BUDIDAYA TANAMAN KELENGKENG DALAM POT

- November 04, 2017

BUDIDAYA TANAMAN KELENGKENG DALAM POT

 
BudidayaTanaman Kelengkeng – buah kelengkeng merupakan buah yng harganya relative tidak murah. Tidak sedikit orang tertarik bagi atau bisa juga dikatakan untuk membudidayakannya di rumah. Buah ini mempunyai cirri khas rasa yng manis. Ada orang yng menyebutnya kelengkeng serta ada pula yng menyebutnya lengkeng. Buah ini mempunyai kulit yng keras serta biji didalamnya. Bauh ini mirip yang dengannya buah rambutan.

BUDIDAYATANAMAN KELENGKENG


Lengkeng adalah tanaman keras memiliki batang serta kayu yng kuat, system perakaran Amat luas serta memiliki akar tunggang yng Amat dalam (lebih-lebih tanaman lengkeng yng berasal dari biji), menjadikan Amat tahan terhadap kekeringan serta tak gampang roboh. lengkeng dari biji mampu tahunan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mampu berbuah itupun kalau kita beruntung serta menanam 2 pohon ( satu pohon laki serta satu pohon perempuan.

TeknisBudidaya Buah Kelengkeng

Syarat Tumbuh

Lengkeng lebih cocok ditanam di dataran rendah antara 200-600 m dpl yng bertipe iklim basah yang dengannya musim kering tak lebih dari empat bulan. Air tanah antara 50-200 cm. Curah hujan 1.500-3.000 mm per tahun yang dengannya 9-12 bulan basah serta 2-4 bulan kering. Sementara tanaman led lebih senang pada dataran tinggi antara 900-l.000 m dpl.Jenis-jenis unggulan Pohon Lengkeng Bangkok, diantaranya :1. DiamondRiverLengkeng Unggul Diamond River berasal dari Cina serta tidak sedikit dibudidayakan di Malaysia. Tanda-cirinya :· Daun hijau cerah, panjang 10cm, lebar 3-4 cm· Tepi daun bergelombang· Cabang gampang terbelah· Daging tebal, berair serta beraroma· Bisa berbuah tatkala umur 8-12 bulan· Produktivitas 10-20/pohon dari pohon berumur 2 tahun
2. PingPongLengkeng Ping Pong mempunyai tajuk serta daun yng unik. Dahannya cenderung memanjang, lentur serta menjulur kesegala arah. Tanda-cirinya : · Daun oval, panjang 11 cm, lebar 4 cm· Tepi daun melengkung· Batang cenderung menggelancir· Buah seukuran bola pingpong, daging tipis, biji besar, beraroma· Bisa berbuah tatkala berumur 8 – 12 bulan· Produktivitas 1 kg/pohon dari pohon yng berumur 7 – 8 bulan
3. KristalCiri-cirinya :· Daun kurus panjang 19- 23 cm, lebar 5-6 cm, hijau muda· Tajuk menjuntai kebawah, batang semisal terkulai lemas· Daging buah tebal 4 – 5 cm· Produktivitas 35 – 48 kg/ pohon dari pohon yng berumur 3 tahun
4. AromaDurianCiri-cirinya:· Daun lurus, kaku serta hijau tua· Tajuk kokoh, tak menjuntai· Daging tebal, biji kecil, kering, kulit putih· Daging berbuah tatkala berumur 8 – 12 bulan· Produktivitas 2.5 kg / pohon dari pohon yng berumur 1.5 tahun.

Pemilihan Bibit

Perbanyakan tanaman di lakukan yang dengannya cangkok serta okulasi. Perbanyakan yang dengannya biji tak dianjurkan lantaran umur berbuahnya cukup lama (lebih dari 10 tahun). Selain itu, bibit dari biji Suka tumbuh menjadi lengkeng jantan yng tak bisa atau mampu berbuah. Bibit okulasi/cangkokan mulai berbuah pada umur 4 tahun. Akan tetapi kini yang dengannya teknik serta tatacara yng terampil hasil olahan bibit lengkeng telah bisa belajar berbuah mulai dari umur 6 bulan serta rata-rata pada umur 1 tahun telah mampu dipanen hasil nya. Budidaya lengkeng relatif Amat gampang dalam pengolahan serta pemeliharaanya.

