cara mudah ternak bebek cepat panen

- Desember 21, 2017

cara mudah ternak bebek cepat panen

 
cara mudah ternak bebek cepat panen
Bebek adalah hewan ternak yng di konsumsi serta di gemari oleh warga atau juga bisa dikatakan masyarakat, tentu saja yang dengannya rasanya yng enak saat ini bebek otong mulai tidak sedikit di budidayakan. Selain mampu berproduksi telur bebek pula mampu di fokuskan bagi atau bisa juga dikatakan untuk dagingnya. Daging bebek dipanen seusai masa produktifitas bertelurnya habis. Saat ini tidak sedikit ternak bebek yng berorientasi pada daging. Ada beberapa perbedaaan mendasar antara bebek serta itik. Padahal sebetulnya terdapat tidak banyak perbedaan antara itik yang dengannya bebek. Itik mempunyai tanda tubuh lebih ramping, berjalan tegak, tubuhnya menyerupai botol serta gerakannya lincah. Sedangkan bebek tubuhnya lebih lebar, berjalan horizontal serta gerakannya lamban. Akan tetapi dalam analisis di artikel ini, kita tak membedakan antara itik serta bebek, mengingat secara umum proses budidayanya relatif percis. Pengusaha bebek yng saat ini berjalan dari aneka macam kalangan serta sasaran yng akan di rilis :
  1. Memelihara indukan bagi atau bisa juga dikatakan untuk petelor yng kelak nya ditetaskan lantas di jual.
  2. Sasaran pengusaha penetasan dod yng memproduksi bibit .
  3. Memjadi jadi penyalur ataupun suplayer dod.
  4. Menjadi peternak yang dengannya bisnis pembesaran bebek pedaging yng dipelihara mulai umur 1 hari hingga 35 hari ataupun 40 hari panen. Lantas bebek yng diternak akan mampu dijual bagi atau bisa juga dikatakan untuk dijadikan bebek potong di umur 35 hari ataupun 40 hari.
  5. Bisnis menjadi pengepul yng membeli ataupun menampung bebek hidupan lantas di jual langsung kepasaran.
  6. Bisnis RPU ataupun rumah potong unggas.
  7. Menjadi uplayer karkas ataupun daging bebek yng telah dipotong serta telah dibersihkan serta dikemas bagi atau bisa juga dikatakan untuk disuplay ke pasar ataupun end user umumnya ke pasar moderen.
  8. Ataupun menjadi restoran yng menyediakan masakan ataupun masakan berbahan baku bebek ini.
Akan tetapi seiring berkembangnya, bebek di kembangkan melalui beberapa jenis produksi pedaging serta petelur. ada baiknya kamu mengenal berlebi dahulu jenis-jenis bebek yng hingga tatkala ini masih di budidayakan serta tentu berpeluang besar bagi kamu yng ingin berbudidaya.
Bebek Jawa
Bebek jawa adalah bebek asli dari indonesia yng mulai di budidayakan di jawa . bebek ini asli lokal indonesia punya, dalam produktifitas bebek ini cukup berpotensi. Dalam setahun 1 bebek ini bisa atau mampu bertelur 250-300 butir. Bebek mulai mampu bertelur pada umur 5-6 bulan, serta tetap produktif sampai-sampai umur 2 tahun.
Bebek Kalimantan
Bebek lokal unggul yng mempunyai dwi fungsi lantaran selain bisa atau mampu memproduksi telur yng tinggi, rata-rata 214,72 butir/tahun pula potensial menjadi penghasil daging di bandingkan yang dengannya bebek lokal lain-lainnya. Yang dengannya aneka macam keunggulan yng dimiliki itik alabio, maka pada tahun 1996, Balai Penelitian Ternak Ciawi, Balitnak Bogor melakukan persilangan antara itik mojosari serta alabio yng menghasilkan bibit itik (final stock) yng unggul dibandingkan tetuanya. Sebetulnya ada jenis bebek kalimantan lain yaitu bebek nunukan. Akan tetapi tak begitu ternama dibanding bebek alabio.
Bebek Bali
Bebek ini Suka pula di sebut bebek pinguin lantaran berbadan tegak serta hampir menyerupai pinguin, Bebe ini berasal dari bali. Dulunya bebek bali liar serta di jinakan oleh warga bagi atau bisa juga dikatakan untuk di kembangkan serta di budidayakan. Bebek bali mempunyai warna tubuh yng beragam. Kemampuan bertelurnya lebih tidak banyak dibanding bebek jawa serta bebek alabio, sekitar 140-145 butir per tahun. bebek bali baru mampu bertelur yang dengannya normal seusai berumur 23-24 minggu.
