tips jitu usaha ternak sapi metal

- Oktober 23, 2017

tips jitu usaha ternak sapi metal

 
tips jitu usaha ternak sapi metal
Simental, sapi ini sebetulnya memliki beberapa nama. Di Australia sapi ini dikenal yang dengannya nama Fleckvieh, serta di Prancis dikenal yang dengannya nama Pie Rouge. Sapi metal ataupun simental, begitu orang Indonesia biasa menyebutnya, sebenarnya adalah jenis sapi yng di kembangkan pertama kali di lembah Simme, sebuah daerah di Swiss.
Di Indonesia, sapi simental sudah ternama serta tidak sedikit dikembangkan oleh para peternak sapi lantaran jenis sapi ini memanglah mempunyai tidak sedikit keunggulan bila dibandingkan yang dengannya sapi lokal indonesia. Sapi metal jantan dewasa bisa atau mampu mencapai berat badan 1.150 kg, tengah betina dewasanya 800 kg.
Tatacara ternak sapi metal ataupun sapi simental dasarnya memang tekniknya percis saja yang dengannya tips memelihara sapi yng lain-lainnya. Akan tetapi, bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperoleh hasil serta keuntungan yng maksimal, maka butuh memperhatikan beberapa hal wacana manajemen pemeliharaan ternak serta tata kelola usaha ternak sapi yng baik, antara lain menjadi berikut:
Proses pembibitan. Bibit pejantan meliputi fisik, kapasitas servis, kualitas semen serta hal-hal yng berkaitan yang dengannya kebugaran atau kesehatan sapi metal. Sedangkan bibit betina perhatikan hal yng terkait kebugaran atau kesehatan bibit, kemiringan vulva tak terlalu ke atas, memiliki puting 4 buah, bentuk ambing relatif besar yang dengannya bentuk yng simetris.
Pakan. Pakan bagi atau bisa juga dikatakan untuk ternak sapi metal bisa berupa makanan tambahan vitamin, mineral serta urea. sedangkan makan pokok merupakan berupa hijauan rumput, kacang-kacangan ataupun limbah pertanian, konsentrat onggok, dedak padi serta ampas tahu. Jumlah makanan yng diberikan bagi atau bisa juga dikatakan untuk sapi simental per hari menjadi berikut :
  1. Jenis tumbuhan hijau : 35 s/d 47 kg, disesuaikan yang dengannya besar serta berat badan sapi.
  2. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk konsentrat : 2 s/d 5 kg per harinya.
  3. Andai diharapkan boleh mempergunakan pakan tambahan yang dengannya kisaran 30 s/d 50 gr per hari.
Sangkar. Syarat sangkar yng Perlu dipenuhi bagi atau bisa juga dikatakan untuk keberhasilan peternakan sapi metal merupakan bahan sangkar berbahan dasar kayu ataupun bambu, posisi Perlu lebih tinggi dari tanah sekitarnya, saluran udara serta drainase di dalam serta luar sangkar Perlu baik. Sedangkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk ukuran sangkar sapi simental merupakan :
  1. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk betina dewasa merupakan 1,5 X 2 m per ekor
  2. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk jantan dewasa merupakan 1,8 X 2 m per ekor
  3. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk anak sapi ataupun pedet adalah1,5 X 2 m per ekor


Sumber rujukan dan gambar : http://duniacaraternak.blogspot.com/2016/10/tips-jitu-usaha-ternak-sapi-metal.html.

Seputar tips jitu usaha ternak sapi metal

Advertisement
 

Cari Artikel Selain tips jitu usaha ternak sapi metal