tips ternak ikan gurame di kolam terpal

- September 07, 2017

tips ternak ikan gurame di kolam terpal

 
Gurihnya cita rasa gurame goreng serta gurame bakar menjadikannya digemari tidak sedikit orang, malah menjadi satu dari sekian banyaknya menu favorit beberapa restoran serta rumah makan. Tidak cuma disenangi oleh konsumen saja, hal yang telah di sebutkan pula menjadi keuntungan bagi produsen yng berperan menjadi pembudi daya ikan gurame. Pasalnya, kegemaran khalayak mengonsumsi aneka jenis masakan berbahan dasar ikan gurame ini menciptakan kesempatan bisnis dan bisa atau mampu memberikan profit yng menguntungkan.
tips ternak ikan gurame di kolam terpal
Permintaan komoditas gurame mengalami peningkatan seiring yang dengannya menjamurnya tempat-tempat masakan di tanah air. Pendapat dari Wiwied Usman, Sekjen Permina (Perhimpunan Warga atau juga bisa dikatakan masyarakat Perikanan Nusantara), semisal yng bersumber dari Kedaulatan Rakyat beberapa waktu lantas, budi daya ikan gurame salah satunya investasi yng menggiurkan. Yang dengannya menebar bibit gurame katakanlah sebanyk 2.000 ekor, pendapatan yng mampu dikantongi sekitar Rp40 juta.
Lantaran memerlukan air berlimpah dan tempat asal yng cukup luas, budi daya ikan gurame ini dianggap cuma mampu dikelola yang dengannya modal besar. Padahal taklah demikian. Budi daya ikan gurame yng tidak sedikit tersedia di pasar tradisional serta modern yang telah di sebutkan mampu diterapkan dalam skala keluarga ataupun yang dengannya kata lain industri mikro bermodal kecil. Jadi, peluang dan kesempatan bisnis rumahan bagi atau bisa juga dikatakan untuk komoditas ini masih Amat terbuka lebar.
Satu dari sekian banyaknya tatacara membudi daya ikan gurame skala keluarga merupakan yang dengannya mempergunakan media kolam terpal. Lahan yng dipakai mampu di pekarangan rumah (bila pekarangan Kamu cukup luas) ataupun lahan kosong di sekitar rumah yng mampu Kamu sewa yang dengannya biaya terjangkau. Butuh diingat, dalam lahan sempit itu jumlah bibit gurame yng bisa dibudi daya pun dibatasi.
Ukuran gurame pula turut menjadi pertimbangan kuantitas gurame yng akan dibudi daya dalam kolam terpal. Pendapat dari penjelasan Galeri UKM, bagi atau bisa juga dikatakan untuk ukuran kolam 1 meter persegi yang dengannya kedalaman 90 cm bisa diisi 10 ekor ikan gurame yang dengannya bobot 2,5 ons. Lantas bagaimana membuat kolam terpal bagi atau bisa juga dikatakan untuk budidaya gurame ini?
Prosedurnya cukup simpel. Ada dua jenis tatacara yng mampu Kamu pilih. Pertama, menggali tanah yang dengannya kedalaman sekitar 90 cm lantas pasang terpal pada tanah galian yang telah di sebutkan. Tips kedua yang dengannya tak melakukan penggalian tanah namun memasang terpal pada permukaan tanah lantas merangkai rangka dari besi ataupun kayu menjadi penyangga menjadikan bentuknya menyerupai bak.
Baik tatacara pertama ataupun kedua memiliki keunggulannya masing-masing. Tips pertama membuat beban terpal tak terlalu berat disaat diberi air sementara tatacara kedua membuat mudah pembudi daya melakukan penggantian dan pembersihan kolam.
Mengenai masa panen, budi daya ikan gurame kolam terpal memiliki usia pembibitan yng relatif singkat. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk bibit 2,5 ons bisa dipelihara selama 5 bulan sebelum dipanen yang dengannya hasil ikan gurame berbobot 6 hingga 7 ons.
Yng butuh diperhatikan dalam budi daya ikan gurame dalam kolam terpal merupakan kondisi air dan frekuensi pemberian makanan. Meski mampu bertahan dalam air yng tak terlalu bersih namun tempat asal ikan gurame Perlu tetap di awasi higienitasnya bagi atau bisa juga dikatakan untuk menjauhkan hama penyakit dan racun kimia rawan. Ada baiknya bagi atau bisa juga dikatakan untuk membersihkan kolam terpal seminggu sekali yang dengannya system shift pond yaitu penyedotan air melalui selang/pompa serta lantas isi kembali yang dengannya air yng lebih baru.
Sedangkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk makanan, berikan pelet yng memiliki kandungan protein 25 hingga 30 % yang dengannya frekuensi 2 kali sehari. Lebih baik memberikan makan yang dengannya kuantitas tidak banyak namun berfrekuensi Suka daripada kuantitas tidak sedikit namun yang dengannya frekuensi jarang. Selain pelet, Kamu pula mampu menambahkan daun-daunan serta sayuran yng pula baik bagi kebugaran atau kesehatan serta pertumbuhan ikan gurame.


Sumber rujukan dan gambar : http://duniacaraternak.blogspot.com/2016/10/tips-ternak-ikan-gurame-di-kolam-terpal.html.

Seputar tips ternak ikan gurame di kolam terpal

Advertisement
 

Cari Artikel Selain tips ternak ikan gurame di kolam terpal