cara ternak puyuh bagi pemula

- Januari 11, 2018

cara ternak puyuh bagi pemula

 
Dasarnya memang, ternak puyuh mampu kita lakukan di rumah saja. Akan tetapi tentu saja yang dengannya syarat yng cukup ketat. Burung puyuh mempunyai tipikal ataupun karakter percis semisal burung lain-lainnya. Nah, kira-kira apa saja syarat ternak puyuh itu?
Keuntungan Ternak Puyuh
Yang akan di sajikan kali ini beberapa keutungan ataupun kelebihan yng akan kamu dapatkan andai melakukan ternak puyuh:
  1. Pertama, didasari data permintaan pasar, angka permintaan telur puyuh makin meningkat, sedangkan ketersediaan telur puyuh masih Amat tidak lebih. Tercantum bagi atau bisa juga dikatakan untuk wilayah jabodetabek saja permintaan telur puyuh mencapai 14 juta telur per minggu nya, akan tetapi pasokan telur yng cuma tersedia 3,5 juta saja. Tentunya andai Kamu ingin ternak puyuh, peluang bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperoleh pasar potensial Amat terbuka lebar.
  2. Kita tinjau dari harga telur puyuh, kedepannya cenderung akan terus meningkat.
  3. Tatkala ternak puyuh, kita mampu menjual telurnya serta burung puyuh yng telah tak produktif lagi sekalian, jadi satu kali dayung 2 – 3 pulau terlampaui. Andai kita mampu berbisnis puyuh secara konsisten maka kesempatan kerja percis yang dengannya para pengusaha masakan makin terbuka serta mampu menaikan omset penjualan
  4. Tak cuma telur serta dagingnya saja, kotoran puyuh mampu kita manfaatkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk pupuk sangkar malah mampu dijadikan menjadi pakan ikan karen di dalam kotoran puyuh terkandung nilai crude protein yng cukup tinggi.
  5. Kita pula mampu mempergunakan serta memanfaatkan bulu burung puyuh bagi atau bisa juga dikatakan untuk kerajinan tangan yng berharga ekonomis semisal kemucing dan juga lain-lainya.
  6. Ternak puyuh mampu di lakukan di belakang rumah ataupun di gudang lantaran tak butuh lahan serta pekarangan yng luas. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk diketahui, andai Kamu ternak 1000 ekor ayam maka butuh luas sekitar 100 m². Sedangkan andaikan ternak puyuh 1000 ekor, Kamu cukup menyiapkan lahan sekitar 12 m² saja.
  7. Serta yng jauh lebih penting merupakan, sejauh ini belum adanya monopoli pasar pada perdagangan puyuh, menjadikan Kamu yang dengannya leluasa mencari pasar potensial.
Bagaimana? Diluar dugaan usaha ternak puyuh Amat menjanjikan sekali bukan? Jangan hingga kesempatan usaha menjanjikan ini terlewati begitu saja. Di artikel ini SentraBudidaya akan mengupas segala hal yng berkaitan yang dengannya ternak puyuh, semoga mampu menjadi inspirasi bagi atau bisa juga dikatakan untuk kita seluruh.
cara ternak puyuh bagi pemula
Tahapan Ternak Puyuh
Yang akan di sajikan kali ini tahapan ternak puyuh yng Perlu kamu ketahui:
1. Prasyarat Ternak Puyuh
Sebelum kita membuat sangkar bagi atau bisa juga dikatakan untuk ternak puyuh, sebaiknya kita pastikan berlebi dahulu lingkungan bagi atau bisa juga dikatakan untuk ternak puyuh cukup ideal, semisal jauh dari jalan besar, pasar, bengkel, ataupun sumber kebisingan lain-lainnya. Lantaran hal ini mampu menghasilkan burung puyuh stress menjadikan akan susah bagi atau bisa juga dikatakan untuk bertelur serta berkembang biak.
