bisnis sukses ternak kacer betina

- September 19, 2017

bisnis sukses ternak kacer betina

 
Burung kacer saat ini marak bagi atau bisa juga dikatakan untuk peliharaan di rumah maupun bagi atau bisa juga dikatakan untuk peliharaan di rumah serta barangkali mampu pula bagi atau bisa juga dikatakan untuk bisnis burung. Burung Kacer ataupun Magpie Robin yng ternama di Indonesia tatkala ini ada dua jenis, yaitu kacer hitam yng Suka disebut kacer jawa (Copsychus sechellarum) serta kacer poci (Copsychus saulari) satau kacer sekoci yng Suka disebut kacer sumatra. Burung ini memanglah masih berkerabat yaitu sama-sama dalam genus Copsychus.
Perbedaan keduanya yng menyolok hanyalah pada warna bulu hitam-putih. Copsychus sechellarum ataupun kacer jawa berbulu hitam seluruh di bagian dada hingga dekat kloaka, sementara Copsychus saularis ataui kacer poci warna hitam cuma hingga dada serta ke bawah sampai-sampai kloaka berwarna putih. Sementara itu burung yng Amat mirip yang dengannya kacer poci ataupun kacer sumatra merupakan kacer madagaskar (Copsychus albospecularis).
CARA TERNAK BURUNG KACER DAN CARA MERAWATNYA
bisnis sukses ternak kacer betina
Kacer hitam ataupun Suka disebut kacer jawaMempunyai bunyi yng keras, nyaring serta pintar menirukan suara-suara di sekelilingnya. Penampilan Amat atraktif sembari membuka ekor dan mengeluarkan bunyi kicauan yng merdu. Burung ini Amat menyukai udara panas.
Kacer hitam (Copsychus sechellarum) ataupun Seychelles Magpie Robin penyebarannya mulai dari Seychelles (Afrika), Jawa serta Kalimantan (Indonesia). Seluruh tubuh berwarna hitam, kecuali pada sayap terdapat warna putih. Kemampuan berkicau Amat baik serta pintar menirukan suara-suara di sekelilingnya. Penampilan Amat atraktif sembari memainkan ekor. Volume bunyi tengah. Jenis ini pula Amat suka yang dengannya udara panas.
Kacer madagaskar
Sementara itu kacer madagaskar ataupun Madagascar Magpie Robin (Copsychus albospecularis) terdiri dari dari 3 subspecies, yaitu pica, albospecularis serta inexpectatus. Seluruh subspecies Copsychus albospecularis ini tersebar di wilayah Madagascar Afrika.
Bagian leher sebelah atas, punggung serta ekor berwarna hitam kebiru-biruan. Kemampuan berkicaunya tak kalah dari kedua sepupunya C. saularis serta C. sechellarum.
Selain dari ketiga species di atas, ada satu jenis kacer lagi yng beredar di kalangan pedagang serta pemilik burung kacer, yakni Kacer Blorok. Jenis ini pendapat dari anggapan kebanykan orang ataupun peneliti merupakan adalah hasil perkawinan silang yng berlangsung di alam, antara Kacer Hitam Putih (C. saularis) yang dengannya Kacer Hitam (C. sechellarum).


