ternak bebek sehingga cepat bertelur

- Desember 21, 2017

ternak bebek sehingga cepat bertelur

 
ternak bebek sehingga cepat bertelur
Pada peluang di artikel ini admin akan posting wacana Cara supaya Itik/Bebek Cepat Bertelur. Langsung ke pokok bahasan serta selamat membaca bagi para pengunjung. Penyinaran yang dengannya lampu neon 3 jam setiap malam pada seekor itik mampu mempercepat pertumbuhannya dan mampu bertelur pada umur 4 bulan. hasil penelitian dr. tatang santanu adikara, dosen fkh unair.
ITIK butuh listrik bagi atau bisa juga dikatakan untuk cepat tumbuh menjadi dewasa. Yang dengannya pencahayaan, neon selama tiga jam, setiap lepas petang, seekor anak itik mampu bertelur pada umur empat bulan. Lebih cepat empat bulan ketimbang teman-temannya yng tidak pernah disentuh sinar neon. Penyinaran neon tiga jam setiap malam itu mampu pula memacu pertumbuhan fisik anak itik. Dalam waktu dua bulan, anak itik umur seminggu berbobot 112 gram mampu dikatrol bobotnya sampai-sampai mencapai 600 gram. Jauh lebih tinggi dibanding kawan-kawannya yng tanpa penyinaran, yng berat rata-ratanya 420 gram. Soal pengaruh pencahayaan lampu neon terhadap itik ini sudah diteliti oleh Dr. Tatang Santanu Adikara, dosen Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Unair, Surabaya.
Hasil penelitian itu dikemukakan Tatang pada pertemuan ilmiah nasional Persatuan Ahli Anatomi Indonesia (PAAI), di Fakultas Kedokteran UI, Salemba, pekan ini. Tatang telah cukup lama menggauli itik. Dia pernah meneliti masalah daya tahan itik terhadap virus tetelo, bagi atau bisa juga dikatakan untuk skripsinya di FKH Unair, 1978. Kemudian disertasinya, dia mengangkat soal pengaruh cahaya terhadap kelenjar, alat, serta daya reproduksi itik. Setelah mengambil gelar doktor di IPB 1986 Tatang kembali ke almamaternya bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengajar. Bebek tetap menjadi pilihannya bagi atau bisa juga dikatakan untuk kegiatan riset pasca disertasinya. Cahaya neon, pendapat dari riset Tatang, diluar dugaan berpengaruh terhadap manajemen hormonal pada itik. Secara teoretis, cahaya mampu memberikan rangsang pada retina mata. Kemudian, saraf simpatis pada bebek itu akan meneruskannya ke otak.
Bagian otak yng tergerak oleh rangsang itu merupakan kelenjar pinealis. Menjadi reaksinya, keleniar ItU akan mengurangl produksi hormon melatoninnya. Hormon bikinan kelenjar pinealis itu berperan dalam memberikan batas aktivitas produksi hormon pada kelenjar hipofise anterior. Padahal, kelenjar hipofiselah yng mengatur pertumbuhan serta pendewasaan pada sebuah individu. Berkat cahaya ekstra itu, pendapat dari riset Tatang, kadar melatonin dalam darah mampu menurun. Maka, faktor penghambat pertumbuhan serta pendewasaan mampu berkurang dominasinya. Namun cahaya bohlam pijar listrik serta lampu minyak tidak mampu memberikan manfaat yng percis. Respons retina itik khusus bagi atau bisa juga dikatakan untuk cahaya putih, semisal sinar matahari ataupun neon. Yang akan di sajikan kali ini beberapa bisnis yng mampu membuat itik kita sehat.
Sanitasi Mau diakui ataupun tak bahwasanya sanitasi memegang peranan penting menjadi bisnis utama dalam pencegahan penyakit. Sanitasi meliputi kebersihan sangkar, kebersihan perlengkapan sangkar, kebersihan pakan (kualitas pakan), serta pula pengelolanya. Kalau saat ini kita lebih mengkhususkan masalah sanitasi sangkar maka sangkar itik sebaiknya tak lembab, kotoran itik serta sisa pakan kalau mampu tak hingga menumpuk sehingga memicu bau. Bisnis yng bisa kita lakukan supaya sangkar kita tak terlalu lembab merupakan menjadi berikut :