Nah, itu dia persyaratan ternak puyuh yng Perlu kamu perhatikan. Pastikan sangkar burung puyuh berada di lingkungan yng tenang serta jauh dari keributan.
2. Tempat Ternak Puyuh
Seusai prasyarat di atas kita penuhi, sebaiknya tempat ternak puyuh kita:
  1. Letaknya gampang dijangkau, kalau mampu strategis supaya membuat mudah kita dalam proses transportasi serta penjualan
  2. Tempat pula sebaiknya bebas dari wabah penyakit
  3. Hindari tempat yng rawan banjir, ika iya, sebaiknyaa kamu membuat sangkar panggung yng mempunyai tiang pondasi yng tinggi serta kokoh
  4. Sangkar puyh sebaiknya mempunyai sirkulasi udara yng baik
3. Persiapan Sangkar Puyuh
Seusai segala jenis teori kita lewati, yang akan di sajikan kali ini persiapan membuat sangkar puyuh, buatlah sangkar puyuh yng:
  1. Mempunyai temperatur suhu berkisar 20-25°C yang dengannya tingkat kelembaban berkisar 30-80%
  2. Anget, berikan penerangan yang dengannya memakai lampu 25-40 watt pada siang hari serta pada malam hari memakai lampu 40-60 watt
  3. Memungkinkan cahaya matahari mampu masuk ke sangkar puyuh
  4. Mempunyai model sangkar ideal, ada 2 jenis sangkar puyh yakni system sangkar (batere) serta system litter (lantai sekam ).
  5. Mempunyai ukuran 1 m² bagi atau bisa juga dikatakan untuk anak puyuh 90 – 100 ekor, lantas tatkala usia puyuh mencapai 10 hari sebaiknya jumlah anak puyuh dikurangi sampai-sampai menjadi 60 ekor hingga berakhir masa anakan. Selanjutnya sangkar berukuran 1 m² sebaiknya bagi atau bisa juga dikatakan untuk menampung 40 ekor puyuh hingga masuk masa bertelur.
4. Pembuatan Sangkar Puyuh
Sangkar puyuh terbagi menjadi:
  • Sangkar menjadi Induk Pembibitan
Sangkar jenis pertama ini berfungsi menjadi tempat indukan puyuh bagi atau bisa juga dikatakan untuk pembibitan, jenis sangkar ini Amat memberi pengaruh hasil produktifitas serta kualitas dari telur puyuh. Seseuaikan ukuran sangkar yng Kamu buat yang dengannya jumlah indukan puyuh yng dipelihara. Sangkar puyuh yng ideal bagi atau bisa juga dikatakan untuk dipakai pembibitan yakni 1 ekor puyuh dewasa yang dengannya luasan sangkar 200 m²
  • Sangkar Bagi atau bisa juga dikatakan untuk Indukan Petelur
Jenis sangkar yng kedua merupakan bagi atau bisa juga dikatakan untuk indukan yng menghasilkan telur yng akan kita jual. Sangkar ini mempunyai ukuran yng percis yang dengannya jenis sangkar bagi atau bisa juga dikatakan untuk induk pembibitan, akan tetapi pada jenis sangkar ini Kamu mampu tidak banyak menambah kepadatan puyuh dalam satu sangkar.
  • Sangkar Bagi atau bisa juga dikatakan untuk Anak Puyuh
Jenis sangkar puyuh ketiga merupakan khusus bagi atau bisa juga dikatakan untuk memelihara anak puyuh berumur 1 hari – 2 ataupun 3 minggu. Jenis sangkar ini dianjurkan memakai pemanas ruangan bagi atau bisa juga dikatakan untuk melindungi kehangatan anak puyuh. Ukuran sangkar bagi atau bisa juga dikatakan untuk anak puyuh idealnya PxLxT 100x100x40 cm yang dengannya ketinggian kaki sangkar 50 cm, ukuran sangkar yang telah di sebutkan bisa menampung sekitar 90 – 100 anak puyuh.
  • Sangkar Bagi atau bisa juga dikatakan untuk Puyuh 3 – 6 minggu