Indian Runner
Indian runner adalah bebek Indonesia oleh orang Belanda disebut Indiche-Loopend. Indian runner telah ada di Indonesia sejak berabad-abad yng lantas merupakan keturunan itik liar yng didomestikasi. Pada zaman kerajaan bebek ini telah di budidayakan oleh warga atau juga bisa dikatakan masyarakat bagi atau bisa juga dikatakan untuk di jadikan makanan serta penghasilan telur. Khususnya dari beberapa daerah kebanykan bebek ini tersebar di dataran rendah. Bebek jenis ini cocok dibudidayakan di ikilm Indonesia. Mulai dari propinsi Aceh hingga ujung timur wilayah Indonesia bisa dijumpai. Lantaran bebek ini tersebar di penjuru indonesia bangsa Belanda serta Belgia menyebutnya bebek kampung. Bentuk tubuh bebek indian runner mirip yang dengannya bebek jawa, ramping serta berjalan tegak semisal botol. Warna tubuhnya kecoklatan. Produksi telurnya 150-250/musim.
Bebek pedaging
Disamping jenis-jenis bebek di atas, terdapat bebek aneka macam jenis bebek pedaging. Ataupun biasa pula disebut bebek, yaitu bebek peking, bebek aylesbury serta bebek muscovi. Umumnya bebek pedaging muda jenis Hibrida (umur 30 hari – 45 hari) serta bebek lokal (umur 40 hari – 60 hari).
Persiapan sangkar bebek
Sebetulnya budidaya bebek Amat mudah di lakukan, mulai dari metde sangkar yng saat ini tidak sedikit di kembangkan. Hal ini telah sukses di kembangkan yang dengannya teknik sangkar. budidaya bebek tetap produktif bertelur. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk lebuih jelasnya mari kita ulas beberapa paktor pendukung budidaya bebek.
a. Metode budidaya
Ada beberapa metode ber budidaya yang dengannya cara penggembalaan serta metode sangkar. Dari kedua metode ada keunggulan serta kekurangannya. Metode penggembalaan tidak sedikit dipakai oleh para peternak tradisional, misalnya para peternak di daerah pantai utara Jawa. Keunggulan metode system penggembalaan pengeluaran bagi atau bisa juga dikatakan untuk pakan mampu lebih hemat. Bebek mencari sendiri pakan yng ada di alam, semisal tumbuh-tumbuhan, cacing dan juga lain-lainya. Umumnya kualitas telur yng diperoleh yang dengannya system penggembalaan lebih baik, warna kuning telurnya sempurna. Bila diolah menjadi telur asin Amat baik.
Akan tetapi metode ini belum tentu cocok di daerah kamu. Lantaran lahan yng di punyai menjadi kendala serta tenaga kerja bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengmbangkan penggembala yng susah didapat, metode ini mulai tidak lebih di minati lantaran beberapa alasan yng susah. Akan tetapi yang dengannya metode sangkar makin maju serta berkembang. Beberapa keunggulan yng di punyai yang dengannya metode sangkar tak kalah menunjukkan hasil yng besar. Kualitas telur yng diperoleh mampu dikontrol yang dengannya pemberian pakan yng tepat. Terdapat beberapa tipe sangkar bagi atau bisa juga dikatakan untuk ternak bebek, berikut penjelasannya :
Sangkar tipe pekarangan
Sangkar bebek system ini adalah kombinasi antara terkurung yang dengannya system lepas. Dilapisi yang dengannya sekam padi. Atap sangkar yng cocok yang dengannya satu atap di tambahkan lubang angin. Pada pekarangan yng disediakan itulah terdapat tempat pakan serta minuman bebek. Pelindung atap di pakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghindari sinar matahari langsung serta air hujan turun.. Sekitar pekarangan dibuat pagar yang dengannya tinggi tidak lebih lebih 75 cm. Tipe sangkar ini berupa pekarangan yng sekelilingnya di pagari. Bebek beraktivitas semisal makan, minum, berenang dalam lingkungan yang telah di sebutkan. Sangkar ini bersifat terbuka, akan tetapi disediakan sangkar bagi atau bisa juga dikatakan untuk berteduh. Bila malam tiba ataupun hujan, bebek mampu masuk bagi atau bisa juga dikatakan untuk berteduh ke dalam sangkar.
