Penyakit Kembung Pada Ternak

- September 29, 2017

Penyakit Kembung Pada Ternak

 
Ternak yng mengalami penyakit kembung umumnya merupakan ternak ruminansia semisal sapi, kambing, serta kerbau. Kondisi cuaca yng bergantian, musim hujan ke musim kemarau ataupun sebaliknya, Suka menghasilkan munculnya Penyakit kembung pada ternak. Penyakit ini dikarenakan dalam perut ternak tidak sedikit terdapat angin. Umumnya pada ternak berlangsung penyebabnya yaitu lantaran pencernaan yng terganggu oleh pakan di lambung (rumen) ternak yng mengalami proses fermentasi yng berlangsung cepat dari umumnya.
Penyakit kembung pada ternak awal mulanya muncul akibat dari pakan yng mempunyai gas, andai makan pada tatkala kondisi tertentu. Misalnya:
  • ternak makan sumber pakan yng masih tidak sedikit mempunyai tidak sedikit kandungan air.
  • ternak makan pakan hijauan yng berasal dari kacang-kacangan, bijian-bijian yng digiling halus dalam bentuk tepung.
  • ternak makan rumput, tanaman, pohon yan masih muda.
  • Tanaman, ataupun tumbuhan yng ditaman lantas diberi pupuk urea.

penyakit kembung pada ternak

Andai ternak yng mengalami kembung, dan mengeluarkan buih, umumnya pakan yng dimakan adalah tidak sedikit mempunyai kandungan saponin yakni semacam zat yng berbuih semisal yng terdapat pada sabun. Mampu pula penyebabnya yaitu lantaran ternak dalam keadaan bunting, kekurangan darah, sakit, badan lemas, maupun ternak tengah proses penyembuhan dari sakit tertentu. Gas dari pakan yng memicu ternak kembung berasal dari aktivitas fermentasi yng berlangsung pada perut besar (rumen) yng terlalu cepat. Aktivitas fermentasi yng memicu penyakit ini tak semisal umumnya, menjadikan gas dalam rumen tak bisa keluar yang dengannya cepat menjadikan tidak sedikit gas yng terperangkat dalam rumen. Gas yng muncul ini antara lain: gas methana, Karbon Dioksida(CO2), serta lain-lain. Gas yang telah di sebutkan yng menghasilkan ternak mengalami penyakit kembung.
Gejala Penyakit Kembung Pada ternak:
  • ternak sakit, akan terasa susah bagi atau bisa juga dikatakan untuk bernapas, gelisah, serta ternak tidak sedikit diam.
  • Umumnya akan keluar cairan bewarna bening pada hidung ternak.
  • Bagian yng mengalami kembung, bagian kiri, bila diketuk-ketuk yang dengannya jari tangan, semisal bunyi bedug, bola kosong
  • ternak akan bernapas yang dengannya mulutnya.
  • Punggung ternak dalam keadaan memungkuk, nada denyut jantungnya akan makin lemas.
  • ternak mengerang yang dengannya bunyi keras.
  • Pada tahap kritis, ternak akan terjatuh, serta akan sulit bagi atau bisa juga dikatakan untuk kembali bangun, andai hal ini dibiarkan, serta tak segera diambil tindakan, ternak akan mati.
  • Pada tatkala terlentang, ternak akan menjulurkan lehernya, bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengeluarkan angin.
Pengendalian ternak yng di kenai penyakit kembung:Kembung yng tak berat, umumnya akan sembuh tanpa diobati, khususnya ternak yng beraktivitas. Penyakit kembung yng parah pada ternak, umumnya lantaran ternak tidak lebih bergerak.Bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghindari penyakit ini, ada baiknya jangan membiarkan ternak terlalu lapar, serta jangan memberikan pakan ternak yng bisa mengakibakan kembung. Semisal pakan hijauan jenis kacang-kacangan supaya diberikan sekitar 50% dari jumlah pakan. ternak sebelum diberi pakan hijauan sebaiknya diberikan dulu hay (jerami kering ataupun rumput kering). Sumber pakan yang telah di sebutkan bisa mempertahankan gerak penyusutan rumen yang dengannya normal. Kita menjadi peternak, jangan memberikan pakan hijauan yng muda, tidak sedikit mempunyai kandungan air lantaran hujan ataupun embun pagi. Jadi berikanlah pakan hijauan yng telah agak kering. Hindari pemberian pakan yng menghasilkan proses fermentasi berlangsung cepat Semisal kol, lobak, serta wortel. Akan tetapi andai situasi memaksakan, pakan hijauan ada baiknya diberi percikan minyak kelapa.
Pengobatan Penyakit Kembung Pada ternak:
  • Sediakan minyak nabati semisal, minyak kelapa, minyak kedali, ataupun minyak sawit. Takaran 100-200 ml ataupun sekitar ½ gelas hingga 1 gelas, carannya yang dengannya mencokoki minyak yang telah di sebutkan kedalam mulut melalui mulut samping.
  • Yang dengannya mencokoki minuman 1 sachet/kemasan jamu anti masuk angin bagi atau bisa juga dikatakan untuk kita-kita, diberikan minuman bersoda, lantas mengoleskan minyak kayu putih.
  • ternak dicekok 1 gelas minuman bersoda semisal coca-cola ataupun sprite. Balur perut ternak yang dengannya bawah merah yng sudah dihaluskan, selanjutnya dicampur yang dengannya minyak angin. Andai angin sudah keluar melalui anus, kedua kaki ternak depan diangkat keatas, sembari sisi perut dijepit yang dengannya kaki kita. Kita usahakan ternak selalu dalam keadaan berdiri serta mulutnya dalam keadaan terbuka, mampu ditaruh kayu yang dengannya melintang.
  • Memberikan obat, semacam antibiotic semisal panicilin yng kegunaannya bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengurangi jumlah bakteri penghasil gas dalam rumen sapi. Seekor ternak mampu diberi 50ml Tymposol yng sudah dicampur serta dilarutkan ke dalam 1/2 liter air.
  • Ini adalah bagian agak ekstrem, yakni yang dengannya menusukan sesuatu ke anus ternak, yang dengannya tangkai daun papaya yng telah dioleskan yang dengannya minyak seprti minyak goreng, menjadikan ternak tak akan terluka. Selanjutnya, kedua sisi perut ternak dijepit, jadi gas nya akan keluar melalui tangkai daun papaya.


Sumber rujukan dan gambar : http://www.agrinak.com/2015/10/penyakit-kembung-pada-ternak.html.

Seputar Penyakit Kembung Pada Ternak

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Penyakit Kembung Pada Ternak