Jenis sangkar puyuh yng yang terakhir merupakan bagi atau bisa juga dikatakan untuk puyuh yng berusia 3 -6 minggu. Ukuran, bentuk serta kapasitas puyuh dalam sangkar percis yang dengannya jenis sangkar bagi atau bisa juga dikatakan untuk indukan petelur. Pada umunya jenis sangkar ini mempunyai alas berupa kawat ram. Dalam pembuatan sangkar puyuh, pastikan pula kamu memberikan perlengkapan pendukung semisal tempat makan serta minum puyuh, tempat bertelur sampai-sampai tempat obat-obatan andaikan sewaktu-waktu dibutuhkan.
5. Persiapan Bibit Puyuh
Seusai sangkar siap, langkah selanjutnya merupakan persiapan pengisi sangkar, yakni burung puyuh itu sendiri. Butuh kita ketahui, ada tiga jenis bibit didasari tujuan pemeliharaannya, antara lain menjadi berikut ;
  • Bibit puyuh bagi atau bisa juga dikatakan untuk telur konsumsi
Jenis bibit pertama merupakan bagi atau bisa juga dikatakan untuk memproduksi telur yng akan dijual, pilihlah jantan serta betina yng sehat dan tak mempunyai riwayat penyakit sebelumnya supaya produksi mampu optimal.
  • Bibit puyuh bagi atau bisa juga dikatakan untuk produksi daging
Jenis bibit selanjutnya merupakan jenis puyuh yng akan kita jual puyuhnya, disini tujuan ternak kita merupakan bagi atau bisa juga dikatakan untuk produksi daging, sebaiknya dipilih bibit puyuh jantan serta jenis puyuh petelur afkiran
  • Bibit puyuh bagi atau bisa juga dikatakan untuk penghasil telur tetas
Bibit selanjutnya merupakan bagi atau bisa juga dikatakan untuk enghasilkan telur tetas, sebaiknya kamu memilih jenis bibit puyuh betina yng mempunyai produktifitas telur yng baik serta bagi atau bisa juga dikatakan untuk puyuh pejantan dipilih yng sehat serta telah siap bagi atau bisa juga dikatakan untuk dikawinkan.
6. Perawatan Puyuh
Seusai kita selesai yang dengannya sangkar serta bibit, langkah selanjutnya merupakan tindahan perawatan supaya ternak puyuh yng kita lakukan mampu optimal. Yang akan di sajikan kali ini tindakan perawatan yng sebaiknya kita lakukan:
  • Jaga Kebersihan Sangkar
Pertama yng Perlu kita rawat merupakan rutin membersihkan sangkar secara rutin. Membersihkan sangkar secara rutin bisa mencegah timbulnya penyakit serta sebaiknya lakukan vaksinasi pada periode waktu tertentu
  • Pengontrolan Penyakit
Perawatan puyuh yng selanjutnya merupakan yang dengannya mengendalikan penyakit. Kita butuh melakukan kontrol terhadapt puyuh secara terencana supaya terhindar dari penyakit ataupun meminimalisir penyakit menjangkiti yng lain-lainnya. Segera lakukan pengobatan pada puyuh yng skit sesuai yang dengannya anjuran dinas peternakan ataupun penyuluh setempat.
  • Pakan Puyuh
Perawatan selanjutnya merupakan dalam bentuk pemberian pakan, berupa pelet ataupun remah-remah dan bentuk tepung, sebaiknya anak puyuh diberikan pakan 2 kali yakni pagi serta sore hari. Sedangkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk puyuh dewasa serta remaja diberikan satu kali sehari saja yakni pada waktu pagi hari. Pemberian minum anak puyuh mampu di lakukan sepanjang hari. Masih ada beberapa lagi yng butuh kita perhatikan, cek it out ya.

Sumber rujukan dan gambar : http://duniacaraternak.blogspot.com/2016/10/cara-ternak-puyuh-bagi-pemula.html.

Seputar cara ternak puyuh bagi pemula

Advertisement
 

Cari Artikel Selain cara ternak puyuh bagi pemula