Sangkar terkurung ataupun tipe postal
Adalah bangunan yng besar mempunyai atap. Dinding umumnya terbuat dari bambu. Bebek dibiarkan berkeliaran dalam lingkungan sangkar. Dalam sangkar ditempatkan aneka macam fasilitas semisal tempat pakan, minum ataupun kalau memungkinkan kolam berenang. Dasar sangkar mampu berupa tanah ataupun semen yng ditaburi sekam padi. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk membuat sangkar bebek, butuh memperhatikan beberapa hal supaya beternak bebek mampu maksimal hasil nya. Berikut beberapa hal yng butuh diperhatikan dalam membuat sangkar bebek :
  1. Sangkar bebek membujur yang dengannya arah timur-barat, tujuanya supaya mencegah masuknya sinar matahari sepanjang hari yng akan memicu suhu sangkar menjadi panas.
  2. Cahaya matahari Perlu masuk, akan tetapi tak langsung masuk ke dalam sangkar.
  3. Tinggi minimal 2 meter bagi atau bisa juga dikatakan untuk jenis pedaging ataupun petelur, supaya sirkulasi udara cukup. Supaya mudah disaat pembersihan sangkar ataupun senitasi sangkar, tak butuh jongkok.
  4. Mempunyai ruang gerak yng cukup besar, tak jauh yang dengannya sangkar ayam akan tetapi sangkar bebek Perlu lebih besar, lantaran bebek mudah kaget, jadi butuh ada ruang agak besar supaya bebek mampu berlari. Ataupun 2 ekor itik butuh sangkar 1 meter persegi.
Sangkar tipe baterai
1-2 bebek ditempatkan dalam kotak yng terpisah. Yang dengannya di buatkan kisi-kisi bambu ataupun dari bahan lain. Sangkar tipe baterei mampu ditempatkan di dalam ataupun luar ruangan. Yang dengannya tipe sangkar baterai, Umumnya tak di sediakan kolam bagi atau bisa juga dikatakan untuk berenagnya bebek.
b. Memilih tipe sangkar
Jenis sangkar semuanya Amat baik, akan tetapi yang dengannya memperhatikan lingkungan yng mendukung budidaya kamu, ketersediaan sumber daya, tempat, luas lahan, tenaga kerja serta modal yng menunjang Perlu kamu perhatikan. Berikut hal yng butuh dipertimbangkan dalam memilih tipe sangkar. Andai kamu mempunyai lahan yng luas sangkar tipe pekarangan barangkali cocok. Sangkar ini memerlukan lahan yng luas, akan tetapi investasi bagi atau bisa juga dikatakan untuk pembuatan sangkar mampu ditekan lantaran aktivitas bebek akan dihabiskan di pekarangan. Sangkar pekarangan cocok diterapkan pada terak bebek semi intensif. Andaikan lahan yng tidak lebih luas, saya sarankan kamu mempergunakan sangkar terkurung ataupun tipe baterai.
Sangkar tipe ini relatif tak memerlukan lahan luas, akan tetapi modal dalam pembangunan Amat lumayan besar. Sangkar tipe ini cocok bagi atau bisa juga dikatakan untuk budidaya intensif. Kamu Perlu memertimbangkan tujuan ternak bebek. Bila fokus pada produksi telur serta daging, system tekurung serta baterai mampu dipakai. Andai kamu ingin berprduksi pembibitan metode kanda di atas tidak lebih efektif, sebaiknya pertimbangkan tipe pekarangan ataupun sangkar terkurung, dimana di dalamnya disediakan fasilitas kolam bagi atau bisa juga dikatakan untuk berenang.
c. Memilih bibit bebek serta merawat bibit
Seusai sangkar serta jenis bebek yng akan kamu budidayakan selanjutnya kamu mempersiapkan serta memilih bibit bebek.
  • Memilih Bibit, Ada beberapa cara bagi atau bisa juga dikatakan untuk mendapatkan bibit yng baik, lebih-lebih bagi atau bisa juga dikatakan untuk di budidayakan :
  1. Mempergunakan telur tetas yng telah terbukti kualitasnya. Telur ditetaskan sendiri yang dengannya inkubator ataupun mesin tetas.