Tatacara Ternak Burung Kacer
1. Sangkar ternakYng butuh di perhatikan didalam pembuatan sangkar ternak adalah ukuran panjang 90 cm lebar 90 cm dan tinggi 180 cm, mengapa ukurannya 90x90x180 ? dikarenakan ukuran yang telah di sebutkan sesuaikan yang dengannya lebar strimin, tiap-tiap pembelian strimin mempunyai lebar standar 90 cm.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk rangka sangkar adalah dari kayu balo, pemakaian kayu ini mengingat karakter kayu yng keras, insyaallah tahan pada serangan rayap dan cuaca dan harga nya relatif lebih murah daripada kayu jati.
Kriteria yng ideal bagi atau bisa juga dikatakan untuk sesuatu tatacara ternak burung kacer merupakan :
a. tumbuh-tumbuhan
b. kolam/ bisa diakali yang dengannya cawan dari tanah liat / ataupun kaleng roti yng diisi air
c. area makan dan minum
d. pangkringan
e. glodok sarang
f. tulang sotong
2. indukan burung
Mutu indukan kacer mempunyai dampak pada mutu anakannya, oleh lantaran itu, indukan kacer sebaiknya dipilih yng mempunyai mutu tidak jelek alias bagus yng cirinya lebih tidak lebih semisal berikut :
- tak cacat yang dengannya fisik
- wujud badan yng besar dan panjang
- gerakkan gesit, enerjik, dan sorot mata tajam
- telah memasuki periode birahi ( tidak lebih lebih diatas 10 bln. )
- rajin berkicau
catatan :
a. indukan jantan bisa datang dari tangkapan muda rimba yng sudah berusia kian lebih 10 bulan
b. indukan betina diusahakan melacak indukan betina yng sudah jinak, biasanya indukan betina yng sudah jinak datang dari burung hasil penangkaran pula yng berusia lebih tidak lebih 1 th. ke atas.
3. Penjodohan
Masukkan calon indukan jantan ke didalam sangkar penangkaran, kemudian masukkan calon indukan betina kedalam sangkar harian kemudian tempel terus sangkar harian yang telah di sebutkan ke sangkar penangkaran ataupun masukkan sangkar harian yang telah di sebutkan ke didalam sangkar penangkaran, kemudian diamati hingga ke-2 calon indukan terlihat akur, didalam perihal ini si jantan bisa berkicau terus-terusan dan ditanggapi oleh si betina yng hinggap di dasaran sangkar sambil ngleper-ngleper. andai sudah ada sinyal ciri layaknya perihal yang telah di sebutkan baru si betina terlepas ke sangkar penangkaran.
4. Periode bertelur
Seusai indukan digabung tak sebagian lama si betina bisa bertelur, biasanya burung kacer bertelur 2-3 butir, janganlah tidak ingat senantiasa sediakan tulang sotong sepanjang system penjodohan dikarenakan tulang sotong amat menolong didalam system pembuatan cangkang telur supaya kuat.
5. Pengeraman
Periode pengeraman pada burung kacer biasanya berkisar sepanjang 14 hari sejak telur pertama keluar.
6. Periode penetasan
Seusai burung kacer mengerami telurnya sepanjang 14 hari, jadi telur bisa menetas. perhatian : bagi atau bisa juga dikatakan untuk tahu apakah telur burung kacer sudah menetas ataupun belum baiknya yang dengannya lihat keadaan lingkungan sangkar lebih tidak lebih adakah sisa cangkang telur yng dibuang ataupun tak, baiknya bagi atau bisa juga dikatakan untuk bagi atau bisa juga dikatakan untuk jaga-jaga seusai usia pengeraman 10 hari tiap-tiap pagi mengeceknya, semisal kata sudah ada sisa cangkang yng dibikin segera berikan makanan tambahan berbentuk kroto fresh dan jangkrik.
7. Meloloh
Pada tatkala meloloh, cukup berikan makanan hidup ( jangkrik, belalang, ulat, kroto ) tiap-tiap pagi, siang tatkala 10 dan tatkala 2 dan sore hari. hingga yang dengannya si anak keluar dari glodok dan akan makan sendiri.
Biasanya anakan usia 3 minggu sudah bisa keluar glodok, usia 4 minggu anakan sudah studi makan yang dengannya langkah turut mematuk-matuk jangkrik yng didapatkan dari induknya, akan tetapi bagi atau bisa juga dikatakan untuk bisa makan sendiri usia 5 minggu. anakan kacer usia 3 minggu sudah mulai keluar sarang
8. Mensapih anak
Mensapih anak tatkala, si anak sudah akan makan sendiri ataupun tatkala si indukan sudah mulai mematuki anak tatkala anak mendekat, itu tandanya si indukan sudah akan bertelur lagi.
Seusai perihal yang telah di sebutkan, segera si anak disapih didalam kurungan tersendiri. bagi atau bisa juga dikatakan untuk membiasakan si anak makan voor, tiap-tiap pagi dan sore diberi kroto yng digabung yang dengannya voor halus. bagi atau bisa juga dikatakan untuk burung hasil penangkaran amat gampang sekali membiasakan yang dengannya voor.
bisnis sukses ternak kacer betina



Sumber rujukan dan gambar : http://duniacaraternak.blogspot.com/2016/10/bisnis-sukses-ternak-kacer-betina.html.

Seputar bisnis sukses ternak kacer betina

Advertisement
 

Cari Artikel Selain bisnis sukses ternak kacer betina