Pengolahan Media Tanam

Dasarnya memang percis yang dengannya yng diterapkan pada skala keluarga. Cuma di sini, penggunaan pupuk sangkar bisa perhatian lebih, dimana di tahap awal penanaman pemberian pupuk sangkar penting bagi atau bisa juga dikatakan untuk diterapkan di media tanam. Kandungan unsur yng terurai dalam hara, berfungsi menjadi perangsang pertumbuhan tanaman. Selebihnya media pasir, tanah liat, serta sekam mampu dikombinasikan. Jarak penanaman pada Budidaya Lengkeng, jarak tanam sekitar 8 m x 10 m (ataupun mampu tidak lebih), lubang tanam berukuran 60 cm x 60 cm x 50 cm. Setiap lubang diberi pupuk sangkar yng sudah matang sebanyk 20 kg.

Pemeliharaan

Sesudah tanaman lengkeng dipindahkan dalam pot, langkah selanjutnya merupakan perawatan harian yng meliputi penyiraman, pemupukkan, pencahayaan, ataupun pemangkasan andaikan andai pohon telah mulai besar serta siap berbuah. Selain itu penggantian media tanam pula butuh di lakukan setiap setahun satu kali, hal ini bertujuan supaya tanaman lengkeng tetap produkif lantaran memperoleh nutrisi dari media tanam yng baru. Penggantian media tanam tak seluruhnya, namun disisakan media tanam yng sebelumnya bagi atau bisa juga dikatakan untuk ditambah yang dengannya media tanam yng baru.
Penyiraman bibit yng baru ditanam memerlukan tidak sedikit air. Oleh lantaran itu tanaman butuh disiram pada pagi serta sore hari. Penyiraman di lakukan secukupnya serta air jangan hingga menggenangi tanaman. Penggemburan diusahakan supaya media tanam tak memadat lantaran akan menghambat pertumbuhan akar. Pemadatan media umumnya berlangsung lantaran penyiraman yng berlebihan. Sesudah itu, lakukan penggemburan yang dengannya mempergunakan sekop kecil. Hati-hati, jangan hingga merusak akarnya.Pemeliharaan penting lain-lainnya merupakan pemangkasan cabang yng tak produktif serta ranting-ranting yng menutup kanopi. Yang dengannya demikian, sinar matahari bisa masuk merata ke seluruh bagian cabang. Tumbuhan parasit (benalu) Perlu cepat dibuang. Tanaman lengkeng salah satunya gampang tumbuh, akan tetapi sukar berbunga. Oleh lantaran itu, dibutuhkan stimulasi pembungaan yang dengannya jalan mengikat kencang batang yng berada satu meter di atas permukaan tanah. Batang dililit melingkar sebanyk 2-3 kali yang dengannya kawat baja. Umumnya tanaman ini berbunga pada bulan Juli-oktober. Buah matang lima bulan seusai bunga mekar. Akan tetapi itu bergantung pengolahan serta pemeliharaan tanaman, terbukti tanaman lengkeng yng saya olah dalam drum bisa berbuah tak mengenal musim.

Hama serta Penyakit

Hama yng biasa menyerang tanaman lengkeng merupakan serangga pengisap buah (Tessaratomajavanica). Kelelawar adalah binatang hama yng Suka merusak buah yng matang. Penyakit yng Suka menyerang tatkala musim hujan merupakan mildu semisal yng menyerang tanaman rambutan. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencegah serangan kelelawar, pentil buah dibrongsong yang dengannya brongsong yng dibuat khusus.

Panen serta Pasca Panen

Lengkeng salah satunya buah non-klimakterik menjadikan Perlu dipanen matang di pohon lantaran tak bisa diperam. Pemanenan buah di lakukan tatkala pagi hari bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengurangi penguapan air dari buah serta menghindari panas lantaran sengatan matahari. Panen tatkala hari hujan pula sebaiknya dihindari. Kerusakan buah tatkala panen bisa mempercepat proses pembusukan buah, lantaran itu proses pemanenan Perlu di lakukan yang dengannya hati-hati.Pemanenan di lakukan yang dengannya alat yng bisa memotong tangkai rangkaian buah. Alat panen berupa gunting bertangkai panjang yng tangkainya bisa diatur dari bawah. Ciri-tanda buah matang merupakan warna kulit buah menjadi kecokelatan gelap, licin, serta mengeluarkan aroma. Rasanya manis harum, sedangkan buah yng belum matang rasanya belum manis. Pemasaran buah lengkeng kini Amat gampang lantaran stok lengkeng di pasar tradisional ataupun pasar modern masih kekurangan. Peminat buah lengkeng pula Amat tidak sedikit, lantaran lengkeng adalah satu dari sekian banyaknya buah yng Amat lezat.


Sumber rujukan dan gambar : http://www.nangimam.com/2014/06/budidaya-tanaman-kelengkeng-dalam-pot.html.

Seputar BUDIDAYA TANAMAN KELENGKENG DALAM POT

Advertisement
 

Cari Artikel Selain BUDIDAYA TANAMAN KELENGKENG DALAM POT