ataupun mati rasa di tangan serta kaki (neuropati perifer).
  2. Kompresi saraf/saraf terjepit
    Misalnya kompresi saraf ulnaris (saraf yng dimulai di leher serta memanjang ke bawah sampai-sampai bagian dalam lengan atas serta siku). Semisal lain-lainnya merupakan siatika, nyeri yng penyebabnya yaitu oleh iritasi ataupun kompresi saraf siatik, yng memanjang dari bagian belakang panggul, melalui pantat serta turun sampai-sampai ke tungkai-tungkai kaki.
  3. Carpal tunnel syndrome
    Sensasi nyeri serta kesemutan di tangan yng penyebabnya yaitu oleh akumulasi tekanan di terowongan kecil yng memanjang dari pergelangan tangan ke telapak tangan (carpal tunnel) .
  4. Paparan zat beracun, semisal timah ataupun radiasi.
  5. Malnutrisi, maksudnya adalah tubuh kekurangan nutrisi yng penting bagi atau bisa juga dikatakan untuk berjalannya system saraf, salah satunya vitamin B12.
  6. Kerusakan saraf akibat infeksi, cedera ataupun penyalahgunaan alkohol
    Efek samping obat tertentu, semisal kemoterapi (obat kuat yng dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengobati kanker), obat HIV, antibiotik metronidazol ataupun obat pencegah kejang (antikonvulsan).
  7. Kondisi lain semisal stroke, multiple sclerosis serta tumor otak
    Kondisi-kondisi yang telah di sebutkan Amat serius akan tetapi jarang berlangsung serta selalu disertai gejala lain selain kesemutan.

Tips Mengobati Kesemutan

Kesemutan Pada Tangan
Kesemutan pada tangan berlangsung lantaran adanya hambatan pada peredaran darah yng mengalir ke syaraf-syaraf pada tangan. Umumnya berlangsung ataupun kita alami tatkala kita tengah tidur lantaran kita tak menyadari tatkala kita menghimpit ataupun menindih tangan terlalu lama. Mampu pula berlangsung tatkala kita menonton TV sembari tiduran miring serta menopang kepala kita yang dengannya tangan dalam waktu yng cukup lama.Tips mengatasinya :
  • Posisikan tangan kamu pada posisi yng nyaman.
  • Andai kesemutan berlangsung pada tangan kiri maka jentiklah yang dengannya sekuat tenaga jempol kaki kanan kamu.
  • Andai berlangsung kesemutan pada tangan kanan maka jentiklah yang dengannya sekuat tenaga jempol kaki kiri kamu.
  • Yang dengannya tatacara ini kesemutan yng kamu rasakan semisal rasa tertusuk-tusuk apa lagi tatkala posisi tangan dipindahkan akan hilang, yng tertinggal hanyalah rasa kebas serta itu rasanya tak menyiksa.
  • Cukup diamkan hingga peredaran darah normal kembali serta rasa kebasnya berangsur menghilang.

Kesemutan Pada Kaki
Kesemutan pada kaki umumnya berlangsung tatkala kita duduk bersila terlalu lama, ataupun pula mampu berlangsung tatkala kita duduk dalam posisi yng salah terlalu lama menjadikan pembuluh darah terhimpit serta memicu terhambatnya peredaran darah ke syaraf pada kaki.Tips Mengatasinya:
  • Posisikan kaki pada posisi yng nyaman.
  • Andai kesemutan berlangsung pada kaki kanan maka jentiklah sekuat tenaga jempol tangan kiri kamu.
  • Andai kaki yng kesemutan merupakan kaki kiri kamu maka jentiklah sekuat tenaga jempol tangan kanan kamu.
  • Sesudah melakukan hal itu insya Allah rasa kesemutan semisal tertusuk-tusuk jarumnya akan hilang serta cuma tertinggal rasa kebas.
  • Diamkan beberapa tatkala hingga peredaran darah kembali normal serta rasa kebas pun akan berangsur menghilang.


Sumber rujukan dan gambar : http://www.nangimam.com/2014/04/penyebab-kesemutan-dan-cara-mengatasinya.html.

Seputar PENYEBAB KESEMUTAN DAN CARA MENGATASINYA

Advertisement
 

Cari Artikel Selain PENYEBAB KESEMUTAN DAN CARA MENGATASINYA