  1. Memberikan alas jerami, di samping bisa atau mampu menyerap air mampu pula menjadi bisnis bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengurangi resiko telur pecah serta melindungi supaya kulit telur tetap bersih
  2. Merancang serta mendesain sangkar sedemikian rupa supaya sinar matahari mampu masuk ke dalam sangkar
  3. Tak meletakkan tempat pakan ataupun minum di dalam sangkar yng beratap permanen.
Pemberian Ruang Gerak Ibarat kita-kita yng melakukan aktifitas, itik pula butuh bergerak. Itik yng dipelihara secara intensif memiliki ruang gerak yag dibatasi. Pembatasan ruang gerak ini memiliki alasan yakni supaya pakan yng dikonsumsi itik efektif bagi atau bisa juga dikatakan untuk produksi serta reproduksi. Oleh lantaran itulah kita dituntut bagi atau bisa juga dikatakan untuk pandai-pandai dalam mengatur ruang sehingga itik masih mampu terasa nyaman serta tak berdesak-desakan.
Tatacara Pemberian Pakan Hampir mampu dipastikan, sumber penyakit pada itik umumnya berasal dari pakan yng sudah beracun, yaitu pakan yng sudah ditumbuhi jamur, apek, serta berkutu. Tatacara pemberian pakan serta tips penyimpanan pakan berpotensial besar memicu pakan menjadi beracun. Bisnis yng bisa kita lakukan merupakan berusaha memberikan pakan yng bersih, segar serta bebas dari racun. Itik Kanibal, Penyebab utama itik kanibal merupakan pola makan yng salah. Adapun penyebab lain itik kanibal antara lain :
  1. Kebutuhan nutrisi itik tak mencukupi sehingga tubuh sesamanya menjadi sasaran.
  2. Jumlah itik dalam satu sangkar terlalu padat, sehingga itik akan saling berebut bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperoleh tempat yng nyaman. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk itu kepadatan sangkar butuh diperhatikan begitu pula luasannya
  3. Udara di dalam sangkar terlalu panas, kelembaban tinggi. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk menanggulangi hal ini sangkar butuh diberi ventilasi yng cukup
  4. Ada itik lain (itik baru) masuk ke dalam kelompok itik yng lain.
Pemberian Resep Tradisional Para peternak itik di Tegal serta Cirebon memiliki tips tradisional supaya itiknya tetap sehat. Tatacara yang telah di sebutkan di antaranya :
  1. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyehatkan badan, itik diberi rebusan gula serta asam 2-3 kali dalam satu bulan. Tatacara pemberiannya yang dengannya mencampurkannyadalam air minun. Ramuan ini diyakini memberikan manfaat bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyegarkan peranakan itik.
  2. Supaya itik tak keracunan, itik diberi air rebusan daun johar. Tatacaranya : 1kg daun johar direbus yang dengannya air sebanyk 1-1,5 liter sampai-sampai menyusut menjadi 0,5 liter, lantas air rebusan ini dicampurkan ke dalam air minum itik. Ramuan ini mampu bagi atau bisa juga dikatakan untuk 100 ekor itik .
  3. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghindari keracunan, itik mampu juga diberi rebusan daun pepaya. Tatacara membuatnya percis semisal membuat rebusan daun johar di atas .
  4. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk menaikan nafsu makan itik mempergunakan daun pace ataupun sere. Daun pace ataupun sere ini diiris kecil-kecil serta dicampurkan yang dengannya pakan. Diberikan setiap dua minggu sekali, 1 kg bagi atau bisa juga dikatakan untuk 100 ekor itik .
  5. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk membunuh cacing mampu yang dengannya mencampurkan daun pepaya ataupun bunga pepaya yng dirajang halus. Pemberian cukup 2 minggu sekali ataupun satu bulan sekali



Sumber rujukan dan gambar : http://duniacaraternak.blogspot.com/2016/10/ternak-bebek-sehingga-cepat-bertelur.html.

Seputar ternak bebek sehingga cepat bertelur

Advertisement
 

Cari Artikel Selain ternak bebek sehingga cepat bertelur