Panduan lengkap cara ternak kalkun bagi pemula

- Oktober 24, 2017

Panduan lengkap cara ternak kalkun bagi pemula

 
Di Desa Sukoharjo, Kabupaten Pringsewu, Lampung kini sudah dibudidayakan ayam kalkun yang dengannya konsep Kesejahteraan Hewan serta tanpa antibiotik serta penggunaan pakan / obat-obatan alami lebih dari 90%, petani bernama Bambang Cahyo Murad. Dia merupakan satu dari sekian banyaknya peternak kalkun yng sukses di Provinsi Lampung. Budidaya kalkun bisa di lakukan yang dengannya baik serta pula bisa meraup untung telak asalkan sesuai yang dengannya prosedur yng ada. Kesempatan usaha baru ini.
Panduan lengkap cara ternak kalkun bagi pemula
Panduan lengkap cara ternak kalkun bagi pemula
SELEKSI BENIH KALKUN
Pemilihan bibit kalkun merupakan penentuan yng Amat vital serta vatal dan butuh mendapatkan perhatian penuh, lantaran andaikan salah pilih bibit mampu saja bibit itu membawa gen cacat ataupun lemah dari orang tuanya. Bibit kalkun yng baik di antaranya ditandai yang dengannya oertumbuhan yng cepat, nafsu makan yng tinggi, bebas penyakit, serta sehat. Sebaiknya pilihlah bibit kalkun dari kerabat dekat yng berpengalaman dalam pemeliharaan kalkun serta terpercaya.
Karakteristik kalkun sehat :
  1. Nafsu makan yng baik
  2. Warna kotoran normal (tak dilarutkan putih-hijau)
  3. Gerak geriknya gesit serta berasal dari indukan unggul.
  4. Indukan unggul umumnya produktif dan berbadan besar.
Karakteristik kalkun tidak lebih baik :
  1. Kaki kering serta mempunyai kapalan
  2. Jari kering serta bengkok
  3. Bulu berwarna kusam
  4. Matanya melotot
  5. Pandang-an sayu
  6. Mulut tampak semisal kemerahan serta robek
  7. Suka sendirian
  8. Nafsu makan menurun
  9. Sayap menggantung ataupun sengkleh
PEMILIHAN LOKASI BUDIDAYA KALKUN
  1. Tempat yng baik akan memberi jaminan kelangsungan pertumbuhan serta usaha budidaya kalkun, sebelum menentukan tempat ideal pertanian yng Perlu lakukan survei pertama perihal keamanan, kenyamanan serta distribusi.
  2. Pastikan peternakan aman dari kita-kita, hewan, serta mungkin ancaman bencana alam akibat tanah longsor, banjir, angin, serta aneka macam ancaman yng akan menghancurkan usaha peternakan kalkun.
  3. Perlu memilih tempat yng gampang bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperoleh makanan tambahan misalnya di sekeliling pantai, danau, sungai serta sawah.
  4. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk tempat sangkar, Perlu dipilih pada tempat yng tak lembab, serta andai barangkali, menghadap ke timur menjadikan pas sangkar di pagi hari bisa di kenai sinar matahari.
  5. Kalkun akan lebih sehat andai sehari-hari di kenai sinar matahari langsung.
  6. Sangkar yng mempergunakan system lepas ataupun umbaran akan membuat kalkun lebih bebas bergerak, serta tentunya lebih bebas bagi atau bisa juga dikatakan untuk kawin.
PEMBUATAN KANDANG KALKUN
Membuat sangkar bisa menyesuaikan yang dengannya kondisi serta ukuran lahan yng ada. Cuma diusahakan supaya sangkar agak besar serta tak terlalu padat, lantaran andai terlalu padat bulu kalkun mampu rusak. Selain itu, Suka akan bertengkar di antara laki-laki dewasa, jadi andai berencana bagi atau bisa juga dikatakan untuk membesarkan/ternak kalkun dalam jumlah besar (20-30 ekor) Perlu membuat area sangkar serta tentu saja yng aman serta nyaman.
Penting dalam pembuatan sangkar bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengikuti prinsip “rumah saya adalah saya surga” .Sangkar merupakan rumah tempat tinggal serta tempat bagi atau bisa juga dikatakan untuk menjaga diri dari gangguan dari luar, andai Kamu mempunyai prinsip ‘rumah saya adalah saya surga’ memberikan ini prinsip bagi atau bisa juga dikatakan untuk hewan peliharaan.
Membuat orang-orang rumah yng ideal bagi atau bisa juga dikatakan untuk kelangsungan hidup orang-orang meskipun pada akhirnya satu dari sekian banyaknya dari orang-orang akan dipotong lantas dimakan ataupun dijual, namun selama masih di pelihara maka Perlu memberikan yng paling baik untuk-nya.
Ukuran sangkar Perlu sesuai yang dengannya kondisi serta pola hidup orang-orang, andai barangkali membuat sangkar sesuai yang dengannya latar belakang ke hidup-an orang-orang menjadikan penduduk tumbuh yang dengannya maju sempurna akan menguntungkan System perkandangan yng baik merupakan Perlu mempunyai ruang bagi atau bisa juga dikatakan untuk kegiatan orang-orang semisal istirahat, bermain -main, serta kegiatan lain-lainnya semisal makan khusus yng selalu tetap bersih.
  1. Andai memungkinkan posisi langsung dari sangkar ke arah timur menjadikan sinar matahari pagi mampu masuk ke sangkar.
  2. Menjadikan sangkar selalu kering dedak bisa Kamu genakan menjadi lantai serta membersihkan orang-orang sesuai kebutuhan.
