Ide Budidaya Ikan Nila Merah di Terpal

- Agustus 12, 2017

Ide Budidaya Ikan Nila Merah di Terpal

 
Ide Budidaya Ikan Nila Merah di Terpal - Di artikel ini kita akan barbagi tulisan atau artikel ihwal ide budidaya ikan nila merah di kolam terpal. budidaya ikan nila merah di terpal ini pula mampu kamu jadikan satu dari sekian banyaknya dari sekian tidak sedikit rencana usaha kamu. barangkali tak cuma di terpal saja, ikan ini mampu pula kita pelihara di kolam semen maupun kolam langsung dari tanah. kalau pendapat dari saya bagi atau bisa juga dikatakan untuk jenis jenis ikan apapun itu yng tidak jelek alias bagus merupakan kolam yng langsung yang dengannya tanah lantaran unsur unsur tanah tidak sedikit memiliki kandungan sesuatu gitu deh yng mampu mejadi sumber makanan bagi atau bisa juga dikatakan untuk ikan. nah akan tetapi di artikel ini kami akan membahas budidaya ikan nila merah yng di kolam terpal ya.. yang dengannya modal yng tak terlalu besar mampu kita mulai bisnis budidaya ikan nila merah ini nah tak usah jauh jauh bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengawali bisnis ini, pertama tama mampu kita mula di sekitar lingkungan rumah kamu. nah di bawah ini akan di sajikan bebrapa tahapan bagi atau bisa juga dikatakan untuk memulainya, tahapan tahapan ini kami ambil dari sahat blogger kita yng telah duluan membahasnya di farrayroom.blogspot mari kita mulai ya.., !!!

Lihat pula : Tips Budidaya Ikan Kerapu


Ide Budidaya Ikan Nila Merah di TerpalLangkah langkah yng Perlu kita lakukan yng pertama merupakan membaca bismillah serta niat dan bisnis keras...., hehehe..., seusai itu mampu melanjutkan ke tahapan selanjutnya...
Pembuatan Kolam Terpal Bagi atau bisa juga dikatakan untuk Budidaya Ikan Nila
  • Cari posisi tanah yng langsung di kenai sinar matahari serta cukup luas bagi atau bisa juga dikatakan untuk pembuatan kolam.
  • Gali tanah sesuai yang dengannya luas kolam yng kamu inginkan yang dengannya kedalaman ± 50 cm.
  • Tanah hasil galian tadi dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk tanggul di sisi kolam serta dipadatkan agar bisa tanggul yang telah di sebutkan kuat lantas permukaan tanggul diberi batako / bata merah agar bisa permukaannya rata.
  • Seusai penggalian selesai, selanjutnya dasar kolam diberi sekam secar merata.
  • Terpal siap dipasang serta diisi air.
  • Diatas terpal diberi batako / bata merah lagi agar bisa aman serta rapi. Hal ini dimaksudkan pula agar bisa terpal tak gampang berganti posisi, lebih-lebih tatkala angin berhembus lumayan kencang.
Persiapan Kolam
  • Pengeringan kolam.
  • Perbaikan pematang, saluran pemasukkan serta pengeluaran.
  • Pengapuran yang dengannya ukuran 25-1000 gram/m2.
  • Pemupukan yang dengannya pupuk sangkar 500 gram/ M2, urea 15 gram/ m2 serta TSP gram/ m2.
  • Pengisian air kolam.
  • Bisa di lakukan penyemprotan yang dengannya pestisida.
  • Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencegah hewan/ ikan lain masuk, maka bisa dipasang saringan pada pintu masuk air.
  • Masukkan air hingga kedalaman 80 – 150 cm, lantas tutup pintu pemasukkan serta pengeluarannya, biarkan air tergenang.
  • Penebaran Ikan Nila di lakukan seusai 5 – 7 hari pengisian air kolam.
Menebar Benih Ikan NilaSetelah tahapan proses persiapan kolam terlaksana yang dengannya baik, maka pada hari yng kelima samapai hari ketujuh seusai masa pengisian air kolam di lakukan akan di lakukan penebaran benih ikan nila. Dalam hal ini yng butuh diperhatikan merupakan ukuran benih ikan yng disebarkan hendaknya berukuran antara 8-12 cm ataupun yang dengannya ukuran berat 30 gram/ekor yang dengannya pada tebar sekitar 5-10 ekor/m2. Pemeliharaan ikan nila di lakukan selama 6 bulan ataupun sampai-sampai ukuran berat ikan nila telah mencapai 400-600 gram/ekor.
Tips Pemberian Makan Ikan NilaProtein 20-30%Lemak 70% (maksimal.)Karbohidrat 63 – 73%Pakanyaberupa hijau-hijauan diantaranya merupakan : Kaliandra, Kalikina ataupun kecubung, Kipat, Kihujan
Tips Panen Ikan NilaMasa pemanenan ikan nila telah bisa di lakukan seusai masa pemeliharaan 4 – 6 bulan. Ikan nila pada usia 4-6 bulan pemeliharaan akan mempunyai berat yng bevariasi, yakni antara 400-600 gram/ekor. Bila ukuran berat dari masing-masing ikan dirasa belum maksimal, maka pemanenan mampu pula di lakukan yang dengannya system bertahap, dimana cuma dipilih ukuran konsumsi (pasar). Pada tahap pertama yang dengannya mempergunakan jaring serta setiap bulan selanjutnya secara bertahap.
Demikianlah analisis ihwal ide usaha budidaya ikan nila merah yng mampu kita mulai dari pekarangan rumah kit dulu, mudah-mudahan tulisan atau artikel ini berguna bagi atau bisa juga dikatakan untuk kamu... lihat pula ihwal budidaya ikan mas


Sumber rujukan dan gambar : http://www.nangimam.com/2014/08/ide-budidaya-ikan-nila-merah-di-terpal.html.

Seputar Ide Budidaya Ikan Nila Merah di Terpal

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Ide Budidaya Ikan Nila Merah di Terpal