  2. Mengawinkan indukan jantan serta betina bagi atau bisa juga dikatakan untuk memproduksi sendiri. Hal ini mampu di lakukan bila kita
  3. mempunyai bibit yng mempunyai kualitas supaya hasil anakan baik, serta pula mempunyai fasilitas pembibitan sendiri.
  4. Membeli Day Old Duck (DOD) dari toko peternakan ataupun peternak lain. Membeli DOD (Day Old Duck) dari pembibitan yng telah dikenal mutunya ataupun yng sudah mendapatkan rekomendasi dari dinas peternakan setempat.Tanda DOD yng baik merupakan tak cacat (tak sakit) yang dengannya warna bulu kuning mengkilap.
  • Perawatan bibit serta calon induk, Perawatan bibit seusai penetasan yng akan menjadi pemnudidayaan :
  1. Perawatan Bibit, Bibit (DOD) yng baru saja tiba dari pembibitan, hendaknya ditangani secara teknis supaya tak salah rawat. Adapun penanganannya menjadi berikut: bibit diterima serta ditempatkan pada sangkar brooder (indukan) yng sudah dipersiapkan sebelumnya. Serta hal-hal yng butuh diperhatikan dalam brooder merupakan temperatur brooder diusahakan yng anak itik tersebar secara merata, kapasitas sangkar brooder (box) bagi atau bisa juga dikatakan untuk 1 m2 bisa atau mampu menampung 50 ekor DOD, tempat pakan serta tempat minum sesuai yang dengannya ketentuan yakni jenis pakan itik fase stater serta minumannya butuh ditambah vitamin/mineral.
  2. Perawatan calon Induk, Calon induk itik ada dua jenis yakni induk bagi atau bisa juga dikatakan untuk produksi telur konsumsi serta induk bagi atau bisa juga dikatakan untuk produksi telur tetas. Perawatan keduanya percis saja, perbedaannya cuma pada induk bagi atau bisa juga dikatakan untuk produksi telur tetas Perlu ada pejantan yang dengannya perbandingan 1 jantan bagi atau bisa juga dikatakan untuk 5 – 6 ekor betina.
d. Pakan
Ternak bebek baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk tujuan peterlur ataupun pedaging butuh pakan yng mempunyai kualitas. Pada bebek petelur, kualitas telur yng diperoleh bergantung yang dengannya jenis pakan yng diberikan. Yang akan di sajikan kali ini jenis-jenis pakan bebek. Feed Suplement bagi atau bisa juga dikatakan untuk melengkapi ransum makanan dibutuhkan vitamin, mineral serta antibiotik yng memberikan manfaat bagi atau bisa juga dikatakan untuk mempercepat pertumbuhan, mempertahankan ataupun meningakatkan produksi serta melindungi kebugaran atau kesehatan ternak bebek. Feed suplement mampu cuma berbentuk vitamin, mineral ataupun campuran antara antiobitik serta vitamin ataupun pula campuran dari vitamin, antibiotik serta mineral. Cara pemberian feed suplement mengikuti peraturan dari pabrik pembuatnya.
* Jenis pakan, Terdapat dua jenis pakan ternak bebek, yaitu pakan alami serta pakan konsentrat (pabrikan). Pakan alami mampu berupa keong serta kepaa udang. Sedangkan pakan konsentrat bisa di beli dipabrik, ataupun bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghemat mampu diramu sendiri. Feed Suplement bagi atau bisa juga dikatakan untuk melengkapi ransum makanan dibutuhkan vitamin, mineral serta antibiotik yng memberikan manfaat bagi atau bisa juga dikatakan untuk mempercepat pertumbuhan, mempertahankan ataupun meningakatkan produksi serta melindungi kebugaran atau kesehatan ternak bebek. Feed suplement mampu cuma berbentuk vitamin, mineral ataupun campuran antara antiobitik serta vitamin ataupun pula campuran dari vitamin, antibiotik serta mineral. Cara pemberian feed suplement mengikuti peraturan dari pabrik pembuatnya.
* Gizi, Yng dimaksud yang dengannya gizi merupakan zat-zat yng terkandung dalam ransum ternak yakni karbohidrat, lemak, protein, mineral serta vitamin. Karbohidrat, lemak serta protein akan membentuk energi menjadi hasil pembakaran.