  3. Sangkar Perlu gampang dibersihkan dari kotoran yng akan membawa penyakit, andai Kamu merupakan orang kaya Perlu anggaran biaya pembuatan lantai sangkar mempergunakan lantai plester / semen.
  4. System tata letak perkandangan Kamu menjadi nyaman bagi penghuni serta orang-orang yng merawat hewan mulai dari pintu, ventilasi, serta jalan-jalan antara sangkar ke sangkar lain.
  5. Usia kalkun terpisah sesuai supaya tak diterjadi kejahatan di antara orang-orang, andai setiap jenis ayam nakal Perlu dijauhkan dari yng lain.
  6. Pastikan ayam bersarang serta menetas aman dari orang lain serta posisi situs bersarang bagi atau bisa juga dikatakan untuk memfasilitasi kemajuan cek Kamu tanpa mengganggu telur ayam yng menetas.
PEMBERIAN PAKAN KALKUN
Berikan makan sesuai yang dengannya usia serta kondisi kalkun lantaran jenis ayam kalkun serta bagian kalkun serta dewasa menu makan akan berbeda lantaran kemampuan lambung bagi atau bisa juga dikatakan untuk menampung serta kemampuan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencerna makanan bagi atau bisa juga dikatakan untuk makanpun berbeda.
Hal pertumbuhan umumnya hidup di masa mendatang butuh nutrisi serta gizi yng lebih tinggi umumnya di toko-toko pertanian sudah disediakan jenis pakan ayam sesuai yang dengannya umur yang dengannya kode BR1, BR2, serta lain-lain dalam komposisi pembuatan pakan mempunyai komposisi yng berbeda.
Atur jadwal makan serta memberikan pakan yng dibutuhkan supaya tak ada sisa pakan yng akan memicu penyakit andai malas membersihkan, Perlu menyesuaikan posisi orang-orang supaya tak berebut bagi atau bisa juga dikatakan untuk makan serta menghindari makanan tak tidak sedikit limpasan. Set tempat minum yng agak jauh dari tempat makan bagi atau bisa juga dikatakan untuk tetap bersih dari mungkin makanan campuran.
PERAWATAN AWAL (BASIC CARE)
Perawatan dasar merupakan perawatan yng di lakukan pada anak ayam kalkun yng berusia 0 hari – 2,5 bulan. Dalam perawatan ini, ada beberapa teknik yng Perlu dicatat bahwasanya lampu pemanasan, ataupun lebihpopulernya disebut pemanasan sangkar ayam. Ayam yng tidak lebih dari 1,5 bulan memerlukansuhu umumnya di atas 30-45 derajat Celcius itu dimaksudkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk anak ayam memperoleh suhu Anget sepertisaat ia diinkubasi orangtuanya.
Feeding ataupun proses pemberian makan pula Perlu diperhatikan, pada usia 0-20 hari ayam Perlu diberikan pakan khusus ataupun yng disebut-BR 1 yang dengannya kandungan konsentrasi nutrisi yng mempunyai bentuk diatursedimikian.
Pada usia Lebih dari 20 hari, anak ayam kalkun mampu makan nasi campur yang dengannya BR-1 ataupun dedak yang dengannya pemberian campuran air panas serta diberi mustard ataupun memotong sayuran dipotong, lantas diaduk ke dalam adonan. Pula pastikan anak-anak ayam di sangkar tak tergganggu, tak berukuran rapat serta hewan lain-lainnya semisal kucing, tikus, dll.
PERAWATAN MENENGAH (MEDIUM CARE)
  1. Perawatan ini merupakan perawatan anakan kalkun yng berusia lebih dari 1,5 bulan sampai-sampai 6 bulan.
  2. Fisiologis, anak ayam kalkun telah memasuki masa remaja akan melihat perbedaan gender.
  3. Pemmberian Lampu ataupun lampu pemanasan tak lagi dibutuhkan serta menyiapkan lebih luas sangkar supaya ayam kalkun bisa bergerak bebeas.
  4. Kalkun pada umuran ini pula mampu dibiarkan lepas dari kandangdengan catatan jauhkan peniti, silet serta plastik-plastik yng berceceran di sekeliling kalkun.
  5. Pemberian pakan jugamasih diberikan semisal di atas, yakni metode aonan ketentuan yng telah dijelaskan dalam perawatan dasar.
PERAWATAN LANJUT (ADVANCED CARE)
  1. Andai kalkun sudah memasuki lebih dari 6 bulan usia, Jenis kelamin kalkun terlihat terang laki-laki serta betinannya serta libido seksual orang-orang akan muncul.
  2. Dalam masa itu, pisahkan ayam kalkun yng berjenis kelamin jantan yang dengannya pejantan lainya supaya menghindari proses perkelahian pejantan.
  3. Disaat kalkun betina terlihat ndekem/merunduk maka kalkun siap bagi atau bisa juga dikatakan untuk kawin serta akan bertelur.
  4. Itulah usia disaat ayam kalkuna akan mulai masa reproduksi.
  5. Pada usia 8 bulanana lebih kalkun bisa mencapai 7 kg – 8 kg disaat faktor gizi dipertimbangkan.
Nah … Bagaimana Saat ini Seusai Tau Betapa Mudahnya Budidaya Kalkun Yng Pula Adalah Kesempatan Usaha Baru Apakah Sahabat Seluruh Tertarik ???? 🙂

Sumber rujukan dan gambar : http://duniacaraternak.blogspot.com/2016/10/panduan-lengkap-cara-ternak-kalkun-bagi-pemula.html.

Seputar Panduan lengkap cara ternak kalkun bagi pemula

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Panduan lengkap cara ternak kalkun bagi pemula