  • Karbohidrat, merupakan sumber tenaga serta energi yng dipakai dalam setiap aktivitas di dalam tubuh serta gerak itik. Sumber karbohidrat antara lain terdapat dalam jagung, beras, sorgum serta dedak padi.
  • Lemak, Lemak berfungsi menjadi sumber tenaga dan memiliki kandungan vitamin A, D, E serta K. Kelebihan karbohidrat ditimbun di bawah kulit tubuh menjadi lemak. Jadi kekurangan lemak mampu diisi oleh karbohidrat. Akan tetapi lemak yng berlebihan bisa memicu terganggunya saluran reproduksi. Adapun sumber bahan ransum yng memiliki kandungan lemak merupakan jagung, kedelai serta minyak ikan.
  • Protein, dibutuhkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk pertumbuhan, mengganti jaringan-jaringan yng rusak dan berproduksi. Kebutuhan protein kasar bergantung pada fase hidup itik. Selain persentase total kandungan protein di dalam makanan, butuh pula diperhatikan keseimbangan asam amino yng membentuk protein yang telah di sebutkan. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk melindungi keseimbangan asam amino yang telah di sebutkan, penyusunan ransum dianjurkan terdiri dari macam-macam bahan baku. Yang dengannya demikian kekurangan suatu asam amino bisa ditutupi oleh asam amino yng diperoleh dari bahan baku lain-lainnya. Didasari sumbernya, protein bisa digolongkan menjadi dua yakni protein yng berasal dari hewan serta protein yng berasal dari tanaman.
  1. Protein Hewan, Protein yng berasal dari hewan memiliki nilai hayati yng lebih tinggi dibandingkan yang dengannya yng berasal dari tanaman. Sumber protein hewani antara lain terdapat dalam tepung ikan, hasil ikutan daging dari tempat pemotongan hewan serta susu bubuk kering.
  2. Protein nabati, Protein nabati berasal dari tanaman semisal jagung, dedak padi, bungkil kedelai, bungkil kelapa, bungkil kacang hijau serta bungkil kacang tanah. Namun kelebihan protein bisa menghasilkan penurunan pertumbuhan ringan, penurunan penimbunan lemak tubuh serta kenaikan tingkat asam urat di dalam darah. Selain itu bisa juga menghasilkan litter menjadi basah yng penyebabnya yaitu ternak mengkonsumsi air yng berlebihan.
  • Mineral, Mineral adalah zat pembangun pertumbuhan serta produksi. Kebutuhan mineral relatif tidak banyak akan tetapi kekurangan mineral bisa menghasilkan efek yng tak menguntungkan pada ternak itik. Sumber mineral merupakan dari makanan hijauan serta dari hewan.
  • Vitamin, Vitamin Amat dibutuhkan dalam metobolisme kalsium serta fosfor yng berfungsi menjadi pembentukan tulang serta kulit telur.
* Energi, merupakan hasil dari proses metabolisme karbohidrat, protein serta lemak didalam tubuh yang dengannya satuan pengukur kalori. Energi diharapkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk seluruh kegiatan fisiologis serta produksi itik salah satunya aktivitas pernapasan, sirkulasi darah, pencernaaan makanan serta sebagainya. Karbohidrat serta lemak adalah bahan makanan sumber energi yng praktis serta efisien. Adapun kebutuhan energi metabolisme merupakan menjadi berikut :
  1. Fase starter : 2800 – 3000 kkal/kg
  2. Fase grower : 2500 – 2700 kkal/kg
  3. Fase layer : 2600 – 2800 kkal/kg
Bila kita membeli pakan dari pabrik, setidaknya terdapat tiga jenis pakan bagi atau bisa juga dikatakan untuk masing-masing fase pertumbuhan. Fase awal diperuntukan bagi bebek berumur 0-8 minggu, fase grower bagi atau bisa juga dikatakan untuk umur 8-18 minggu serta fase layer umur 18-27 minggu. Pakan fase awal setidaknya mempunyai kandungan protein 20-22%, fase grower 17-19% serta fase layer 15-17%. Pakan konsentrat mampu diramu dari berabagi bahan. Syaratnya ramuan yang telah di sebutkan memenuhi kandungan protein minimal serta cocok bagi atau bisa juga dikatakan untuk pakan unggas. Berikut satu dari sekian banyaknya semisal pakan konsentrat yng diramu sendiri.
Bahan bakuAwal (%)Grower (%)Layer (%)
Jagung giling252015
Dedak halus405060
Ubi kayu555
Tepung ikan201510
Bungkil kelapa555
Bungkil kedelai555
*Cara pemberian pakan, Pakan (tray feeder). Sedangkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk bebek di atas 21 hari mampu disebar dilantai serta diberikan secara terus menerus. Demikian pula yang dengannya pembrian air minum, bagi atau bisa juga dikatakan untuk anak bebek 0-7 hari sebaiknya tambahkan vitamin pada air minum. Selanjutnya air minum disediakan dalam wadah khsus di dalam sangkar secara terus menerus.
Lantas pemeliharaan bebek yng baik
1. Sanitasi serta Tindakan Preventif
Sanitasi sangkar mutlak diharapkan dalam pemeliharaan itik serta tindakan preventif (pencegahan penyakit) butuh diperhatikan sejak dini bagi atau bisa juga dikatakan untuk mewaspadai timbulnya penyakit semisal :
Penyakit Duck Cholera
Penyebab: bakteri Pasteurela avicida. Gejala: mencret, lumpuh, tinja kuning kehijauan.
Pengendalian: sanitasi sangkar,pengobatan yang dengannya suntikan penisilin pada urat daging dada yang dengannya dosis sesuai label obat.
Penyakit Salmonellosis
Penyebab: bakteri typhimurium.Gejala: pernafasan sesak, mencret.
Pengendalian: sanitasi yng baik, pengobatan yang dengannya furazolidone melalui pakan yang dengannya konsentrasi 0,04% ataupun yang dengannya sulfadimidin yng dicampur air minum, dosis disesuaikan yang dengannya label obat.
2. Pengontrol Penyakit
Di lakukan setiap tatkala serta secara hati-hati dan menyeluruh. Cacat serta tangani secara serius bila ada tanda-tanda tidak lebih sehat pada itik.
3. Pemberian Pakan
Pemberian pakan itik yang telah di sebutkan dalam tiga fase, yakni fase stater (umur 0–8 minggu), fase grower (umur 8–18 minggu) serta fase layar (umur 18–27 minggu). Pakan ketiga fase yang telah di sebutkan berupa pakan jadi dari pabrik (secara praktisnya) yang dengannya kode masing-masing fase. Cara memberikan pakan yang telah di sebutkan terbagi dalam empat kelompok yakni:
  • umur 0-16 hari diberikan pada tempat pakan datar (tray feeder).
  • umur 16-21 hari diberikan yang dengannya tray feeder serta sebaran dilantai.
  • umur 21 hari samapai 18 minggu disebar dilantai.
  • umur 18 minggu–72 minggu, ada dua cara yakni 7 hari pertama secara
Pakan peralihan yang dengannya memperhatikan permulaan produksi bertelur hingga produksi mencapai 5%. Seusai itu pemberian pakan itik secara ad libitum (terus menerus). Dalam hal pakan itik secara ad libitum, bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghemat pakan biaya baik tempat ransum sendiri yng biasa diranum dari bahan-bahan semisal jagung, bekatul, tepung ikan, tepung tulang, bungkil feed suplemen Pemberian minuman itik, didasari pada umur itik pula yakni:
  • Umur 0-7 hari, bagi atau bisa juga dikatakan untuk 3 hari pertama iar minum ditambah vitamin serta mineral, tempatnya asam semisal bagi atau bisa juga dikatakan untuk anak ayam.
  • Umur 7-28 hari, tempat minum dipinggir sangkar serta air minum diberikan secara ad libitum (terus menerus).
  • Umur 28 hari-afkir, tempat minum berupa empat persegi panjang yang dengannya ukuran 2 m x 15 cm serta tingginya 10 cm bagi atau bisa juga dikatakan untuk 200-300 ekor. Tiap hari dibersihkan.
4. Pemeliharaan Sangkar
Sangkar hendaknya selalu di awasi kebersihannya serta daya gunanya supaya produksi tak terpengaruh dari kondisi sangkar yng ada. Barangkali cuma itu dari pemaparan perihal budidaya bebek, mudah-mudahan tulisan atau artikel ini memberikan manfaat, thanks atas kunjungan kamu.


Sumber rujukan dan gambar : http://duniacaraternak.blogspot.com/2016/10/cara-mudah-ternak-bebek-cepat-panen.html.

Seputar cara mudah ternak bebek cepat panen

Advertisement
 

Cari Artikel Selain cara mudah ternak bebek cepat panen